ุญูู ุฉ ุงูููู : ูจ ุณุจุชูู ุจุฑ ูขู ูกูง ู ู | Edisi Bid'ah Yang Menjadi Syari'ah :* Jum'at legi, 17 Dzul Hijjah 1438 H
*๐๐ ูุงู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู ุงูุนุธูู :*
ุจَุฏِูุนُ ุงูุณَّู َุงَูุงุชِ َูุงูุฃุฑْุถِ َูุฅِุฐَุง َูุถَู ุฃَู ْุฑًุง َูุฅَِّูู َุง َُُูููู َُูู ُْูู ََُُููููู .
{ุณูุฑุฉ ุงูุจูุฑุฉ : ู ู ูข/ ูกูกูง}.
Artinya :
Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.
{QS. Al Baqarah : 002/ 117}.
*I• ๐น๐ฟ BID'AH YANG MENJADI SYARI'AT*
*๐ฅ๐Pengertian Bid'ah Dalam Kitab Qawaidu Al Ahkam Fi Mashaalihi Al Anaam ":*
*๐๐ ูุงู ุงูุงู ุงู ุงูุดูุฎ ุฃุจู ู ุญู ุฏ ุนุฒ ุงูุฏูู ุนุจุฏ ุงูุนุฒูุฒ ุจู ุนุจุฏ ุงูุณูุงู ุจู ุฃุจู ุงููุงุณู ุจู ุงูุญุณู ุงูุณูู ู ุงูุฏู ุดูู، ุงูู ููุจ ุจุณูุทุงู ุงูุนูู ุงุก (ุงูู ุชููู: 660ูู)، ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ููุงุนุฏ ุงูุงุญูุงู ูู ู ุตุงูุญ ุงูุงูุงู ":*
ุงูุจุฏุนุฉ ูุนู ู ุง ูู ูุนูุฏ ูู ุนุตุฑ ุฑุณูู ุงููู - ๏ทบ
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููุงุนุฏ ุงูุงุญูุงู ูู ู ุตุงูุญ ุงูุงูุงู : ุฌ. ูข ุต. ูขู ูค / ูุตู ูู ุงูุจุฏุน / ูุณูุทุงู ุงูุนูู ุงุก ุงุจู ู ุญู ุฏ ุนุฒ ุงูุฏูู ุงูุณูู ู ุงูุฏู ุดูู}.
*๐๐ Berkata Sulthonul 'Ulama` Al Imam Abu Muhammad 'Izzuddin Ad Dimsyaqiy rahimahullaahu ta'ala dalam Kitabnya " Qawaa'idu Al Ahkaami Fi Mashalihi Al Anaami ":*
*"BID'AH ADALAH PERBUATAN YANG TIDAK DIJUMPAI PADA MASA RASULULLAH ๏ทบ".*
{Lihat Kitab " Qawaa'idu Al Ahkaami Fi Mashalihi Al Anaami ": juz. 2 hal. 204 / Fashl Fi Al Bida'i / Karya Imam Abu Muhammad 'Izzuddin Ad Dimsyaqiy}.
Pada pengertian yang lain, diperluas dengan pengertian 'tidak dijumpai pula pada zaman Sahabat Nabi ๏ทบ.
Sehingga bila dijumpai perkara atau kasus yang dianggap baru yang belum pernah dijumpai hukumnya didalam Islam, ulama melakukan kajian secara mendalam terkait selaras atau tidaknya dengan kaidah-kaidah syari'at yang bertujuan untuk menetapkan status hukum perkara tersebut.
*๐๐ฟ ูุงู ุงูุงู ุงู ุงููุฑุทุจู ุงูู ุงููู ุงูุงูุฏููุณู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ุชูุณูุฑ ุงูุฌุงู ุน ูุงุญูุงู ุงููุฑุงูٓ " :*
ูู ุจุฏุนุฉ ุตุฏุฑุช ู ู ู ุฎููู ููุง ูุฎูู ุฃู ูููู ููุง ุฃุตู ูู ุงูุดุฑุน ุฃููุง، ูุฅู ูุงู ููุง ุฃุตู ูุงูุช ูุงูุนุฉ ุชุญุช ุนู ูู ู ุง ูุฏุจ ุงููู ุฅููู ูุฎุต ุฑุณููู ุนููู،
ููู ูู ุญูุฒ ุงูู ุฏุญ ูุฅู ูู ููู ู ุซุงูู ู ูุฌูุฏุง ูููุน ู ู ุงูุฌูุฏ ูุงูุณุฎุงุก ููุนู ุงูู ุนุฑูู، ููุฐุง ูุนูู ู ู ุงูุงูุนุงู ุงูู ุญู ูุฏุฉ، ูุฅู ูู ููู ุงููุงุนู ูุฏ ุณุจู ุฅููู
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุชูุณูุฑ ุงูุฌุงู ุน ูุงุญูุงู ุงููุฑุงูٓ : ุฌ. ูข ุต. ูค / ุชูุณูุฑ ุณูุฑุฉ ุงูุจูุฑุฉ : ู ู ูข/ ูกูกูง. ููุงู ุงู ุงููุฑุทุจู ุงูู ุงููู}
*๐ฆ๐นImam al-Qurthubi Al Malikiy Al Andalusiy mengatakan dalam kitab tafsirnya " Al Jaami' Li Ahkaami Al Qur'an ":*
*_“ Setiap bid’ah yang datang dari makhluk, maka tidak terlepas dari dua perkara yakni adakalanya memiliki asal dalam syari’at atau tidak ada asalnya._*
*_Jika memiliki asal dalam syari’at, maka masuk dalam keumuman apa yang Allah dan Rasul-Nya anjurkan,_*
*_perkara ini masuk pujian (baik), walaupun belum ada contoh sebelumnya semisal merk (macam/jenis) dari sifat kedermawanan, kemurahan dan pebuatan ma’ruf, maka ini semua ini jika dilakukan adalah termasuk perbuatan terpuji, meskipun belum ada contoh orang yang melakukannya…”_*
{Lihat Kitab Al Jaami' Li Ahkaami Al Qur'an (Tafisr al-Qurthubi) : 2/84. Tafsir Surah Al Baqaarah : 002/ 117. Karya Imam Al Qurthubiy Al Malikiy}
ูู ู ุง ูู ู ุณุชูุฏ ู ู ุงูุดุฑุน ูููุณ ุจุจุฏุนุฉ ููู ูู ูุนู ู ุจู ุงูุณูู
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุณู ุงูุชููู ูุงูุฏุฑู ูู ู ุณุงูุٔฉ ุงูุชุฑู. ููุดูุฎ ุงูุดุฑูู ุงูู ุญูู ุงูุญุงูุธ ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุงูุตุฏูู ุงูุบู ุงุฑู ุงูุญุณูู}.
*๐๐ฅ Berkata Al 'Alaamah Al Muhqqiq Al Hafidz Asy Syarief Abdullah bin Ash Shadiq Al Ghumariy Al Hasaniy dalam kitabnya " Husnu At Taffahum Wa Ad Darki Fi Mas'alati At Tarki " :*
*๐Imam Asy-Syafi’i rahimahullaahu ta'ala mengatakan :*
*_"Setiap perkara yang memiliki landasan dari syare’atnya, maka bukanlah bid’ah walaupun tidak dilakukan oleh ulama salaf “._*
{Dinukil dari kitab Husnu at-Tafahhum wa ad-Dark li mas-alah at-Tark, Syarief Syaikh Abdullah al-Ghumariy Al Hasaniy}
*๐๐ฅ ูุงู ุงูุนูุงู ุฉ ุงูู ุญูู ุงูุญุงูุธ ุงูุดุฑูู ุงูุดูุฎ ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุงูุตุฏูู ุงูุบู ุงุฑู ุงูุญุณูู ุงูุถุง ูู ูุชุงุจู [ุฅุชูุงู ุงูุตูุนุฉ ูู ุชุญููู ู ุนูู ุงูุจุฏุนุฉ]:*
(ูุงู ุงูุงู ุงู ุงูุดุงูุนู: "ูู ู ุง ูู ู ุณุชูุฏ ู ู ุงูุดุฑุน، ูููุณ ุจุจุฏุนุฉ ููู ูู ูุนู ู ุจู ุงูุณูู، ูุฃู ุชุฑููู ููุนู ู ุจู، ูุฏ ูููู ูุนุฐุฑ ูุงู ููู ูู ุงูููุช، ุฃู ِูู ุง ูู ุฃูุถู ู ูู، ุฃู ูุนูู ูู ูุจูุบ ุฌู ูุนูู ุนูู ุจู" ุงูู.). ุงูุชูู
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงุชูุงู ุงูุตูุนุฉ ูู ุชุญููู ู ุนูู ุงูุจุฏุนุฉ. ููุดูุฎ ุงูุดุฑูู ุนุจุฏ ุงููู ุงูุบู ุงุฑู ุงูุญุณูู}
*๐๐ฅ Berkata Al 'Alaamah Al Muhqqiq Al Hafidz Asy Syarief Abdullah bin Ash Shadiq Al Ghumariy Al Hasaniy dalam kitabnya ๐ฅ" Itqaan Ash Shin'ati Fi Tahqiiqi Ma'na Al Bid'ati ":*
*๐Imam Asy-Syafi’i rahimahullaahu ta'ala mengatakan :*
*_"Setiap perkara yang memiliki landasan dari syari’atnya, maka bukanlah bid’ah walaupun tidak dilakukan oleh ulama salaf “._*
*_Karena sesungguhnya peninggalan mereka untuk mengamalkannya sebab adanya udzur/halangan yang menimpa mereka pada suatu waktu, atau mereka meninggalkannya sebab adanya amalan yang amalan tersebut lebih utama daripadanya, atau diprediksikan sebab pengetahuannya tidak sampai merata kepada mereka semuanya."_*
{Lihat Kitab " Itqaan Ash Shin'ati Fi Tahqiiqi Ma'na Al Bid'ati ". Karya Syaikh Hafidz 'Abdullah bin Shadiq Al Ghumariy Al Hasaniy}.
*๐ฆ๐ูุงู ุงูุงู ุงู ุงุจู ุงูููู ุงูุฌูุฒูุฉ ุงูุญูุจูู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ุงูุฑูุญ " :*
ูุงููุงุฆู: ุฅَّู ุฃุญุฏุงً ู ู ุงูุณูู ูู ููุนู ุฐูู، ูุงุฆู ู ุง ูุง ุนูู ูู ุจู،ูุฅَّู ูุฐู ุดูุงุฏุฉ ุนูู ููู ู ุง ูู ูุนูู ู، ูู ุง ูุฏุฑูู ุฃู ุงูุณูู ูุงููุงููุนููู ุฐูู ููุงูุดูุฏูู ู ู ุญุถุฑูู ุนููู
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุฑูุญ : ุต. ูกูคูฃ. ููุงู ุงู ุงุจู ุงูููู ุงูุฌูุฒูุฉ ุงูุญูุจูู}.
*๐ฆ๐ Imam Ibnul Qayyim Al Jauziy Al Hanbaliy rahimahullahu ta'ala mengatakan dalam kitabnya " Ar Ruuh " :*
*_"Orang yang mengatakan bahwa sesungguhnya seorang dari salaf pun tidak ada yang melakukannya, maka dia adalah orang yang berucap tanpa dasar ilmu, karena hal itu adalah kesaksian atas penafian apa yang ia tidak ketahui, dan dia tidak mengetahui mungkin saja ada salaf yang melakukan hal itu akan tetapi tidak ada yang menyaksikan dari orang yang hadir “._*
{Lihat Kitab Ar-Ruh, Karya Imam Ibnul Qayyim Al Jauziy Al Hanbaliy : hal. 143}.
*๐๐ฅูุงู ุงูุดูุฎ ุงุจู ุงูุญุณู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงููุงุฏู ุงูุณูุฏู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ุญุงุดูุฉ ุณูู ุงุจู ู ุงุฌู ":*
َِููู ุฃُุฑِูุฏ ุจَِูุง ู َุง َْููุณَ َُูู ุฃَุตْู ِูู ุงูุฏِّูู َูุฃَู َّุง ุงْูุฃُู ُูุฑ ุงْูู َُูุงَِููุฉ ِูุฃُุตُِูู ุงูุฏِّูู َูุบَْูุฑ ุฏَุงุฎَِูุฉ َِูููุง َูุฅِْู ุฃُุญْุฏِุซَุชْ ุจَุนْุฏู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ُْููุช َُูู ุงْูู َُูุงِูู َِِِْููููู َูุณَُّูุฉ ุงْูุฎََُููุงุก ََْูููุชَุฃَู َّْู .
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุฉ ุนูู ุงุจู ู ุงุฌู. ูุดูุฎ ุงุจู ุงูุญุณู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงููุงุฏู ุงูุณูุฏู}.
*๐๐ฅHal ini juga dikuatkan oleh Imam Abu Al Hasan Muhammad bin Abdil Hadi As Sindi, penulis Hasyiah ‘ala Ibni Majah, ketika mengomentari hadits Kullu bid’atin dhalalah sebagai berikut ini:*
*_“Dikatakan, yang dimaksud oleh hadits ini adalah apa-apa yang tidak memiliki dasar dalam agama, sedangkan perkara yang bersesuaian dengan dasar-dasar agama bukanlah termasuk di dalam maksud hadits tersebut, walau pun hal itu baru ada setelah masa Rasulullah ๏ทบ. Aku berkata: Hal itu sesuai dengan sunahnya dan sunah al Khulafa’, maka perhatikanlah.”_*
{Lihat Kitab Hasyiah ‘Ala Ibni Majah, No. 42. Karya Syaikh Abu Al Hasan Muhammad As Sindiy}
*๐ฆ๐ ูุงู ุงูุงู ุงู ุดูุงุจ ุงูุฏูู ู ุญู ูุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงููู ุงูุญุณููู ุงูุฃููุณู ุงูุญููู (ุงูู ุชููู: 1270ูู)، ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู :*
ููุงู ุตุงุญุจ ุฌุงู ุน ุงูุฃุตูู : ุงูุงุจุชุฏุงุน ู ู ุงูู ุฎููููู ุฅู ูุงู ูู ุฎูุงู ู ุง ุฃู ุฑ ุงููู ุชุนุงูู ุจู ูุฑุณููู ๏ทบ ููู ูู ุญูุฒ ุงูุฐู ูุงูุฅููุงุฑ ูุฅู ูุงู ูุงูุนุงً ุชุญุช ุนู ูู ู ุง ูุฏุจ ุงููู ุชุนุงูู ุฅููู ูุญุถ ุนููู ุฃู ุฑุณููู ๏ทบ ููู ูู ุญูุฒ ุงูู ุฏุญ ูุฅู ูู ููู ู ุซุงูู ู ูุฌูุฏุงً ูููุน ู ู ุงูุฌูุฏ ูุงูุณุฎุงุก ููุนู ุงูู ุนุฑูู ، ููุนุถุฏ ุฐูู ููู ุนู ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ุฑุถู ุงููู ุชุนุงูู ุนูู ูู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ : ูุนู ุช ุงูุจุฏุนุฉ ูุฐู .
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุฑูุญ ุงูู ุนุงูู : ุฌ. ูขู ุต. ูฃูคูฆ. ููุงู ุงู ุงูุงููุณู ุงูุญููู}.
*๐ฟ๐ Berkata Imam Al Aluusiy Al Hanafiy rahimahullaahu ta'ala dalam kitabnya " Ruuh Al Ma'ani ":*
*_Berkata penulis Jami’ Al Ushul (Imam Ibnu Atsiir)_:*
*_Perkara baru yang diada-adakan oleh manusia, jika berselisih dengan apa-apa yang Allah Ta’ala dan Rasulullah ๏ทบ perintahkan, maka itu tercela dan harus diingkari. Namun, jika masih bersesuaian dengan keumuman apa-apa yang Allah Ta’ala dan Rasulullah ๏ทบ anjurkan, maka itu termasuk terpuji, walau pun belum ada yang semisalnya, yang mendukung hal itu adalah ucapan Umar bin al Khathab Radhiallahu ‘Anhu tentang shalat tarawih: “Sebaik-baiknya bid’ah adalah ini”._*
{Lihat Kitab Ruhu Al Ma’ani : juz. 20, hal. 346 . Karya Imam Al Aluusiy Al Hanafiy}.
*๐๐ ูุงู ุงูุงู ุงู ู ุญู ุฏ ุจู ู ูุฑู ุจู ุนูู، ุฃุจู ุงููุถู، ุฌู ุงู ุงูุฏูู ุงุจู ู ูุธูุฑ ุงูุฃูุตุงุฑู ุงูุฑูููุนู ุงูุฅูุฑููู (ุงูู ุชููู: 711ูู)، ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ูุณุงู ุงูุนุฑุจ ". ูุฐูุฑ ูู ูุงู ุด ูุชุงุจ ุงูุงุจุงูุฉ ุงููุจุฑู ูุงู ุงู ุงุจู ุจุทุฉ :*
ูุงู ุงุจُْู ุงูุฃَุซูุฑ: ุงูุจِุฏْุนุฉُ ุจุฏْุนุชุงู: ุจุฏุนุฉُ ُูุฏู، ูุจุฏْุนุฉ ุถََูุงٍู، َูู َุง َูุงَู ِูู ุฎَِูุงِู ู َุง ุฃَู ุฑ ุงَُّููู ุจِِู َูุฑَุณُُُููู، ๏ทบ ََُููู ِูู ุญَِูุฒّ ุงูุฐّู ِّ ูุงูุฅِููุงุฑ، َูู َุง َูุงَู َูุงِูุนًุง ุชَุญْุชَ ุนُู ูู ู َุง ูุฏَุจ ุงُููู ุฅِููู ูุญَุถّ ุนََِْููู ุฃَู ุฑุณُููู ََُููู ِูู ุญِّูุฒ ุงْูู َุฏْุญِ، َูู َุง َูู ْ َُْููู َُูู ู ِุซุงู ู َْูุฌُูุฏٌ َْูููุน ู َِู ุงูุฌُูุฏ َูุงูุณَّุฎَุงุกِ ِููุนْู ุงْูู َุนْุฑُِูู ََُููู ู َِู ุงูุฃَูุนุงู ุงْูู َุญْู ُูุฏَุฉِ، ََููุง َูุฌُูุฒُ ุฃَู ََُูููู ุฐََِูู ِูู ุฎَِูุงِู ู َุง َูุฑَุฏَ ุงูุดَّุฑْุนُ ุจِِู.
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุณุงู ุงูุนุฑุจ / ุญุฑู ุงูุจุงุก / ุจุฏุน / ููุงู ุงู ุงุจู ู ูุธูุฑ ุงูุฑููุนู ุงูุงูุฑููู. ูุงูุธุฑ ูุงู ุด ูุชุงุจ ุงูุงุจุงูุฉ ุงูุงุญูุงู . ููุงู ุงู ุงุจู ุจุทุฉ}.
*๐ฟ๐นBerkata Imam Ibnu Mandzur Ar Rafii'iy Al Afriiqiy dalam Kitabnya " Lisaan Al 'Arab ". Dan disebutkan dalam catatan kaki kitab Al Ibanah Al Kubra karya Ibnu Baththah, disebutkan:*
*_Bid’ah ada dua: bid’ah petunjuk dan bid’ah sesat. Bid’ah sesat adalah apa-apa yang berselisih dengan yang Allah dan Rasulullah ๏ทบ perintahkan. Namun, jika masih bersesuaian dengan keumuman apa-apa yang Allah Ta’ala dan Rasulullah ๏ทบ anjurkan, maka itu termasuk terpuji, walau pun belum ada yang semisalnya dan tidak boleh dalam hal itu adanya pertentangan dengan syara’.”_*
{Lihat Kitab Lisan Al 'Arab / Harfu Al Baa'i / Bida'. Karya Ibnu Mandzur Ar Rafii'iy Al Afriiqiy. Dan Kitab Al Ibanah Al Kubra : juz. 1 hal. 13. Mawqi’ Jami’ Al Hadits}.
*๐๐DAPAT DISIMPULKAN :*
*" SEMUA HAL YANG BAIK YANG BARU SEMASA ATAU SESUDAH RASULULLAH ADALAH SYARI'AT"*
*II• ๐๐ DALIL MACAM MACAM BID'AH DAN PERMASALAHANNYA*
*๐Sebelum melangkah tentang pembahasan bentuk - bentuk bid'ah beserta contoh dan permasalahan - permasalahannya.*
Dapat ditarik kesimpulannya sudah jelas yaitu bahwa tidak semua bid’ah dihukumi haram, melainkan harus ditinjau terlebih dahulu status hukumnya. Semua itu karena ternyata ada bid’ah yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, diistilahkan dengan bid’ah hasanah (baik) dan ada juga bid’ah yang bertentangan dengan syariat Islam, di istilahkan dengan bid’ah yang buruk.
Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah ta'ala pernah mengatakan sebagaimana disebutkan olah al-Muhaddits al-Baihaqi dan yang lainnya :*
*๐๐ฆ ูุงู ุงูุงู ุงู ุงูุญุงูุธ ุงูุจูููู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ุงูุณูู ุงููุจุฑู " :*
ุฃَุฎْุจَุฑََูุง ุฃَุจُู ุณَุนِูุฏِ ุจُْู ุฃَุจِู ุนَู ْุฑٍู ، ุซูุง ุฃَุจُู ุงْูุนَุจَّุงุณِ ู ُุญَู َّุฏُ ุจُْู َูุนُْููุจَ , ุซูุง ุงูุฑَّุจِูุนُ ุจُْู ุณَُْููู َุงَู ، َูุงَู : َูุงَู ุงูุดَّุงِูุนُِّู ุฑَุถَِู ุงَُّููู ุนَُْูู :
*" ุงْูู ُุญْุฏَุซَุงุชُ ู َِู ุงูุฃُู ُูุฑِ ุถَุฑْุจَุงِู : ุฃَุญَุฏُُูู َุง : ู َุง ุฃُุญْุฏِุซَ ُูุฎَุงُِูู ِูุชَุงุจًุง , ุฃَْู ุณََูุฉً , ุฃَْู ุฃَุซَุฑًุง , ุฃَْู ุฅِุฌْู َุงุนًุง , ََููุฐِِู َูุจِุฏْุนَุฉُ ุงูุถَّูุงَูุฉِ . َูุงูุซَّุงِููุฉُ : ู َุง ุฃُุญْุฏِุซَ ู َِู ุงْูุฎَْูุฑِ ูุง ุฎِูุงَู ِِููู َِููุงุญِุฏٍ ู ِْู َูุฐَุง , ََููุฐِِู ู ُุญْุฏَุซَุฉٌ ุบَْูุฑُ ู َุฐْู ُูู َุฉٍ ,*
๐ََููุฏْ َูุงَู ุนُู َุฑُ ุฑَุถَِู ุงَُّููู ุนَُْูู ِูู َِููุงู ِ ุดَْูุฑِ ุฑَู َุถَุงَู :
*" ِูุนْู َุชِ ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ َูุฐِِู " .* َูุนِْูู ุฃَََّููุง ู ُุญْุฏَุซَุฉٌ َูู ْ ุชَُْูู , َูุฅِْู َูุงَูุชْ ََْูููุณَ َِูููุง ุฑَุฏٌّ ِูู َุง ู َุถَู .
{ุฃุฎุฑุฌู ุงูุจูููู ูู ุงูู ุฏุฎู ุฅูู ุงูุณูู ุงููุจุฑู ุต : ูขู ูฆ، ุฑูู ุงูุญุฏูุซ : ูกูฉู . ูุฃุจู ุดุงู ุฉ ูู ุงูุจุงุนุซ ุนูู ุฅููุงุฑ ุงูุจุฏุน ุต : ูขูฃ. ูุงูุฐูุจู ูู ุชุงุฑูุฎ ุงูุฅุณูุงู : ุฌ. ูกูค ุต. ูฃูฃูฉ. ููู ุณูุฑ ุฃุนูุงู ุงููุจูุงุก : ุฌ. ูกู ุต. ูงู ูุณูุฏู ุตุญูุญ }.
Telah Mengabarkan kepada kami : Abu Sa’id bin Abi Amru , yang berkata : Telah menceritakan kepada kami : Abul Abbas Muhammad bin Ya’qub, yang berkata : Telah menceritakan kepada kami : Rabi’ bin Sulaiman, yang berkata : Syafii telah berkata:
*“PERKARA-PERKARA BARU YANG DIADA-ADAKAN ITU ADA DUA (2),*
*_(PERTAMA)_: YAITU APA-APA SAJA YANG BERTENTANGAN/MENYALAHI DENGAN KITAB ALLAH ATAU SUNNAH ATAU ATSAR ATAU IJMA’, MAKA INI BID’AH DZALALAH.*
*DAN YANG* *_(KEDUA)_:* *YAITU APA-APA SAJA YANG DIDALAMNYA ADA KEBAIKAN TIDAK BERTENTANGAN/MENYALAHI DENGAN APA SAJA YANG TELAH SISEBUTKAN (KITAB ALLAH, SUNAH, ATSAR DAN IJMA’), MAKA INILAH BID’AH YANG TIDAK TERCELA."*
*"Dan sungguh Sayyidina ‘Umar radliyyAllahu ‘anhu berkata tentang shalat pada bulan Ramadhan (shalat Tarawih) :*
*_“SEBAIK-BAIKNYA BID’AH ADALAH INI”,_* *(yakni perkara muhdats yang tidak ada sebelumnya, walaupun keberadaannya tidaklah bertentangan dengan sebelumnya).*
{HR. Baihaqiy Dalam Al Madkhal Pada As Sunan Al Kubra : hal. 206. No. 190. Dan Abu Syaamah Dalam Al Baa'its 'Alaa Inkaari Al Bida'i : hal. 23. Dan Dzahabiy Dalam Taarikh Al Islam : juz. 14 hal. 339. Dan Abu Nu'aim Dalam Siyaru A'laamu Al Nubulaa' : juz. 10 hal. 70, dan *_SANADNYA SHAHIH_*}.
ุญَุฏَّุซََูุง ุฃَุจُْู ุจَْูุฑٍ ุงْูุขุฌُุฑِّู ุซََูุง ุนَุจْุฏُุงِููู ุจِْู ู ُุญَู َّุฏٍ ุงูุนุทุดู ุซََูุง ุฅِุจْุฑَุงِْููู ُ ุจُْู ุงْูุฌَُْููุฏِ ุซََูุง ุญَุฑْู ََูุฉُ ุจُْู َูุญَْูู َูุงَู ุณَู ِุนْุชُ ู ُุญَู َّุฏَ ุจَْู ุฅِุฏْุฑِْูุณَ ุงูุดَّุงِูุนَِّู َُُْูููู :
*" ุงَْูุจِุฏْุนَุฉُ ุจِุฏْุนَุชَุงِู ุจِุฏْุนَุฉٌ ู َุญْู ُْูุฏَุฉٌ َูุจِุฏْุนَุฉٌ ู َุฐْู ُْูู َุฉٌ َูู َุง َูุงََูู ุงูุณَُّّูุฉَ ََُููู ู َุญْู ُْูุฏٌ َูู َุง ุฎَุงََูู ุงูุณَُّّูุฉَ ََُููู ู َุฐْู ُْูู ٌ،* َูุงุญْุชَุฌَّ ุจَِِْููู ุนُู َุฑَ ุจِْู ุงْูุฎَุทَّุงุจِ ِْูู َِููุงู ِ ุฑَู َุถَุงَู : *"ِูุนْู َุชِ ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ َِูู"*.
{ุฑูุงู ุงุจู ูุนูู ูู ูุชุงุจู ุญููุฉ ุงูุงูููุงุก : ุฌ. ูฉ ุต. ูกูกูฃ. ุทุจุนุฉ : ูค، ุงูุณูุฉ : ูกูคู ูฅ ูู. ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนุฑุจู}.
Telah menceritakan kepada kami : Abu Bakar Al Ajurriy, yang berkata : Telah menceritakan kepada kami : Abdullah bin Muhammad Al ‘Athsyiy, yang berkata : Telah menceritakan kepada kami : Ibrahim bin Junaid, yang berkata : Telah menceritakan kepada kami : Harmalah bin Yahya, yang berkata : Aku mendengar Muhammad bin Idris Asy Syafi’i berkata:
*"BID'AH ITU ADA DUA : BID'AH MAHMUDAH [terpuji] DAN BID'AH MADZMU'AH [tercela].*
*Apa saja yang Sesuai dengan Sunnah maka ia Terpuji dan apa saja yang Tidak Sesuai/Bertentangan dengan Sunnah maka ia Tercela.*
*Dan ia (Imam Asy-Syafi’i) Berhujjah dengan perkataan Umar bin Khattab tentang Shalat malam di bulan Ramadhan :*
*_"INILAH SEBAIK-BAIKNYA BID'AH"_*
{HR. Abu Nu'aim Al Ashbahaniy Dalam Kitabnya Hilyatu Al Auliyaa' : juz. IX hal. 113, Cet. ke IV th. 1405 H, Daar al Kitaab al ‘Araby}.
*๐๐ฅูุงู ุงูุงู ุงู ุดูุฎ ุงูุงุณูุงู ุงุจู ุชูู ูุฉ ุงูุญูุจูู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ู ุฌู ูุน ุงููุชุงูู " :*
َูู َุง ุฎَุงََูู ุงُّููุตُْูุตَ ََُููู ุจِุฏْุนَุฉٌ ุจِุงุชَِّูุงِู ุงْูู ُุณِْูู َِูู َูู َุง َูู ْ ُูุนَْูู ْ ุฃََُّูู ุฎَุงَََูููุง ََููุฏْ َูุง ُูุณَู َّู ุจِุฏْุนَุฉً
َูุงَู ุงูุดَّุงِูุนُِّู - ุฑَุญِู َُู ุงُููู - : ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ ุจِุฏْุนَุชَุงِู : ุจِุฏْุนَุฉٌ ุฎَุงََููุชْ ِูุชَุงุจًุง َูุณَُّูุฉً َูุฅِุฌْู َุงุนًุง َูุฃَุซَุฑًุง ุนَْู ุจَุนْุถِ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุฑَุณُِูู ุงِّٰููู ๏ทบ ََููุฐِِู ุจِุฏْุนَุฉُ ุถََูุงَูุฉٍ . َูุจِุฏْุนَุฉٌ َูู ْ ุชُุฎَุงِْูู ุดَْูุฆًุง ู ِْู ุฐََِูู ََููุฐِِู َูุฏْ ุชَُُْููู ุญَุณََูุฉً َِِْูููู ุนُู َุฑَ : ِูุนْู َุชِ ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ َูุฐِِู َูุฐَุง ุงََْูููุงู ُ ุฃَْู َูุญُُْูู ุฑََูุงُู ุงูุจََُِّْูููู ุจِุฅِุณَْูุงุฏِِู ุงูุตَّุญِْูุญِ
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ุฌู ูุน ุงููุชุงูู : ุฌ. ูขู ุต. ูกูฆูฃ. ู ูุชุจุฉ ุงูุดุงู ูุฉ}
*๐๐ฟAtsar diatas juga dikutip oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Al Hanbaliy (wafat tahun 728) dalam kitab Majmu’ Fatawanya. Teks selengkapnya sebagai berikut:*
*_“Apa saja yang menyelisihi dalil, maka itu adalah bid’ah berdasarkan kesepakatan para ulama kaum muslimin. Dan apa yang tidak diketahui menyelisihi dalil, maka tidak disebut bid’ah._*
*_Imam Syafi’i rahimahullah berkata: “Bid’ah itu ada dua macam, yaitu bid’ah yang menyelisihi Al Qur’an, As Sunnah, ijma’ dan atsar dari sebagian sahabat Rasulullah ๏ทบ, bid’ah seperti ini termasuk bid’ah dholalah (sesat)._*
*_Sedangkan jika tidak menyelisihi dalil-dalil tadi, maka ia termasuk bid’ah hasanah.”_*
*_Karena ‘Umar berkata : “SEBAIK-BAIK BID’AH ADALAH INI.”_*
*_PERKATAAN SEMACAM INI DAN SEMISALNYA DIKELUARKAN OLEH AL BAIHAQI DENGAN SANAD YANG SHAHIH”._*
{Kitab Majmu’ Fatawanya : juz. XX hal. 163. Maktabah Syamilah}.
*๐๐ฅูุงู ุงูุงู ุงู ุงููููู ุงูุดุงูุนู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ุงูู ููุงุฌ ุดุฑุญ ู ุณูู " :*
*(َُُْูููู ๏ทบ ู َْู ุณََّู ِูู ุงْูุฅِุณَْูุงู ِ ุณَُّูุฉً ุญَุณََูุฉً ََُููู ุฃَุฌْุฑَُูุง)*
َِْููู َูุฐَุง ุงْูุญَุฏِْูุซِ ุชَุฎْุตِْูุตُ َِِْูููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ :
" ُُّูู ู ُุญْุฏَุซَุฉٍ ุจِุฏْุนَุฉٌ َُُّููู ุจِุฏْุนَุฉٍ ุถََูุงَูุฉٌ " ، َูุฃََّู ุงْูู ُุฑَุงุฏَ ุจِِู ุงَْูู ُุญْุฏَุซَุงุชُ ุงْูุจَุงุทَِูุฉُ َูุงْูุจِุฏَุนُ ุงْูู َุฐْู ُْูู َุฉُ ، ََููุฏْ ุณَุจََู ุจََูุงُู َูุฐَุง ِْูู ِูุชَุงุจِ ุตََูุงุฉِ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ
َูุฐََูุฑَْูุง َُููุงَู ุฃََّู ุงْูุจِุฏَุนَ ุฎَู ْุณَุฉُ ุฃَْูุณَุงู ٍ : َูุงุฌِุจَุฉٌ َูู َْูุฏُْูุจَุฉٌ َูู ُุญَุฑَّู َุฉٌ َูู َْูุฑَُْููุฉٌ َูู ُุจَุงุญَุฉٌ."
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ููุงุฌ ุดุฑุญ ู ุณูู : ุฌ. ูฃ ุต. ูขูฆูก / ِูุชَุงุจ ุงูุฒََّูุงุฉِ / ุจَุงุจُ ุงْูุญَุซِّ ุนََูู ุงูุตَّุฏََูุฉِ ََْููู ุจِุดِِّู ุชَู ْุฑَุฉٍ ، ุฃَْู َِููู َุฉٍ ุทَِّูุจَุฉٍ / ุฑูู ุงูุญุฏูุซ : ูกูงูฆูฅ}.
*๐๐ฅImam Nawawi Asy Syafi'iy rahimahullaahu ta'ala (wafat tahun 676 H). Beliau berkata dalam kitabnya " Al Minhaaj Syarhu Shahih Muslim ":*
*(Sabda Nabi ๏ทบ : MAN SANNA FIL ISLAAMI SUNNATAN HASANATAN FALAHUU AJRUHAA “Barang siapa merintis dalam Islam kebiasan baik, maka tercatat baginya pahala kebiasaan tersebut”)*
*_Pada hadits ini terdapat takhsis (spesifikasi/pengkhususan) dari hadits Nabi ๏ทบ :_*
*_“Setiap yang baru adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat.”_*
*_Yang dimaksud oleh hadits ini adalah hal-hal baru yang batil dan bid’ah tercela. Telah berlalu penjelasan tentang ini pada pembahasan “Shalat Jum’at”. Kami menyebutkan di sana , bahwa bid’ah ada lima bagian: wajib, sunah, haram, makruh, dan mubah”._*
{Lihat Kitab Al Minhaaj Syarhu Muslim : juz. 3, hal. 261 / Kitab Az Zakaati / Baabu Al Hitstsu 'Alaa Ash Shadaqati, Wa Lau Bisyiqqi Tamratim, Au Kalimatin Thayyibatin / No. 1765}.
*๐๐ฅูุงู ุงูุงู ุงู ุงููููู ุงูุดุงูุนู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ุงูุถุง ูู ูุชุงุจู " ุงูู ููุงุฌ ุดุฑุญ ู ุณูู " :*
(َُُْูููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ : َُُّููู ุจِุฏْุนَุฉٍ ุถََูุงَูุฉٌ)
*َูุฐَุง ุนَุงٌู ู َุฎْุตُْูุตُ ، َูุงْูู ُุฑَุงุฏُ ุบَุงِูุจُ ุงْูุจِุฏَุนِ*
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ููุงุฌ ุดุฑุญ ู ุณูู : ุฌ. ูฃ ุต. ูขูฆูก / ِูุชَุงุจُ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ / ุจَุงุจُ ุชَุฎِِْููู ุงูุตََّูุงุฉِ َูุงْูุฎُุทْุจَุฉِ / ุฑูู ุงูุญุฏูุซ : ูกูคูฉูฃ}.
*๐๐ฅImam Nawawi Asy Syafi'iy rahimahullaahu ta'ala (wafat tahun 676 H). Ketika mengomentari hadits: “KULLU BID’ATIN DHALAALAH, beliau menjelaskan kembali dalam kitabnya yang sama " Al Minhaaj Syarhu Shahih Muslim ":*
*(Sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam : WA KULLU BID’ATIN DHALAALAH ”Setiap bid’ah adalah sesat”* ,
*_ini termasuk ‘am makhshus (lafazh umum yang dikhususkan). Yang dikehendaki ialah umumnya bid’ah."_*
{Kitab Al Minhaj Syarhu Muslim : juz. 3, hal. 247. Kitab Al Jum'ati / Baabu Takhfiifi Ash Shalati Wa Al Khuthbati / No. 1493}.
*๐๐ูุงู ุงูุงู ุงู ุงููููู ุงูุดุงูุนู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ุงูู ููุงุฌ ุดุฑุญ ู ุณูู ":*
ََูุงَู ุงْูุนَُูู َุงุกُ : ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ ุฎَู ْุณَุฉُ ุฃَْูุณَุงู ٍ : َูุงุฌِุจَุฉٌ ، َูู َْูุฏُูุจَุฉٌ َูู ُุญَุฑَّู َุฉٌ ، َูู َْูุฑَُููุฉٌ ، َูู ُุจَุงุญَุฉٌ .
َูู َِู ุงَْููุงุฌِุจَุฉِ : َูุธْู ُ ุฃَุฏَِّูุฉِ ุงْูู ُุชََِّููู َِูู ِููุฑَّุฏِّ ุนََูู ุงْูู ََูุงุญِุฏَุฉِ َูุงْูู ُุจْุชَุฏِุนَِูู َูุดِุจُْู ุฐََِูู .
َูู َِู ุงْูู َْูุฏُูุจَุฉِ : ุชَุตُِْููู ُูุชُุจِ ุงْูุนِْูู ِ ، َูุจَِูุงุกُ ุงْูู َุฏَุงุฑِุณِ َูุงูุฑُّุจُุทِ َูุบَْูุฑُ ุฐََِูู .
َูู َِู ุงْูู ُุจَุงุญِ : ุงูุชَّุจَุณُّุทُ ِูู ุฃََْููุงِู ุงْูุฃَุทْุนِู َุฉِ َูุบَْูุฑُ ุฐََِูู .
َูุงْูุญَุฑَุงู ُ َูุงْูู َْูุฑُُูู ุธَุงِูุฑَุงِู . ููุฏ ุฃูุถุญุช ุงูู ุณุฃูุฉ ุจุฃุฏูุชูุง ุงูู ุจุณูุทุฉ ูู ุชูุฐูุจ ุงูุฃุณู ุงุก ูุงููุบุงุช
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ููุงุฌ ุดุฑุญ ู ุณูู : ุฌ. ูฃ ุต. ูขูฆูก / ِูุชَุงุจُ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ / ุจَุงุจُ ุชَุฎِِْููู ุงูุตََّูุงุฉِ َูุงْูุฎُุทْุจَุฉِ / ุฑูู ุงูุญุฏูุซ : ูกูคูฉูฃ}.
*๐๐ฅImam Nawawi Asy Syafi'iy rahimahullaahu ta'ala (wafat tahun 676 H). Dalam kitabnya yang sama " Al Minhaaj Syarhu Shahih Muslim ":*
“Ulama berkata bahwa bid’ah terbagi menjadi 5 bagian (bagian hukum) yakni wajibah (bid’ah yang wajib), mandubah (bid’ah yang mandub), muharramah (bid’ah yang haram), makruhah (bid’ah yang makruh), dan mubahah (bid’ah yang mubah)”.
*_Diantara bid’ah yang wajib adalah penyusunan dalil oleh ulama mutakallimin (ahli kalam) untuk membantah orangorang atheis, ahli bid’ah dan semisalnya._*
*_Diantara bid’ah mandzubah (bid’ah yang sunnah) adalah mengarang kitab ilmu, membangun madrasah dan tempat ribath serta yang lainnya._*
*_Diantara bid’ah yang mubah adalah mengkreasi macam-macam makanan dan yang lainnya._*
*_Sedangkan bid’ah yang haram dan bid’ah yang makruh, keduanya telah jelas._*
Dan telah dijelaskan permasalahannya dengan dalil yang rinci didalam kitab Tahdzibul Asmaa wal Lughaat”
{Kitab Al Minhaj Syarhu Muslim : juz. 3, hal. 247. Kitab Al Jum'ati / Baabu Takhfiifi Ash Shalati Wa Al Khuthbati / No. 1493}.
*๐๐ฆ ูุงู ุงูุงู ุงู ุนุฒ ุงูุฏูู ุงุจู ุนุจุฏ ุงูุณูุงู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ููุงุนุฏ ุงูุงุญูุงู ูู ู ุตุงูุญ ุงูุงูุงู " :*
ََِููู ู َُْููุณِู َุฉٌ ุฅَูู : ุจِุฏْุนَุฉٌ َูุงุฌِุจَุฉٌ ، َูุจِุฏْุนَุฉٌ ู ُุญَุฑَّู َุฉٌ ، َูุจِุฏْุนَุฉٌ ู َْูุฏُูุจَุฉٌ ، َูุจِุฏْุนَุฉٌ ู َْูุฑَُููุฉٌ ، َูุจِุฏْุนَุฉٌ ู ُุจَุงุญَุฉٌ ، َูุงูุทَّุฑُِูู ِูู ู َุนْุฑَِูุฉِ ุฐََِูู ุฃَْู ุชُุนْุฑَุถَ ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ ุนََูู ََููุงุนِุฏِ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ : َูุฅِْู ุฏَุฎََูุชْ ِูู ََููุงุนِุฏِ ุงْูุฅِูุฌَุงุจِ ََِููู َูุงุฌِุจَุฉٌ ، َูุฅِْู ุฏَุฎََูุชْ ِูู ََููุงุนِุฏِ ุงูุชَّุญْุฑِูู ِ ََِููู ู ُุญَุฑَّู َุฉٌ ، َูุฅِْู ุฏَุฎََูุชْ ِูู ََููุงุนِุฏِ ุงْูู َْูุฏُูุจِ ََِููู ู َْูุฏُูุจَุฉٌ ، َูุฅِْู ุฏَุฎََูุชْ ِูู ََููุงุนِุฏِ ุงْูู َْูุฑُِูู ََِููู ู َْูุฑَُููุฉٌ ، َูุฅِْู ุฏَุฎََูุชْ ِูู ََููุงุนِุฏِ ุงْูู ُุจَุงุญِ ََِููู ู ُุจَุงุญَุฉٌ ،
َِْูููุจِุฏَุนِ ุงَْููุงุฌِุจَุฉِ ุฃَู ْุซَِูุฉٌ .
ุฃَุญَุฏَُูุง : ุงِูุงุดْุชِุบَุงُู ุจِุนِْูู ِ ุงَّููุญِْู ุงَّูุฐِู َُْูููู ُ ุจِِู ََููุงู ُ ุงَِّููู َََูููุงู ُ ุฑَุณُِِููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ، َูุฐََِูู َูุงุฌِุจٌ ِูุฃََّู ุญِْูุธَ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ َูุงุฌِุจٌ ََููุง َูุชَุฃَุชَّู ุญِْูุธَُูุง ุฅَّูุง ุจِู َุนْุฑَِูุฉِ ุฐََِูู ، َูู َุง َูุง َูุชِู ُّ ุงَْููุงุฌِุจُ ุฅَّูุง ุจِِู ََُููู َูุงุฌِุจٌ .
ุงْูู ِุซَุงُู ุงูุซَّุงِูู : ุญِْูุธُ ุบَุฑِูุจِ ุงِْููุชَุงุจِ َูุงูุณَُّّูุฉِ ู ِْู ุงُّููุบَุฉِ .
ุงْูู ِุซَุงُู ุงูุซَّุงِูุซُ : ุชَุฏُِْููู ุฃُุตُِูู ุงِِْْูููู .
ุงْูู ِุซَุงُู ุงูุฑَّุงุจِุนُ : ุงََْูููุงู ُ ِูู ุงْูุฌُุฑْุญِ َูุงูุชَّุนْุฏِِูู ِูุชَู ِْููุฒِ ุงูุตَّุญِูุญِ ู ِْู ุงูุณَِّููู ِ ، ََููุฏْ ุฏََّูุชْ ََููุงุนِุฏُ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ ุนََูู ุฃََّู ุญِْูุธَ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ َูุฑْุถُ َِููุงَูุฉٍ ِููู َุง ุฒَุงุฏَ ุนََูู ุงَْููุฏْุฑِ ุงْูู ُุชَุนََِّูู ، ََููุง َูุชَุฃَุชَّู ุญِْูุธُ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ ุฅَّูุง ุจِู َุง ุฐََูุฑَْูุงُู .
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููุงุนุฏ ุงูุงุญูุงู ูู ู ุตุงูุญ ุงูุงูุงู :
*๐๐ฆImam Izzudin bin Abdussalam, rahimahullaahu ta'ala dalam Kitabnya " Qawa’idu Al Ahkam fii Mashalihi Al Anam " berkata:*
Bid’ah terbagi atas: bid’ah wajib, bid’ah haram, bid’ah mandub (sunah), bid’ah makruh, dan bid’ah mubah. Untuk memahami ini, kita mengembalikannya sebagaimanan kaidah-kaidah syar’iyyah; jika bid’ah itu masuk prinsip kaidah kewajiban maka dia wajib, jika dia masuk prinsip kaidah pengharaman maka dia haram, jika dia masuk prinsip kaidah anjuran maka dia sunah, jika dia masuk prinsip kaidah kemakruhan maka dia makruh, jika dia masuk prinsip kaidah pembolehan maka dia mubah.
Contoh bid’ah wajib adalah pertama, menyibukkan dari dalam ilmu nahwu yang dengannya kita bisa memahami firman Allah dan perkataan Rasulullah, demikian itu wajib karena menjaga syariat adalah wajib, dan tidak bisa menjaga syariat kecuali dengan memahami hal itu (nahwu). Tidaklah sempurna kewajiban kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu menjadi wajib.
Kedua, menjaga perbendarahaan kata asing pada Al Quran adan As Sunnah. Ketiga, pembukuan disiplin ilmu ushul fiqih. Keempat, perkatan dalam ilmu jarh wa ta’dil, yang dengannya bisa membedakan mana hadits yang shahih dan cacat. Kaidah-kaidah syar’iyyah telah menunjukkan bahwa menjaga syariat adalah fardhu kifayah, sejauh bekal dan kemampuan masing-amsing secara khusus. Dan tidaklah mudah urusan penjagaan syariah kecuali dengan apa-apa yang telah kami sebutkan.
Sedangkan bid’ah yang haram contohnya adalah pemikiran qadariyah, jabriyah, murji’ah, dan mujassimah, semuanya adalah lawan dari bid’ah wajib.
Adapun bid’ah yang sunah, contohnya adalah menciptakan jalur penghubung, sekolah-sekolah, dan jembatan, termasuk juga semua kebaikan yang belum ada pada masa awal, seperti shalat tarawuih, perkataan hikmah para ahli tasawwuf, dan perkataan yang mampu mengikat beragam perhimpunan dan bisa menjelaskan berbagai permasalahan, jika dimaksudkan karena Allah Ta’ala semata.
Adapun bid’ah makruhah (dibenci), contohnya adalah menghias mesjid, menghias Al Qur’an, dan sedangkan melagukan Al Qur’an sehingga merubah lafazh, maka yang benar adalah itu bid’ah yang haram. Sedangkan bid’ah mubahah (boleh), contohnya adalah bersalaman setelah shalat subuh dan ashar, juga memperluas kesenangan dalam urusan makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal, pakaian kebesaran ulama, dan melebarkan lengan baju. Telah terjadi perselishan dalam hal ini, sebagian ulama ada yang memakruhkan, sebagian lain mengatukan bahwa itu adalah kebiasaan yang sudah dikerjakan pada masa Rasulullah dan setelahnya, perseleisihan ini seperti masalah pembacaan isti’adzah dan basmalah dalam shalat.
{Lihat Kitab Qawaidul Ahkam fi Mashalihil Anam : juz. 2 hal. 380-384. Karya Imam 'Izzuddin bin 'Abdis Salaam}.
*๐๐ฅูุงَู ุงูุงู ุงู ุงُّّููููู ุงูุดَุงِูุนู ูู ูุชุงุจِِู " ุชูุฐูุจِ ุงูุฃุณู ุงุกِ ูุงُّููุบุงุชِ " ู ุง ูุตُُّู:*
"ูุงู ุงูุฅู ุงู ُ ุงูุดَّูุฎُ ุงูู ุฌู َุนُ ุนูู ุฅู ุงู ุชِِู ูุฌูุงูุชู ูุชู ُِِّููู ูู ุฃููุงุนِ ุงูุนููู ِ ูุจุฑุงุนุชِِู ุฃุจู ู ุญู َّุฏٍ ุนุจุฏُ ุงูุนุฒูุฒِ ุจู ุนุจุฏ ุงูุณَّูุงู ุฑุญู َู ุงููู ูุฑุถَู ุนูู ูู ุกุงุฎุฑِ ูุชุงุจِ ุงูููุงุนِุฏِ:
ุงูุจุฏุนุฉُ ู ููุณู َุฉٌ ุฅูู: ูุงุฌุจุฉٍ ูู ุญุฑَّู ุฉٍ ูู ูุฏูุจุฉٍ ูู ูุฑููุฉٍ ูู ุจุงุญุฉٍ. ูุงَู: ูุงูุทَّุฑُูู ูู ุฐَูู ุฃู ุชُุนุฑَุถَ ุงูุจุฏุนَุฉُ ุนูู ููุงุนِุฏِ ุงูุดَّุฑูุนุฉِ ูุฅู ุฏَุฎََูุช ูู ููุงุนุฏِ ุงูุฅูุฌุงุจِ ููู ูุงุฌุจุฉٌ، ุฃู ูู ููุงุนุฏِ ุงูุชَّุญุฑูู ِ ูู ุญุฑَّู ุฉٌ، ุฃู ุงَّููุฏุจِ ูู ูุฏูุจุฉٌ، ุฃู ุงูู ูุฑِูู ูู ูุฑَููุฉٌ، ุฃู ุงูู ุจุงุญِ ูู ุจุงุญุฉٌ,
๐ฆََِْููููุงุฌِุจَุฉِ ุฃَู ْุซَِูุฉٌ ู َِْููุง ุงِูุงุดْุชِุบَุงُู ุจِุนِْูู ِ ุงَّููุญِْู ุงَّูุฐِู ُِْูููู ُ ََููุงู َ ุงَِّููู - ุชَุนَุงَูู - َََูููุงู َ ุฑَุณُِِููู -ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ- َูู َِْููุง ุญِْูุธُ ุบَุฑِูุจِ ุงِْููุชَุงุจِ َูุงูุณَُّّูุฉِ ู ِْู ุงُّููุบَุฉِ، َูู َِْููุง ุชَุฏْุฑِูุณُ ุฃُุตُِูู ุงِِْْูููู، َูู َِْููุง ุงََْูููุงู ُ ِูู ุงْูุฌَุฑْุญِ َูุงูุชَّุนْุฏِِูู َูุชَู ِْููุฒِ ุงูุตَّุญِูุญِ ู ِْู ุงูุณَِّููู ِ، َูู َِْููุง ุงูุฑَّุฏُّ ุนََูู ู َุฐَุงِูุจِ َูุญِْู ุงَْููุฏَุฑَِّูุฉِ َูุงْูุฌَุจْุฑَِّูุฉِ َูุงْูู ُุฑْุฌِุฆَุฉِ َูุงْูู ُุฌَุณِّู َุฉِ؛ ุฅุฐْ َูุง َูุชَุฃَุชَّู ุญِْูุธُ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ ุฅَّูุง ุจِู َุง ุฐََูุฑَْูุงُู، ََููุฏْ ุฏََّูุชْ ََููุงุนِุฏُ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ ุนََูู ุฃََّู ุญِْูุธَ ุงูุดَّุฑِูุนَุฉِ َูุฑْุถُ َِููุงَูุฉٍ ِููู َุง ุฒَุงุฏَ ุนََูู ุงْูู ُุชَุนَِِّูู،
๐َِْูููู ُุญَุฑَّู َุฉِ ุฃَู ْุซَِูุฉٌ ู َِْููุง ู َุฐَุงِูุจُ ุงَْููุฏَุฑَِّูุฉِ َูุงْูุฌَุจْุฑَِّูุฉِ َูุงْูู ُุฑْุฌِุฆَุฉِ َูุงْูู ُุฌَุณِّู َุฉِ،
๐َِْูููู َْูุฏُูุจَุฉِ ุฃَู ْุซَِูุฉٌ ู َِْููุง ุงูุชَّุฑَุงِููุญُ، َูุงََْูููุงู ُ ِูู ุฏََูุงุฆِِู ุงูุชَّุตَُِّูู، َِููู ุงْูุฌَุฏَِู. َูู َِْููุง ุฌَู ْุนُ ุงْูู َุญَุงِِูู ِูู ุงِูุงุณْุชِุฏَْูุงِู ุนََูู ุงْูู َุณَุงุฆِِู ุฅْู ُْููุตَุฏْ ุจِุฐََِูู َูุฌُْู ุงَِّููู،
๐นَูุงْูู َْูุฑَُููุฉُ ุฃَู ْุซَِูุฉٌ ู َِْููุง ุฒَุฎْุฑََูุฉُ ุงْูู َุณَุงุฌِุฏِ َูุชَุฒُِْููู ุงْูู َุตَุงุญِِู،
๐َِْูููู ُุจَุงุญَุฉِ ุฃَู ْุซَِูุฉٌ ู َِْููุง ุงْูู ُุตَุงَูุญَุฉُ ุนَِูุจَ ุงูุตُّุจْุญِ َูุงْูุนَุตْุฑِ َูู َِْููุง ุงูุชََّูุณُّุนُ ِูู ุงَّููุฐِูุฐِ ู ِْู ุงْูู َุฃَِْูู َูุงْูู َุดْุฑَุจِ َูุงْูู ََูุงุจِุณِ َูุงْูู َุณَุงِِูู َُููุจْุณِ ุงูุทََّูุงِูุณَุฉِ َูุชَْูุณِูุนِ ุงْูุฃَْูู َุงู ِ، ََููุฏْ َูุฎْุชَُِูู ِูู ุจَุนْุถِ ุฐََِูู ََููุฌْุนَُُูู ุจَุนْุถُ ุงْูุนَُูู َุงุกِ ู ِْู ุงْูุจِุฏَุนِ ุงْูู َْูุฑَُููุฉِ ََููุฌْุนَُُูู ุขุฎَุฑَُูู ู ِْู ุงูุณَُِّูู ุงْูู َْูุนَُููุฉِ ِูู ุนَْูุฏِ ุฑَุณُِูู ุงَِّููู -ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ- َูู َุง ุจَุนْุฏَُู َูุฐََِูู َูุงِูุงุณْุชِุนَุงุฐَุฉِ َูุงْูุจَุณْู ََูุฉِ ِูู ุงูุตََّูุงุฉِ. ุง ูู
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุชูุฐูุจ ุงูุงุณู ุงุก ูุงููุบุงุช. ููุงู ุงู ุงููููู ุงูุดุงูุนู}.
*๐๐ฆ Imam Nawawiy Asy Syafi'iy rahimahullaahu ta'ala berkata dalam kitabnya " Tahdziibu Al Asmaa'i Wa Al Lughaat " :*
“Syaikhul Imam Abu Muhammad ‘Abdul ‘Aziz bin Abdis Salam didalam akhir kitabnya al-Qawaid berkata : “bid’ah terbagi kepada hukum yang wajib, haram, mandub, makruh dan mubah. Ia berkata : metode yang demikian untuk memaparkan bid’ah berdasarkan kaidah-kaidah syari’ah, sehingga
1. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum wajib maka itu bid’ah wajibah,
2. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum haram maka itu bid’ah muharramah,
3. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum mandub maka itu bid’ah mandubah,
4. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum makruh maka itu bid’ah makruhah,
5. Apabila masuk pada qaidah (penetapan) hukum mubah maka itu bid’ah mubahah.
Diantara contohnya masing-masing adalah ;
1. Bid’ah Wajibah seperti : menyibukkan diri belajar ilmu-ilmu sehingga dengannya bisa paham firman-firman Allah Ta’ala dan sabda Rasulullah ๏ทบ, itu wajib karena menjaga menjaga syariah itu wajib, dan tidak mungkin menjaga kecuali dengan hal itu, dan sesuatu kewajiban yang tidak sempurna kecuali dengannya maka itu wajib, menjaga bahasa asing didalam al-Qur’an dan as-Sunnah, mencatat (membukukan) ilmu ushuluddin dan ushul fiqh, perkataan tentang jarh dan ta’dil, membedakan yang shahih dari buruk, dan sungguh kaidah syariah menunjukkan bahwa menjaga syariah adalah fardlu kifayah”.
2. Bid’ah Muharramah seperti : aliran (madzhab) al-Qadariyah, al-Jabariyah, al-Murji’ah, al-Mujassimah, dan membantah mereka termasuk kategori bid’ah yang wajib (bid’ah wajibah).
3. Bid’ah Mandzubah (Bid’ah yang Sunnah) seperti : membangun tempat-tempat rubath dan madrasah, dan setiap kebaikan yang tidak ada pada masa awal Islam, diantaranya adalah (pelaknasaan) shalat tarawih, perkataan pada detik-detik tashawuf, dan lain sebagainya.
4. Bid’ah Makruhah seperti : berlebih-lebihan menghiasai masjid, menghiasi mushhaf dan lain sebagainya.
5. Bid’ah Mubahah seperti : bersalaman (berjabat tangan) selesai shalat shubuh dan ‘asar, jenis-jenis makanan dan minuman, pakaian dan kediaman. Dan sungguh telah berselisih pada sebagian yang demikian, sehingga sebagian ‘ulama ada yang memasukkan pada bagian dari bid’ah yang makruh, sedangkan sebagian ulama lainnya memasukkan perkara sunnah yang dilakukan pada masa Rasulullah ๏ทบ dan setelah beliau, dan itu seperti mengucapkan isti’adzah didalam shalat dan basmalah. Ini akhir perkataan beliau. “
{Lihat Kitab Tahdziibu Al Asmaa'i Wa Al Lughaati. Karya Imam Nawawiy Asy Syafi'iy}.
*๐๐ูุงู ุงูุงู ุงู ุงุจู ุญุฌุฑ ุงูุนุณููุงูู ุงูุดุงูุนู ุฑุญู ู ุงููู ุชุนุงูู ูู ูุชุงุจู " ูุชุญ ุงูุจุงุฑู ุดุฑุญ ุตุญูุญ ุงูุจุฎุงุฑู " :*
َُُّููู ู َุง َูู ْ َُْููู ِْูู ุฒَู َูู ُูุณَู َّู ุจِุฏْุนَุฉ ، ََِّููู ู َِْููุง ู َุง َُْูููู ุญَุณًَูุง َูู َِْููุง ู َุง َُْูููู ุจِุฎَِูุงِู ุฐََِูู
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุชุญ ุงูุจุงุฑู ุดุฑุญ ุตุญูุญ ุงูุจุฎุงุฑู : ุฌ. ูฃ ุซ. ูฃูกูจ. ููุงู ุงู ุงุจู ุญุฌุฑ ุงูุนุณููุงูู ุงูุดุงูุนู}.
*๐๐Al Hafidz Ibnu Hajar (wafat tahun 852 H) Amirul mukminin dalam hadits, al Hafidz Ibnu Hajar Al 'aaniy Asy Syafi'iy rahimahullaahu ta'ala menjelaskan dalam kitabnya " Fathul Bari, Syarhu Shahih Al Bukhari " :*
*_"Setiap perkara yang tidak ada di zaman Nabi dinamakan bid'ah, akan tetapi diantara bid'ah ada yang hasan (bid'ah yang bagus), diantaranya ada pula yang tidak demikian."_*
{Lihat Kitab Fathu Al Baari Syarhu Shahih Al Bukhariy : juz. 3 hal. 318. Karya Imam Ibnu Hajar Al 'Asqalaaniy Asy Syafi'iy}.
*๐๐นَูุฐُِูุฑَ ِْูู ุงِْููุชَุงุจِ : ุฅِุฑْุดَุงุฏُ ุงูุณَّุงุฑِْู ِْูู ุฌَู ْุนِ ู ُุตَََّููุงุชِ ุงูุดَّْูุฎِ َูุงุดِู ْ ุฃَุดْุนَุฑِْู :*
ุฑِุณَุงَูุฉُ ุฃَِْูู ุงูุณَُّّูุฉِ َูุงْูุฌَู َุงุนَุฉِ
(َูุตٌْู)
ِْูู ุจََูุงِู ุชَู َุณُِّู ุฃَِْูู ุฌَุงَูู ุจِู َุฐَْูุจِ ุฃَِْูู ุงูุณَُّّูุฉِ َูุงْูุฌَู َุงุนَุฉِ، َูุจََูุงِู ุงุจْุชِุฏَุงุกِ ุธُُْููุฑِ ุงْูุจِุฏَุนِ َูุงْูุชِุดَุงุฑَِูุง ِْูู ุฃَุฑْุถِ ุฌَุงَูู، َูุจََูุงِู ุฃََْููุงุนِ ุงْูู ُุจْุชَุฏِุนَِْูู ِْูู َูุฐَุง ุงูุฒَّู َุงِู
َูุฏْ َูุงَู ู ُุณِْูู ُูุง ุงْูุฃَْูุทَุงุฑِ ุงْูุฌَุงَِููุฉِ ِูู ุงْูุฃَุฒْู َุงِู ุงูุณَّุงَِููุฉِ ุงْูุฎَุงَِููุฉِ ู ُุชَِِّููู ุงْูุขุฑَุงุกِ َูุงْูู َุฐَْูุจِ َูู ُุชَّุญِุฏِู ุงْูู َุฃْุฎَุฐِ َูุงْูู َุดْุฑَุจِ، َُُُّููููู ْ ِูู ุงِِْْูููู ุนََูู ุงْูู َุฐَْูุจِ ุงَِّْููููุณِ ู َุฐَْูุจِ ุงْูุฅِู َุงู ِ ู ُุญَู َّุฏِ ุจِْู ุฅِุฏْุฑِْูุณَ، َِْููู ุฃُุตُِْูู ุงูุฏِِّْูู ุนََูู ู َุฐَْูุจِ ุงْูุฅِู َุงู ِ ุฃَุจِู ุงْูุญَุณَِู ุงْูุฃَุดَุนَุฑِِّู، َِููู ุงูุชَّุตَُِّูู ุนََูู ู َุฐَْูุจِ ุงْูุฅِู َุงู ِ ุงْูุบَุฒَุงِِّูู َูุงْูุฅِู َุงู ِ ุฃَุจِู ุงْูุญَุณَِู ุงูุดَّุงุฐِِِّูู ุฑَุถَِู ุงُููู ุนَُْููู ْ ุฃَุฌْู َุนَِْูู
ุซُู َّ ุฅَُِّูู ุญَุฏَุซَ ِْูู ุนَุงู ِ ุงٍَْูู َูุซََูุงุซِู ِุงุฆَุฉٍ َูุซََูุงุซَِْูู ุฃَุญْุฒَุงุจٌ ู ُุชََِّููุนَุฉٌ َูุขุฑَุงุกٌ ู ُุชَุฏَุงِูุนَุฉٌ َูุฃََْููุงٌู ู ُุชَุถَุงุฑِุจَุฉٌ، َูุฑِุฌَุงٌู ู ُุชَุฌَุงุฐِุจَุฉٌ، َูู ُِْููู ْ ุณَََُِّْููููู َูุงุฆِู َُْูู ุนََูู ู َุง ุนََِْููู ุฃَุณَْูุงُُููู ْ ู َِู ุงูุชَّู َุฐُْูุจِ ุจِุงْูู َุฐَْูุจِ ุงْูู ُุนََِّูู َูุงูุชَّู َุณُِّู ุจِุงُْููุชُุจِ ุงْูู ُุนْุชَุจَุฑَุฉِ ุงْูู ُุชَุฏَุงَِููุฉِ، َูู َุญَุจَّุฉِ ุฃَِْูู ุงْูุจَْูุชِ َูุงْูุฃََِْูููุงุกِ َูุงูุตَّุงِูุญَِْูู، َูุงูุชَّุจَุฑُِّู ุจِِูู ْ ุฃَุญَْูุงุกً َูุฃَู َْูุงุชًุง، َูุฒَِูุงุฑَุฉِ ุงُْููุจُْูุฑِ َูุชَِِْْูููู ุงْูู َِّูุชِ َูุงูุตَّุฏََูุฉِ ุนَُْูู َูุงุนْุชَِูุงุฏِ ุงูุดََّูุงุนَุฉِ ََْูููุนِ ุงูุฏُّุนَุงุกِ َูุงูุชََّูุณُِّู َูุบَْูุฑِ ุฐََِูู."
{ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุฅِุฑْุดَุงุฏُ ุงูุณَّุงุฑِْู ِْูู ุฌَู ْุนِ ู ُุตَََّููุงุชِ ุงูุดَّْูุฎِ َูุงุดِู ْ ุฃَุดْุนَุฑِู : ุต. ูฉ}.
*๐๐ฅDan disebutkan dalam kitab " Irsyaadu As Saari Fi Jam'i Mushanafaati Asy Syaikh Hasyim Asy'ariy " :*
Pasal untuk menjelaskan penduduk Jawa berpegang kepada madzhab Ahlusunnah wal Jama’ah, dan awal kemunculan bid’ah dan meluasnya di Jawa, serta macam-macam ahli bid’ah di zaman ini.
Umat Islam yang mendiami wilayah Jawa sejak zaman dahulu telah bersepakat dan menyatu dalam pandangan keagamaannya. Di bidang fikih, mereka berpegang kepada mazhab Imam Syafi’i, di bidang ushuluddin berpegang kepada mazhab Abu Al-Hasan Al-Asy’ari, dan di bidang tasawuf berpegang kepada mazhab Abu Hamid Al-Ghazali dan Abu Al-Hasan Al-Syadzili, semoga Allah meridhoi mereka semua. Kemudian pada tahun 1330 H muncul kelompok, pandangan, ucapan dan tokoh-tokoh yang saling berseberangan dan beraneka ragam. Di antara mereka adalah kaum salaf yang memegang teguh tradisi para tokoh pendahulu mereka dengan bermazhab dengan satu mazhab dan kitab-kitab mu’tabar, kecintaan terhadap Ahlul Bait Nabi, para wali dan orang-orang salih, selain itu juga tabarruk dengan mereka baik ketika masih hidup atau setelah wafat, ziarah kubur, mentalqin mayit, bersedekah untuk mayit, meyakini syafaat, manfaat doa dan tawassul serta lain sebagainya.
{Lihat Kitab Irsyaadu As Saari Fi Jam'i Mushanafaati Asy Syaikh Hasyim Asy'ariy : hal. 9}.
ุฌู ุนูุง ูุฑุชุจูุง ุทุงูุจ ุงูุนูู ู ุญู ุฏ ุนุจุฏ ุงูุญููู ุงูุฌุงูู. ุฑุจََّูุง ุชََูุจَّْู ู َِّูุง ูุงْูุจََْููุง ุจِุณِุฑِّ ุงَْููุงุชِุญَุฉِْ :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar