Bismillahirrohmaanirrohiim

Selasa, 06 Februari 2024

TIDAK PUNYA BIAYA MAKRUH MENIKAH MATI DAN HIDUPNYA ILMU PADA SELANGKANGAN WANITA DIANTARA PRO DAN KONTRA

 •⊰❂͜͡✯❁ ٢٦ رجب ١٤٤٥ هـ ❁✯͜͡❂⊱•
 
─═हই• ⃟  ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓
•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱•    TIDAK PUNYA BIAYA MAKRUH MENIKAH MATI DAN HIDUPNYA ILMU PADA SELANGKANGAN WANITA DIANTARA PRO DAN KONTRA
┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟  ⃟ •ইह═─

A]• MASYHUR DIKALANGAN LISAN MANUSIA

قيل للنووي رحمه الله لماذا لا تتزوج؟

فأجاب : يموت العلم بين فخذي النساء.

╾─⃟ꦽ⃟𖧷۪۪‌ᰰ᪇ 💫Dikatakan kepada IMAM NAWAWI
Ketika di tanya kenapa engkau tdk menikah?

*꧁࿐💫Beliau menjawab : Ilmu akan mati (berhenti) sebab sesuatu di antara dua pahanya wanita.

و عندما سئل السيوطي لما أنت تتزوج؟

فأجاب : عندي، يعيش العلم بين فخذي النساء.

╾─⃟ꦽ⃟𖧷۪۪‌ᰰ᪇ 💫Ketika IMAM SUYUTHI
Ketika di tanya kenapa engkau menikah

*꧁࿐💫Beliau menjawab : Ilmu akan hidup (bertahan) sebab sesuatu di antara dua pahanya wanita (keturunan).

B]• PERINCIAN HUKUM MENIKAH YANG TETKAIT DENGAN ILMU DAN IBADAH

*꧁࿐💫Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy rahimahullahu ta'ala memerinci hukum tidak menikah :

قال الإمام أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) في كتابه منهاج الطالبين وعمدة المفتين في الفقه / كتاب النكاح (ص ٢٠٤):

هو مستحب لمحتاج اليه يجد اهبته فان فقدها استحب تركه و يكسر شهوته بالصوم فان لم يحتج كره ان فقد الاهبة و الا فلا لكن العبادة افضل قلت فان لم يتعبد فالنكاح افضل له في الاصح

•ইह═─Imam Abu Zakaria Muhyiddin Yahya bin Syaraf Al-Nawawiy Al-Syafi'iy (wafat 676 H) mengatakan dalam kitabnya Minhaj Al-Thalibin Wa  Umdatu Al-Muftin Fi Al-Fiqhi / Kitab Al-Nikah (Hlm. 204 ):

Nikah hukumnya: 1. SUNNAH bagi orang yg membutuhkan dan punya biaya. 2. Jika tidak punya biaya, SUNNAH HUKUMNYA MENINGGALKANNYA dan lemahkanlah syahwatnya dengan berpuasa. 3. Jika tidak butuh menikah, maka menikah  HUKUMNYA MAKRUH KALAU TIDAK PUNYA BIAYA. 4. Jika punya biaya TIDAKLAH MAKRUH, TETAPI MELAKUKAN IBADAH LEBIH UTAMA. Aku (Imam Nawawi) berkata : 5. " jika memang seseorang tidak menggunakan waktunya untuk beribadah, MAKA NIKAH LEBIH UTAMA".


وقال الإمام أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) في كتابه المجموع شرح المهذب / مقدمة الإمام النووي /  باب آداب المتعلم (ج ١ ص ٦٥):

•ইह═─Imam Abu Zakariyya Muhyiddin Yahya bin Syaraf Al-Nawawiy Al-Syafi'iy (w. 676 H) mengatakan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarhu Al-Muhadzdzab / Pengantar Imam Al-Nawawiy / Bab Etiket Seorang Pelajar (vol. 1, hal.65):

وَقَالَ إبْرَاهِيمُ الْآجُرِّيُّ : مَنْ طَلَبَ الْعِلْمَ بِالْفَاقَةِ وَرِثَ الْفَهْمَ .

Ibrahim al-Ajuri berkata:

“Siapa yang mencari ilmu dengan kesengsaraan, ia akan mewarisi pemahaman.”

وَقَالَ الْخَطِيبُ الْبَغْدَادِيُّ فِي كِتَابِهِ ( الْجَامِعُ لِآدَابِ الرَّاوِي وَالسَّامِعِ ) :

يُسْتَحَبُّ لِلطَّالِبِ أَنْ يَكُونَ عَزَبًا مَا أَمْكَنَهُ ، لِئَلَّا يَقْطَعَهُ الِاشْتِغَالُ بِحُقُوقِ الزَّوْجَةِ ، وَالِاهْتِمَامِ بِالْمَعِيشَةِ ، عَنْ إكْمَالِ طَلَبِ الْعِلْمِ ، وَاحْتَجَّ بِحَدِيثِ : " خَيْرُكُمْ بَعْدَ الْمِائَتَيْنِ حَفِيفُ الْحَاذِ ، وَهُوَ الَّذِي لَا أَهْلَ لَهُ وَلَا وَلَدَ " .

“Bagi santri, sebisa mungkin, dianjurkan untuk melajang. Tujuannya apa? Supaya ia bisa fokus untuk mengkaji ilmu. Supaya ia tidak disibukkan dengan urusan dunia, mengurusi istri misalnya.”

Bahkan, pernyataan di atas tidak hanya sekedar omong kosong. Pernyataan Imam Khatib hasil cuplikan Imam an-Nawawi tersebut didukung oleh dalil yang mendasari. Misalnya hadis di bawah ini;

“Sebaik-baik di antara kalian setelah kurun dua hijriah adalah ia yang melajang.” (HR. Abu Ya’la di dalam kitab Musnad).

وَعَنْ إبْرَاهِيمَ بْنِ أَدْهَمَ - رَحِمَهُ اللَّهُ - :

" مَنْ تَعَوَّدَ أَفْخَاذَ النِّسَاءِ لَمْ يَفْلَحْ " يَعْنِي اشْتَغَلَ بِهِنَّ . وَهَذَا فِي غَالِبِ النَّاسِ لَا الْخَوَاصِّ .

Dari Ibrahim bin Adham - rahimahullahu -:

“Barang siapa yang terbiasa dengan paha wanita, maka ia tidak akan berhasil,” artinya ia sibuk dengan paha wanita itu. Hal ini berlaku bagi sebagian besar masyarakat, bukan kelompok elit.

وَعَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ : إذَا تَزَوَّجَ الْفَقِيهُ فَقَدْ رَكِبَ الْبَحْرَ ، فَإِنْ وُلِدَ لَهُ فَقَدْ كُسِرَ بِهِ .

Dari Sufyan Atd-Tsauriy :

"Jika seorang ahli fikih menikah, maka dia akan mengarungi lautan, tetapi jika dia melahirkan seorang anak, maka dia akan ditaklukkan dengannya. Selesai.
[Lihat Kitab Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab: Juz 1 Hal 65].


*꧁࿐💫Imam An-Nawawiy Asy Syafi'iy Beliau mempertegas, bahwa MELAJANG BAGI SANTRI SANGAT DIANJURKAN.

(قُلْتُ) هَذَا كُلُّهُ مُوَافِقٌ لِمَذْهَبِنَا فَإِنَّ مَذْهَبَنَا أَنَّ مَنْ لَمْ يَحْتَجْ إلَى النِّكَاحِ اُسْتُحِبَّ لَهُ تَرْكُهُ وَكَذَا إنْ احْتَاجَ وعجز عَنْ مُؤْنَتِهِ

“Aku berkata, semua penjelasan di atas (perihal anjuran melajang) sesuai dengan ketentuan madzhab Imam Syafi'iy. Jelas, bahwa orang yang tidak ingin nikah, dianjurkan melajang. Begitu juga, ketika ingin nikah, namun tidak mampu, juga dianjurkan melajang.”
[Lihat Kitab Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab: Juz 1 Hal 65].


C]• WASHIAT AL-IMAM ABU HANIFAH AN-NU’MAN KEPADA IMAM ABU YUSUF

قال الإمام زين الدين بن إبراهيم بن محمد، الشهير بابن نجيم الحنفي (ت ٩٧٠ هـ) في كتابه الأشباه والنظائر على مذاهب أبي حنيفة النعمان / الفن السابع: الحكايات والمراسلات / وصية الإمام الأعظم لأبي يوسف رحمه الله (ص ٣٦٩):

وَلَا تَتَزَوَّجْ إلَّا بَعْدَ أَنْ تَعْلَمَ أَنَّك تَقْدِرُ عَلَى الْقِيَامِ بِجَمِيعِ حَوَائِجِهَا وَاطْلُبْ الْعِلْمَ أَوَّلًا ثُمَّ اجْمَعْ الْمَالَ مِنْ الْحَلَالِ . ثُمَّ تَزَوَّجْ ; فَإِنَّك إنْ طَلَبْت الْمَالَ فِي وَقْتِ التَّعَلُّمِ عَجَزْت عَنْ طَلَبِ الْعِلْمِ وَدَعَاك الْمَالُ إلَى شِرَاءِ الْجَوَارِي وَالْغِلْمَانِ وَتَشْتَغِلُ بِالدُّنْيَا وَالنِّسَاءِ قَبْلَ تَحْصِيلِ الْعِلْمِ ; فَيَضِيعُ وَقْتُك وَيَجْتَمِعُ عَلَيْك الْوَلَدُ وَيَكْثُرُ عِيَالُك فَتَحْتَاجُ إلَى الْقِيَامِ بِمَصَالِحِهِمْ وَتَتْرُكُ الْعِلْمَ

Janganlah engkau (terburu2) menikah kecuali setelah engkau tau bahwasanya engkau sudah mampu untuk bertanggung jawab memenuhi seluruh kebutuhan - kebutuhan istrimu.

carilah ilmu terlebih dahulu, kemudian (setelah punya ilmu) kumpulkanlah harta benda dari jalan yang halal lalu menikahlah.

Jika engkau mencari harta benda di tengah2 waktumu mencari ilmu, maka engkau akan lemah di dalam mendapatkan ilmu, karena harta benda selalu mengajakmu untuk terus berniaga dengan orang-orang  sekitarmu, dan engkau akan tersibukkan dengan urusan dunia juga wanita sebelum engkau benar-benar  mendapatkan ilmu.

(jika itu yang terjadi) maka waktumu akan tersia-siakan, dan engkau akan mempunyai banyak anak, keluargamu akan menjadi semakin banyak juga. Oleh karena itu, maka engkau akan sangat berhajat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka dan engkau lalu meninggalkan ilmu. Selesai.
[Lihat Kitab Al Asybah Wa An Nadzo'ir 'Ala Madzahibi Abi Hanifah An Nu'man : Hal. 319. Karya Imam Ibnu Nujaim Al Hanafiy].


D]• TAMBAHAN TENTANG ILMU DAN WANITA

1). Dalam Kitab Kasyfu Al Khofa' Wa Muzilu Al Ilbas

قال الإمام إسماعيل بن محمد العجلوني الجراحي الشافعي (ت ١١٦٢هـ) في كتابه كشف الخفاء ومزيل الإلباس عما اشتهر من الأحاديث على ألسنة الناس / حرف المثناة الفوقية (ج ١ ص ٣١٠ و ٥٠٠):

« قال بعض العلماء: ضاع العلم بين أفخاذ النساء».

Sebagian ulama berkata: Hilangnya ilmu di antara paha wanita

«ِذُبِحَ الْعِلْم ُبَيْنَ أَفْخَاذِ النِّسَاء».

« ذبح العلم بين أفخاذ النساء، ليس بحديث»؛ و فيه ج 2/ 44:

"Ilmu disembelih di antara selangkangan wanita."
[Bukan Hadits Lihat Didalam  Kitab Kasyfu Al Khofa' Wa Muzilu Al Ilbas : Juz 2 Hal. 44]

وقال فيه : حرف الضاد المعجمة (ج ٢ ص ٣٤):

١٦٣٦ - ضاع العلم بين أفخاذ النساء.ليس بحديث.

بل روى بمعناه عن بشر الحافي فقال : لا يفلح من ألف أفخاذ النساء،

وعن إبراهيم بن أدهم قال : من ألف أفخاذ النساء لا يفلح.

1636- Sebagian ulama berkata: Hilangnya ilmu di antara paha wanita.

Sebaliknya diriwayatkan dengan makna yang senada dari Bisyr Al Hafiy, ia berkata :

“Barang siapa yang terbiasa dengan paha wanita, maka ia tidak akan berhasil,” (artinya ia sibuk dengan paha wanita itu. Hal ini berlaku bagi sebagian besar masyarakat, bukan kelompok elit).

Dan dari Ibrahim bin Adham, ia berkata:

Membiasakan dari seribu paha wanita,  tidak akan berhasil.
[Bukan Hadits Lihat Didalam  Kitab Kasyfu Al Khofa' Wa Muzilu Al Ilbas : Juz 2 Hal. 34]

2). Dalam Kitab Quti Al Qulub Syarhu Al Muhadzab Dan Ihya' Ulumiddin

وجاء في كتاب « قوت القلوب» (ج 2/ 239). وشرح المهذّب» (ج 1/ 59). و في« إحياء علوم الدين» ج 2/ 31:

قال إبراهيم ابن أدهم: «من تعوّد أفخاذ النساء لم يجئ منه شي‌ء».

Ibrahim Ibn Adham berkata:

“Barang siapa yang terbiasa dengan paha wanita, maka dia tidak akan mencapai apa-apa.”

3). Dalam Kitab Hilyatu Al Auliya'

و جاء في كتاب « حلية الأولياء» (ج 8/ 11):

عن إبراهيم بن أدهم: « من أحبّ اتّخاذ [ كذا] النساء لم يفلح»

Dari Ibrahim bin Adham:

“Barangsiapa suka berhubungan intim dengan wanita, dia tidak akan berhasil.”

و فيه أيضا (ج 7/ 12):

عن الثوري:« من أحبّ أفخاذ النساء لم يفلح».

Dari  Al-Tsauriy:

“Barang siapa yang mencintai paha wanita, maka ia tidak akan berhasil.”

و إبراهيم بن أدهم هو أبو إسحاق إبراهيم بن أدهم بن منصور التميمي. (انظر ترجمته و مصادر ترجمته في« الأعلام» ج 1/ 31).

4). Dalam Kitab Al Kafi

وجاء في كتاب « الكافي» (ج 5/ 328- 331) : كتاب النكاح، و غيره:

قال صاحب« الجواهر» قدّس سرّه:

« ... نعم ربما قيل بالتفصيل بين من كانت عبادته من الأعمال، فالتزويج أفضل منها؛ لإطلاق ما دلّ على ذلك، و بين من كانت عبادته تحصيل العلوم الدينيّة، فهي أفضل منه، لأنّ كمال الإنسان العلم الذي هو الغرض الأصلي من خلقته- و ساق الكلام في فضيلة العلم إلى أن قال قده:- إلى غير ذلك من الفضائل التي لا تحصى كثرة على وجه يقطع ذو الفطرة السليمة الواقف على تمام ما ورد في فضيلة العلم و العلماء أنّه أفضل السعادات و أشرف الكمالات، و أنّه ينبغي تقديمه على كلّ فضيلة، و إيثاره على كلّ طاعة، سواء في ذلك التزويج و غيره، و ما ورد في الأخبار من فضل النكاح ليس ممّا يداني فضيلة العلم و لا ممّا يقاربه؛ فلا يصلح المعارضة به، و لا الشك في أفضلية العلم بسببه، و إن لم يذكر ذلك صريحا فيما ورد به، كما هو واضح بأدنى تأمّل، فالواجب حينئذ تقديمه على ما يضادّه و يعارضه، و الاجتهاد في قطع ما يقدر عليه من العوائق الشاغلة و العلائق المانعة عن تحصيله، أو عن الاستكمال فيه، و لا ريب أنّ التزويج من أكبر الشواغل و أعظم الموانع، حتى اشتهر« أنّ العلم ذبح في فروج النساء». لكن قد يناقش هنا بأنّ النزاع هنا ... إلخ»
(انظر « جواهر الكلام» ج 29/ 31- 32).

Tersebut dalam kitab Al Kafi : Juz 5 Hal. 328 - 331 Kitab An Nikah dan selainnya :

Penulis “Al-Jawahir” berkata, “Semoga disucikan rahasianya”:

«...Ya, mungkin telah dikatakan secara rinci di antara mereka yang ibadahnya di antara amal, bahwa pernikahan lebih baik dari itu; Untuk mengungkapkan apa yang menunjukkan hal ini, dan diantara orang yang ibadahnya dapat memperoleh ilmu agama, itu lebih baik darinya, KARENA KESEMPURNAAN MANUSIA ADALAH ILMU, YANG MERUPAKAN TUJUAN AWAL PENCIPTAANNYA – ...dst.


DIKATAKAN :

طالب العلم كراكب البحر، إذا تزوج تخرق مركبه، وإذا جاء الولد غرق

Penuntut ilmu ibarat orang yang mendayung di laut, jika ia menikah, maka perahunya berlubang/bocor, dan jika anaknya lahir maka perahunya tenggelam


✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱•

Magelang :

 ٢٥ رجب ١٤٤٥ ه‍ـ  | 06/02/ 2024 m





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top