๐ด✍️• ๐๐๐ฃ๐๐ก๐ ๐ฃ๐๐ค๐ข๐๐๐จ๐จ๐๐
๐๐. ๐๐ซ๐ญ๐พ๐ต๐ต๐ช๐ฑ ๐๐ช๐ผ๐ช๐ท ๐๐ช๐ฝ๐ฒ๐ซ ๐๐ฆ๐๐ค - ๐๐ธ๐ฐ๐ณ๐ช๐ด๐ช๐ป๐ฝ๐ช.
(๐ฎ๐ญ๐ฒ๐ผ๐ฒ ๐ญ๐ฎ๐ผ๐ฎ๐ถ๐ซ๐ฎ๐ป ๐ช๐ฑ๐ช๐ญ ๐ต๐ฎ๐ฐ๐ฒ ๐ฝ๐ฐ๐ต 06/12/2020 ๐ถ | 26 ๐ป. ๐ฃ๐ผ๐ช๐ท๐ฒ๐ 1442 ๐. ๐ญ๐ฒ๐ฒ๐ณ๐ฝ๐ฒ๐ถ๐ช' ๐ช๐ต๐พ๐ถ๐ท๐ฒ ๐ถ๐ช๐ฐ๐ฎ๐ต๐ช๐ท๐ฐ ๐ฝ๐ฒ๐ถ๐พ๐ป)
Allah Ridlo Dengan 3 Perkara Dan Membenci 3 Perkara
ุญَุฏَّุซَِูู ู
َุงٌِูู ، ุนَْู ุณَُِْููู ุจِْู ุฃَุจِู ุตَุงِูุญٍ ، ุนَْู ุฃَุจِِูู ، ุนَْู ุฃَุจِู ُูุฑَْูุฑَุฉَ ، ุฃََّู ุฑَุณَُูู ุงَِّููู –๏ทบ๐– َูุงَู :
*_«ุฅَِّู ุงََّููู َูุฑْุถَู َُููู
ْ ุซََูุงุซًุง ، ََููุณْุฎَุทُ َُููู
ْ ุซََูุงุซًุง ، َูุฑْุถَู َُููู
ْ ุฃَْู ุชَุนْุจُุฏُُูู ، ََููุง ุชُุดْุฑُِููุง ุจِِู ุดَْูุฆًุง ، َูุฃَْู ุชَุนْุชَุตِู
ُูุง ุจِุญَุจِْู ุงَِّููู ุฌَู
ِูุนًุง ، َูุฃَْู ุชََูุงุตَุญُูุง ู
َْู ََّููุงُู ุงَُّููู ุฃَู
ْุฑَُูู
ْ ، ََููุณْุฎَุทُ َُููู
ْ َِููู : ََููุงَู ، َูุฅِุถَุงุนَุฉَ ุงْูู
َุงِู ، ََููุซْุฑَุฉَ ุงูุณُّุคَุงِู »_*
[ุฑูุงู ู
ุงูู ูู ุงูู
ูุทุฃ / ุจَุงุจُ ู
َุง ุฌَุงุกَ ِูู ุฅِุถَุงุนَุฉِ ุงْูู
َุงِู ، َูุฐِู ุงَْููุฌَِْْููู / ุญุฏูุซ ุฑูู
: ูกูจูขู ].
Telah menceritakan kepadaku Malik. Dari Suhail bin Abu Shalih. Dari Bapaknya. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah –๏ทบ๐– bersabda:
*_"Allah meridlai kalian karena tiga perkara dan membenci dari kalian tiga perkara. Meridhai kalian jika: kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun, kalian berpegang teguh terhadap tali agama Allah secara bersama-sama dan saling menasehati terhadap orang yang Allah beri perwalian urusan kalian. Membenci kalian jika; Banyak bicara, menyia-nyiakan harta dan banyak bertanya."_*
[HR. Malik / Kitabu Al Kalami / Babu Ma Ja'a Fi Idlo'ati Al Mali Wa Dzi Al Wajhaini / No. 1820].
ุญَุฏَّุซَِูู ุฒَُْููุฑُ ุจُْู ุญَุฑْุจٍ ุญَุฏَّุซََูุง ุฌَุฑِูุฑٌ ุนَْู ุณٍَُْููู ุนَْู ุฃَุจِِูู ุนَْู ุฃَุจِู ُูุฑَْูุฑَุฉَ َูุงَู : َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู –๏ทบ๐–:
*_« ุฅَِّู ุงََّููู َูุฑْุถَู َُููู
ْ ุซََูุงุซًุง ََْูููุฑَُู َُููู
ْ ุซََูุงุซًุง ََููุฑْุถَู َُููู
ْ ุฃَْู ุชَุนْุจُุฏُُูู ََููุง ุชُุดْุฑُِููุง ุจِِู ุดَْูุฆًุง َูุฃَْู ุชَุนْุชَุตِู
ُูุง ุจِุญَุจِْู ุงَِّููู ุฌَู
ِูุนًุง ََููุง ุชََูุฑَُّููุง ََْูููุฑَُู َُููู
ْ َِููู ََููุงَู ََููุซْุฑَุฉَ ุงูุณُّุคَุงِู َูุฅِุถَุงุนَุฉِ ุงْูู
َุงِู »_*
ู ุญَุฏَّุซََูุง ุดَْูุจَุงُู ุจُْู َูุฑُّูุฎَ ุฃَุฎْุจَุฑََูุง ุฃَุจُู ุนََูุงَูุฉَ ุนَْู ุณٍَُْููู ุจَِูุฐَุง ุงْูุฅِุณَْูุงุฏِ ู
ِุซَُْูู ุบَْูุฑَ ุฃََُّูู َูุงَู ََููุณْุฎَุทُ َُููู
ْ ุซََูุงุซًุง ََููู
ْ َูุฐُْูุฑْ ََููุง ุชََูุฑَُّููุง
[ุฑูุงู ู
ุงูู ูุฃุญู
ุฏ ู ุงูุจุฎุงุฑู ูููุธ ุงูุญุฏูุซ ูู
ุณูู
/ ِูุชَุงุจُ ุงْูุฃَْูุถَِูุฉِ / ุจَุงุจُ ุงَِّْูููู ุนَْู َูุซْุฑَุฉِ ุงْูู
َุณَุงุฆِِู ู
ِْู ุบَْูุฑِ ุญَุงุฌَุฉٍ ، َูุงَِّْูููู ุนَْู ู
َْูุนٍ ََููุงุชِ ََُููู ุงِูุงู
ْุชَِูุงุนُ ู
ِْู ุฃَุฏَุงุกِ ุญٍَّู َูุฒِู
َُู ุฃَْู ุทََูุจِ ู
َุง َูุง َูุณْุชَุญُُِّูู / ุญุฏูุซ ุฑูู
: ูฃูฃูฃูจ].
Telah menceritakan kepadaku : Zuhair bin Harb. Telah menceritakan kepada kami : Jarir. Dari Suhail. Dari ayahnya. Dari Abu Hurairah, beliau berkata, "Rasulullah –๏ทบ๐– bersabda:
*_"Sesungguhnya Allah menyukai bagimu tiga perkara dan membenci tiga perkara; Dia menyukai kalian supaya beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta."_*
Dan telah menceritakan kepada kami : Syaiban bin Farruh. Telah mengabarkan kepada kami : Abu 'Awanah. Dari Suhail dengan isnad seperti ini, namun dia berkata, 'Dan dia murka terhadap tiga perkara dari kalian', dan tidak menyebutkan, 'dan janganlah kalian berpecah belah'."
[HR. Ahmad No. 7984. Bukhariy Dan Teks Hadits Milik Imam Muslim / Kitabu Al Aqdliyyah / Babu An Nahyi 'An Katsrati Al Masa'ili Min Ghairi Hajatin Wa An Nahyi 'An Man'i Wahatin ... / No. 3338].
*✍️๐ด• Imam Baghawiy Asy Syafi'iy rahimahumallAhu ta'ala dalam Kitabnya " Ma'alimu At Tanzil Fi Tafsiri Al Qur'an = Tafsir Baghawiy " mengatakan :*
َُُْูููู ุนَุฒَّ َูุฌََّู: {َูุงุนْุชَุตِู
ُูุง ุจِุญَุจِْู ุงَِّููู ุฌَู
ِูุนًุง} ุงْูุญَุจُْู: ุงูุณَّุจَุจُ ุงَّูุฐِู [ُูุชََูุตَُّู] ุจِِู ุฅَِูู ุงْูุจُุบَْูุฉِ َูุณُู
َِّู ุงْูุฅِูู
َุงُู ุญَุจًْูุง ِูุฃََُّูู ุณَุจَุจٌ ُูุชََูุตَُّู ุจِِู ุฅَِูู ุฒََูุงِู ุงْูุฎَِْูู.
َูุงุฎْุชََُูููุง ِูู ู
َุนَْูุงُู َูุงَُููุง، َูุงَู ุงุจُْู ุนَุจَّุงุณٍ: ู
َุนَْูุงُู ุชَู
َุณَُّููุง ุจِุฏِِูู ุงَِّููู،
ََููุงَู ุงุจُْู ู
َุณْุนُูุฏٍ: َُูู ุงْูุฌَู
َุงุนَุฉُ، ََููุงَู: ุนََُْูููู
ْ ุจِุงْูุฌَู
َุงุนَุฉِ َูุฅََِّููุง ุญَุจُْู ุงَِّููู ุงَّูุฐِู ุฃَู
َุฑَ ุงَُّููู ุจِِู، َูุฅَِّู ู
َุง ุชَْูุฑََُููู ِูู ุงْูุฌَู
َุงุนَุฉِ َูุงูุทَّุงุนَุฉِ ุฎَْูุฑٌ ู
ِู
َّุง ุชُุญِุจَُّูู ِูู ุงُْููุฑَْูุฉِ.
ََููุงَู ู
ُุฌَุงِูุฏٌ َูุนَุทَุงุกٌ: ุจِุนَْูุฏِ ุงَِّููู،
ََููุงَู َูุชَุงุฏَุฉُ َูุงูุณُّุฏُِّّู: َُูู ุงُْููุฑْุขُู، َูุฑَُِูู ุนَِู ุงุจِْู ู
َุณْุนُูุฏٍ ุนَِู ุงَّููุจِِّู –๏ทบ๐– َูุงَู: "ุฅَِّู َูุฐَุง ุงُْููุฑْุขَู َُูู ุญَุจُْู ุงَِّููู ََُููู ุงُّูููุฑُ ุงْูู
ُุจُِูู، َูุงูุดَِّูุงุกُ ุงَّููุงِูุนُ، َูุนِุตْู
َุฉٌ ِูู
َْู ุชَู
َุณََّู ุจِِู ََููุฌَุงุฉٌ ِูู
َْู ุชَุจِุนَُู"
ََููุงَู ู
َُูุงุชُِู ุจُْู ุญََّูุงَู: ุจِุญَุจِْู ุงَِّููู: ุฃَْู ุจِุฃَู
ْุฑِ ุงَِّููู َูุทَุงุนَุชِِู، {ََููุง ุชََูุฑَُّููุง} َูู
َุง [ุงْูุชَุฑََูุชِ] ุงَُْููููุฏُ َูุงَّููุตَุงุฑَู،
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู
ุนุงูู
ุงูุชูุฒูู ูู ุชูุณูุฑ ุงููุฑุขู = ุชูุณูุฑ ุงูุจุบูู : ุฌ ูข ุต ูงูจ - ูงูฉ / ุขู ุนู
ุฑุงู : ูกู ูฃ / ููุฅู
ุงู
ุฃุจู ู
ุญู
ุฏ ุงูุญุณูู ุจู ู
ุณุนูุฏ ุงูุจุบูู ุงูุดุงูุนู (ุงูู
ุชููู: ูฅูกู ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุทูุจุฉ ูููุดุฑ ูุงูุชูุฒูุน ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฑุงุจุนุฉ، ูกูคูกูง ูู = ูกูฉูฉูง ู
ู].
Firman Allah Ta'ala : Al“(wa’tashimu bi habli al-lahi jami’an). Makna al-hablu (dalam ayat ini) adalah suatu sebab yang bisa mengantarkan pada tercapainya cita-cita. Iman dinisbatkan maknanya dengan tali karena iman merupakan sebab bagi tercapainya tujuan, yaitu hilangnya rasa takut/kekhawatiran.
Para ulama tafsir bersilang pendapat mengenai maknanya dalam hal ini.
Ibnu Abbas berkata: “berpegang teguhlah kalian kepada agama Allah”.
Ibnu Mas’ud berkata: “al-habl itu adalah jama’ah. Lebih jauh ia menjelaskan: (seolah ayat bermakna) Wajib atas kalian berjamaah. Karena sesungguhnya jamaah merupakan tali Allah yang dengannya Allah menyampaikan perintah. Sesungguhnya sesuatu yang kalian benci bersama jama’ah dan ketaatan adalah lebih baik dibanding dengan sesuatu yang kalian benci dalam kondisi perpecahan/tercerai berai”
Qatadah dan As Saddi berkata: dia (hablullah) adalah Alquran, dan diriwayatkan dari Ibn Masud bahwa Nabi –๏ทบ๐–, bersabda: "Alquran ini adalah tali Allah dan merupakan cahaya yang menerangi, adalah obat yang mujarab, dan adalah perisai bagi siapa saja mengikutinya"
Dan Muqatil Ibni Hayyan berkata: Dengan tali Allah : Yaitu dengan perintah Tuhan dan mentaatanNya, {Dan janganlah kalian berpecah belah} seperti berpecah belahnya orang Yahudi dan Nashraniy
[Lihat Kitab Ma'alimu At Tan'zil Fi Tafsiri Al Qur'an = Tafsir Al Baghawiy : juz 2 hal 78 - 79 / Ali Imran : 103 / Karya Imam Al Baghawiy Asy Syafi'iy / Dar Thayyibah , Cet. Keempat , Th. 1417 H = 1997 M]
*๐พ๐ด• Tersebut Didalam Kitab Tafsir al-Qurthubi, Karya Imam Qurthubiy Al Malikiy rahimahullAhu ta'ala, beliau menukil sebuah riwayat tafsir yang juga disandarkan periwayatannya pada Ibnu Mas’ud. Berikut penjelasannya :
ุนَْู ุนَุจْุฏِ ุงَِّููู ุจِْู ู
َุณْุนُูุฏٍ : " َูุงุนْุชَุตِู
ُูุง ุจِุญَุจِْู ุงَِّููู ุฌَู
ِูุนุงً َููุง ุชََูุฑَُّููุง" َูุงَู: ุงูุฌู
ุงุนุฉ، ุฑูู ุนูู ู [ุนู ุบَْูุฑِِู] ู
ِْู ُูุฌٍُูู، َูุงْูู
َุนَْูู ُُُّููู ู
ُุชََูุงุฑِุจٌ ู
ُุชَุฏَุงุฎٌِู، َูุฅَِّู ุงََّููู ุชَุนَุงَูู َูุฃْู
ُุฑُ ุจِุงْูุฃَُْููุฉِ َََْููููู ุนَِู ุงُْููุฑَْูุฉِ َูุฅَِّู ุงُْููุฑَْูุฉَ َََูููุฉٌ َูุงْูุฌَู
َุงุนَุฉَ َูุฌَุงุฉٌ.
َูุฑَุญِู
َ ุงَُّููู ุงุจَْู ุงْูู
ُุจَุงุฑَِู ุญَْูุซُ َูุงَู: ุฅَِّู ุงْูุฌَู
َุงุนَุฉَ ุญَุจُْู ุงَِّููู َูุงุนْุชَุตِู
ُูุง ... ู
ُِْูู ุจِุนُุฑَْูุชِِู ุงُْููุซَْูู ِูู
َْู ุฏَุงَูุง ...
ุนَِู ุงุจِْู ู
َุณْุนُูุฏٍ َูุบَْูุฑِِู. ََููุฌُูุฒُ ุฃَْู ََُูููู ู
َุนَْูุงُู ََููุง ุชََูุฑَُّููุง ู
ُุชَุงุจِุนَِูู ََِْููููู َูุงْูุฃَุบْุฑَุงุถِ ุงْูู
ُุฎْุชََِููุฉِ، َُُูููููุง ِูู ุฏِِูู ุงَِّููู ุฅِุฎَْูุงًูุง، ََُُููููู ุฐََِูู ู
َْูุนًุง َُููู
ْ ุนَِู ุงูุชََّูุงุทُุนِ َูุงูุชَّุฏَุงุจُุฑِ،
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุฌุงู
ุน ูุฃุญูุงู
ุงููุฑุขู = ุชูุณูุฑ ุงููุฑุทุจู : ุฌ ูค ุต ูกูฅูฉ / ุณูุฑุฉ ุขู ุนู
ุฑุงู {ุณูุฑุฉ ุขู ุนู
ุฑุงู (ูฃ) : ุขูุฉ : ูกู ูฃ} / ููุฅู
ุงู
ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ู
ุญู
ุฏ ุจู ุฃุญู
ุฏ ุจู ุฃุจู ุจูุฑ ุจู ูุฑุญ ุงูุฃูุตุงุฑู ุงูุฎุฒุฑุฌู ุดู
ุณ ุงูุฏูู ุงููุฑุทุจู ุงูู
ุงููู (ุงูู
ุชููู: ูฆูงูก ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูู
ุตุฑูุฉ - ุงููุงูุฑุฉ ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงููุฉ، ูกูฃูจูค ูู = ูกูฉูฆูค ู
ู].
“Dari Abdullah ibn Mas’ud, ayat wa’tashimu bi habli al-lahi jami’an wa la tafarraqu. Menurut Ibnu Mas’ud: ayat ini bermakna jamaah. Makna senada diriwayatkan oleh Taqi ibn Mukhallid dari banyak jalur lain selain Ibn Mas’ud. Namun dari sisi makna, seluruhnya menunjukkan makna yang saling mendekati dan saling mendukung satu sama lain. [Substansinya ayat seolah menunjukkan, bahwa] sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan agar bersikap lunak/toleran (ulfah) dan melarang sikap cerai-berai/ perpecahan. Karena sikap suka perpecahan adalah condong pada kerusakan, sementara sikap berjamaah (bersatu) adalah condong pada keselamatan.”
, “Semoga Allah merahmati Ibn Mubarak yang berpendapat bahwa sesungguhnya jamaah itu adalah talinya Allah. Maka dari itu, berpeganglah kalian darinya dengan ikatan yang kokoh khususnya bagi orang yang mendekat ...
“Dari ibnu Mas’ud dan lainnya: Boleh jika penggalan ayat ini (wa la tafarraqu) dimaknai janganlah kalian tercerai berai karena mengikuti hawa nafsu atau perbedaan dalam tujuan/ maksud. Jadilah kalian di dalam agamanya Allah sebagai layaknya saudara! Dengan demikian makna ayat dengan kata lain merupakan bentuk larangan dari melakukan saling memutus silaturahmi dan saling membelakangi.”
[Lihat Kitab Al Jami' Liahkami Al Qur'an = Tafsir Al Qurthubiy : juz 4 hal 158 / Surah Ali Imran {QS. Ali Imran : 003 Ayat : 103} / Karya Imam Al Qurthubiy Al Andalusiy Al Malikiy / Dar Al Kutub Al Mishriyyah - Kairo , Cet. Keempat , Th. 1384 H = 1964 M].
*๐✍️• Sedangkan Menurut Iman Muแธฅammad ibn Yรปsuf bin 'Alรฎ ibn Yรปsuf ibn Hayyรขn an-Nifzรฎ al-Barbarรฎ Athรฎr al-Dรฎn Abรป แธคayyรขn al-Jayyรขnรฎ al-Gharnรขแนญรฎ al-Andalรปsรฎ (w. 744 H) :*
Penafsiran dari kedua mufassir di atas, mendapatkan dukungan dari Ibnu Hayyan (w. 744 H). Lebih lanjut ia menyajikan ayat lain yang senapas (munasabah) dengan Surat Ali Imran [003] ayat 103, yaitu Surat al-Anfal [008] ayat 46. Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah berfirman:
َูุฃَุทِูุนُูุง ุงََّููู َูุฑَุณَُُููู َููุง ุชََูุงุฒَุนُูุง َูุชَْูุดَُููุง َูุชَุฐَْูุจَ ุฑِูุญُُูู
ْ َูุงุตْุจِุฑُูุง ุฅَِّู ุงََّููู ู
َุนَ ุงูุตَّุงุจِุฑَِูู
Artinya, “Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kalian saling berbantah-bantahan yang menyebabkan gentar dan hilangnya kekuatan. Bersabarlah! Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Anfal : 008/ 43).
Di dalam ayat ini Allah Subhanahu Wa Ta'ala seolah menjelaskan sebagaimana disampaikan oleh Ibnu Hayyan al-Andalusy (w. 744 H) dalam kitab tafsirnya Bahru al-Muhith, bahwa perpecahan merupakan sebab dari kehancuran yang memudahkan kaum kolonial mampu menguasai suatu negara. Perpecahan mampu membangkitkan rasa gentar untuk menghadapi musuh kolonialis. Dengan tegas Ibnu Hayyan (w. 744 H) menyampaikan:
ِูุฃََُّูู َูุชَุณَุจَّุจُ ุนَِู ุงูุชََّูุงุฒُุนِ ุงَْููุดَُู ََُููู ุงْูุฎََูุฑُ َูุงْูุฌُุจُْู ุนَْู َِููุงุกِ ุงْูุนَุฏُِّู َูุฐََูุงุจُ ุงูุฏََّْููุฉِ ุจِุงุณْุชَِููุงุกِ ุงْูุนَุฏُِّู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุจุญุฑ ุงูู
ุญูุท ูู ุงูุชูุณูุฑ : ุฌ ูฅ ุต ูฃูฃูข / ุณูุฑุฉ ุงูุฃููุงู {ุณูุฑุฉ ุงูุฃููุงู (ูจ) : ุงูุขูุงุช ูคูก ุฅูู ูฆูง} / ููุฅู
ุงู
ุฃุจู ุญูุงู ู
ุญู
ุฏ ุจู ููุณู ุจู ุนูู ุจู ููุณู ุจู ุญูุงู ุฃุซูุฑ ุงูุฏูู ุงูุฃูุฏูุณู (ุงูู
ุชููู: ูงูคูฅ ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช ุงูุทุจุนุฉ: ูกูคูขู ูู].
“Al-Fasylu timbul sebagai efek dari saling berbantah-bantahan. Istilah al-Fasylu menunjukkan arti sebagai rasa gentar dan lari dari menghadapi musuh yang menjadi sebab hilangnya suatu negara sebab dikuasai oleh kolonialis.”
[Lihat Kitab Al Bahru Al Muhith : juz 5 hal 332 / Surah Al Anfal {QS. Al Anfal: 008 ayat 41 - 67} / Karya Imam Muแธฅammad ibn Yรปsuf bin 'Alรฎ ibn Yรปsuf ibn Hayyรขn an-Nifzรฎ al-Barbarรฎ Athรฎr al-Dรฎn Abรป แธคayyรขn al-Jayyรขnรฎ al-Gharnรขแนญรฎ / Dar Al Fikri , Cet. Th. 1420 H].
*๐พ✍️• Dan Menurut Hadratusy Syaikh Muhammad Hasyim Asy’ari (w. 1947 M).
Di dalam pidatonya yang kemudian diabadikan dalam Muqaddimah Qanun Asasi Nahdlatul Ulama, Hadlratu al-Syaikh KH Hasyim Asy’ari menyampaikan sebuah fatwa yang sejalan dengan ketiga ulama tafsir di atas. Namun, pidato ini beliau sampaikan dengan konteks ke-Indonesiaan. Isi dari petikan pidato adalah sebagai berikut:
َูู
َِู ุงْูู
َุนُْْูููู
ِ ุงََّู ุงَّููุงุณَ ูุงَุจُุฏَّ َُููู
ْ ู
َِู ุงْูุงِุฌْุชِู
َุงุนِ َูุงْูู
ُุฎَุงَูุทَุฉِ ِูุฃََّู ุงَْููุฑْุฏَ ุงَْููุงุญِุฏَ ูุงَُูู
ُِْูู ุงَْู َูุณْุชََِّูู ุจِุฌَู
ِْูุนِ ุญَุงุฌَุงุชِِู، ََُูููู
ُุถْุธَุฑٌّุจِุญُْูู
ِ ุงูุถَّุฑُْูุฑَุฉ ุงَِูู ุงْูุงِุฌْุชِู
َุงุนِ ุงَّูุฐِْู َูุฌِْูุจُ ุงَِูู ุงُู
َّุชِِู ุงْูุฎَْูุฑَ ََููุฏَْูุนُ ุนََْููุง ุงูุดَّุฑَّ َูุงูุถَّْูุฑَ.َูุงْูุฅِุชِّุญَุงุฏُ َูุงุฑْุชِุจَุงุทُ ุงُُْْููููุจِ ุจِุจَุนْุถَِูุง َูุชَุถَุงُูุฑَُูุง ุนََูู ุงَู
ْุฑِ َูุงุญِุฏٍ َูุงุฌْุชِู
َุงุนَُูุงุนََูู َِููู
َุฉٍ َูุงุญِุฏَุฉٍ ู
ِْู ุฃََูู
ِّ ุงَุณْุจَุงุจِ ุงูุณَุนَุงุฏَุฉِ َูุงََْููู ุฏََูุงุนِู ุงْูู
َุญَุจَّุฉِ َูุงْูู
ََูุฏَّุฉِ. ََููู
ْ ِุจِู ุนُู
ِّุฑَุชِ ุงูุจِูุงَุฏُ َูุณَุงุฏَุชِ ุงْูุนِุจَุงุฏُ َูุงْูุชَุดَุฑَ ุงْูุนِู
ْุฑَุงُู َูุชََูุฏَّู
َุชِ ุงْูุงَْูุทَุงُู َูุงُุณِّุณَุชِ ุงْูู
َู
َุงُِูู ูุณَُِّููุชِ ุงูู
ุณَุงَُِูู ََููุซُุฑَ ุงูุชََّูุงุตُُู ุงَِูู ุบَْูุฑِ ุฐََِูู ู
ِْู ََููุงุฆِุฏِ ุงْูุงِุชِّุญَุงุฏِ ุงَّูุฐِْู َُููุงَุนْุธَู
ُ ุงَْููุถَุงุฆِِู َูุฃَู
ْุชَُู ุงْูุงَุณْุจَุงุจِ َูุงَْููุณَุงุฆِِู
“Telah menjadi sebuah keniscayaan bahwa manusia suka berkumpul (bersosial) dan berbaur dengan sesamanya, karena seorang individu tidak mungkin sanggup memenuhi kebutuhannya sendiri. Kebutuhan untuk bersosial ini sudah layaknya merupakan keharusan yang tak terpungkirii, namun merupakan modal bagi umat menuju pada kebaikan, menolak segala bentuk keburukan dan mara bahaya. Oleh karena itu, kebersamaan dan ikatan batin satu sama lain, saling membantu dalam menyelesaikan satu kepentingan bersama, dan bersama-sama maju dalam satu komando adalah sebuah hal penting bagi terwujudnya kebahagiaan, serta menjadi faktor pendorong yang kuat bagi terbentuknya rasa cinta dan kasih sayang kepada sesama. Berapa banyak negara-negara berhasil mencapai kemakmurannya, masyarakat kecil menjadi penguasa-penguasa, pembangunan terlaksana, negara-negara menjadi maju, pemerintahan ditegakkan, dan jalan menuju kemakmuran bersama menjadi mudah, serta banyak tujuan pembangunan bisa diraih, adalah buah yang lahir dari faedahnya persatuan. Persatuan merupakan modal terbesar bagi umat. Persatuan juga merupakan sebab dan sekaligus sarana yang paling ampuh untuk mencapai itu semua”
[Lihat Muqaddimah al-Qanun al-Asasi li Jam’iyyah Nahdlati al-Ulama : hal 22, Termaktub Dalam al-Tibyan - Jombang / Karya Syaikh Muhammad Hasyim Al Asy'ari Asy Syafi'iy (Pendiri Jam'iyyah Nahdlatul Ulama'), Cet. Maktabah al-Turats al-Islamy].
*๐๐ด• Walhasil, menurut Hadratusy Syaikh Muhammad Hasyim Asy’ari Asy Syafi'iy rahimahumallAhu ta'ala, PERSATUAN DAN KESATUAN MERUPAKAN SEBAB BAGI TERCAPAINYA MAKSUD. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, persatuan dan kesatuan menemukan urgensinya/keharusan yang sangat mendesaknya yaitu tercapainya banyak tujuan pembangunan dan pembangunan masyarakat. Lawan dari bersatu adalah bercerai berai. Sudah pasti dalam hal ini, ketercerai-beraian masyarakat merupakan sebab bagi terhambatnya pembangunan oleh negara bahkan sebagaimana disampaikan oleh Imam Ibnu Hayyan, keterbelahan masyarakat merupakan sebab hancurnya negara dan dengan mudahnya musuh masyarakat menguasai suatu negara.
ุฌู
ุนูุง ูุฑุชุจูุง "ุทุงูุจ ุงูุนูู
" ุนุจุฏ ุงูุญููู
ุงูุฌุงูู
Selesai Kamis Kliwon, MTsN 1 Magelang
ูขูค ุฑุจูุน ุงูุซุงูู ูกูคูคูข ูู
10 Desember 2020 M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar