Bismillahirrohmaanirrohiim

Sabtu, 10 Februari 2024

الْمَالِ فِيْ غَيْرِ مُرَادِ الْوَاهِبِ والمَانِحِ وَالْمُتَصَدِّقِ | MEMBELANJAKAN UANG UNTUK SELAIN YANG DIINGINKAN OLEH PEMBERI ATAU ORANG YANG BERSEDEKAH KEPADANYA

 •⊰❂͜͡✯❁ ٢٩ رجب ١٤٤٥ هـ ❁✯͜͡❂⊱•

 

─═हই• ⃟  ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓

•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱•    صَرْفُ الْمَالِ فِيْ غَيْرِ مُرَادِ الْوَاهِبِ والمَانِحِ وَالْمُتَصَدِّقِ | MEMBELANJAKAN UANG UNTUK SELAIN YANG DIINGINKAN OLEH PEMBERI ATAU ORANG YANG BERSEDEKAH KEPADANYA 

┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟  ⃟ •ইह═─





A. 3MENURUT MADZAB SYAFI'IYYAH


JIKA PEMBERI ATAU PENDERMA  MENENTUKAN SEDEKAH AGAR DIGUNAKAN UNTUK SUATU HAL Maka Penerima Harus Membelanjakan Sesuai Dengan Permintaan Pemberi, Semisal Bersedekah Untuk Membangun Masjid, Madrasah, Dsb, Maka  Penerima Atau Wakilnya Harus Membelanjakan Untuk Membangun Masjid Atau Madrosah, Tidak Boleh Membelanjakan Selain Itu.


KALAU PEMBERI ATAU PENDERMA  TIDAK MENENTUKAN, TAPI MENGATAKAN KEPADANYA DENGAN SESUATU YANG BERSIFAT LUWES SESUAI KEBIASAAN (SEMISAL UCAPAN ORANG JAWA : INI BUAT JAJAN, INI BUAT BELI ROKOK, DSB), Maka Tidak Ada Batasan Peggunaannya.  Maka Penerima  Dapat Memilikinya Atau Memakainya Sesuai Dengan Keinginannya. 


✯͜͡❂⊱•قال الإمام زكريا بن محمد بن زكريا الأنصاري، زين الدين أبو يحيى السنيكي الشافعي (ت ٩٢٦هـ) في كتابه أسنى المطالب في شرح روض الطالب / الباب الأول في أركان الهبة / فرع تعليق الهبة (ج ٢ ص ٤٧٩):


(وَلَوْ أَعْطَاهُ دَرَاهِمَ وَقَالَ اشْتَرِ لَك) بِهَا (عِمَامَةً أَوْ اُدْخُلْ بِهَا الْحَمَّامَ) أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ (تَعَيَّنَتْ) لِذَلِكَ مُرَاعَاةً لِغَرَضِ الدَّافِعِ .


هَذَا (إنْ قَصَدَ سَتْرَ رَأْسِهِ) بِالْعِمَامَةِ ، (وَتَنْظِيفَهُ) بِدُخُولِهِ الْحَمَّامَ ، لِمَا رَأَى بِهِ مِنْ كَشْفِ الرَّأْسِ ، وَشَعَثِ الْبَدَنِ وَوَسَخِهِ .


(وَإِلَّا) ؛ أَيْ : وَإِنْ لَمْ يَقْصِدْ ذَلِكَ ، بِأَنْ قَالَهُ عَلَى سَبِيلِ التَّبَسُّطِ الْمُعْتَادِ : (فَلَا) تَتَعَيَّنُ لِذَلِكَ ، بَلْ يَمْلِكُهَا أَوْ يَتَصَرَّفُ فِيهَا كَيْفَ شَاءَ." انتهى.


•ইह═─Imam Zakariyya bin Muhammad bin Zakariyya Al-Anshariy Zainuddiin Abu Yahya Al-Sinikiy Al-Syafi'iy (w. 926 H) berkata dalam Kitabnya Asna Al-Mathalib Fi Syarhi Raudlatu Al-Thalib / Bab Pertama tentang Rukun Rukun  Hadiah / Cabang Komentar tentang Hadiah (Vol. 2, Hal. 479): 


“Kalau dia diberi uang dan mengatakan kepada anda belilah imamah (kain penutup kepala) dengannya atau masuk kamar mandi dengan dana itu, atau semisal itu, maka PENGGUNAAN UANG TERSEBUT  TERBATAS SESUAI TUJUAN ORANG YANG MEMBERINYA INI, jika maksud si pemberi adalah bagaimana orang yang diberi  menutupi kepalanya dengan imamah atau agar dia membersihkan diri dengan masuk ke kamar mandi, ketika dia melihat kepalanya terbuka dan badannya lusuh serta kotor. Jika tidak, maksudnya KALAU DIA TIDAK MENENTUKAN HAL ITU, DENGAN MENGATAKAN KEPADANYA SESUATU YANG BERSIFAT LUWES SESUAI KEBIASAAN, MAKA TIDAK ADA BATASAN PEGGUNAANNYA.  MAKA DIA DAPAT MEMILIKINYA ATAU MEMAKAINYA SESUAI DENGAN KEINGINANNYA.”


✯͜͡❂⊱•وقال الشيخ سليمان بن عمر بن منصور العجيلي الأزهري، المعروف بالجمل الشافعي (ت ١٢٠٤هـ) في كتابه فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب = بحاشية الجمل / فصل في أركان الصوم / فرع إذا انتصف شعبان حرم الصوم بلا سبب (ج ٢ ص ٣٢٨): 


لَوْ دَفَعَ لَهُ تَمْرًا لِيُفْطِرَ عَلَيْهِ : تَعَيَّنَ لَهُ عَلَى مَا يَظْهَرُ ، فَلَا يَجُوزُ اسْتِعْمَالُهُ فِي غَيْرِهِ ؛ نَظَرًا لِغَرَضِ الدَّافِعِ " انتهى 


من "حاشية الجمل على شرح المنهج" (2/ 328).


•ইह═─Syaikh Sulaiman bin 'Umar bin Manshur Al-'Ajili Al-Azhariy yang dikenal dengan Al-Jamal Al-Syafi'iy (w. 1204 H) mengatakan dalam Kitabnya Futuhat Al Wahhab Bitaudlihi Syarhi Minhaju Ath Thulab = Hasyiyyah Al Jamal / [Bab Rukun Puasa / Cabang : Kalau di Tengah Sya'ban Diharamkan Puasa Tanpa Alasan (Vol. 2, Hal. 328): 


“Kalau diberikan kepadanya kurma untuk berbuka (puasa), maka pendapat yang kuat adalah bahwa pemberinya tersebut telah ditentukan penggunaannya, maka TIDAK BOLEH DIGUNAKAN UNTUK SELAINNYA, KARENA MELIHAT TUJUAN ORANG YANG MEMBERINYA.”  Selesai.


✯͜͡❂⊱• وقال الإمام أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) في كتابه روضة الطالبين وعمدة المفتين / كتاب الهبة / فصل (ج ٥ ص ٣٦٩):


سُئِلَ الشَّيْخُ أَبُو زَيْدٍ - رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى - عَنْ رَجُلٍ مَاتَ أَبُوهُ، فَبَعَثَ إِلَيْهِ رَجُلٌ ثَوْبًا لِيُكَفِّنَهُ فِيهِ، هَلْ يَمْلِكُهُ حَتَّى يُمْسِكَهُ، وَيُكَفِّنَهُ فِي غَيْرِهِ؟ فَقَالَ: إِنْ كَانَ الْمَيِّتُ مِمَّنْ يُتَبَرَّكُ بِتَكْفِينِهِ لَفِقْهٍ وَوَرَعٍ، فَلَا، وَلَوْ كَفَّنَهُ فِي غَيْرِهِ وَجَبَ رَدُّهُ إِلَى مَالِكِهِ.


•ইह═─Imam Abu Zakariyya Muhyiddin Yahya bin Syaraf Al-Nawawiy Al-Shafi'iy (w. 676 H) mengatakan dalam Kitabnya Raudlatu Al-Thalibin Wa Umdatu Al-Muftin / Kitab Al-Hibah / Bab (Vol. 5, Hal .369):


Syaikh Abu Zaid – rahimahullahu – ditanya tentang seorang laki-laki yang bapaknya telah meninggal dunia, lalu ada seorang laki-laki yang mengiriminya pakaian (kain kafan) untuk menbungkusnya. Apakah ia boleh memilikinya, sehingga menahannya, dan menjadikan pembungkus mayyit bagi selain bapaknya? Beliau (Syaikh Abu Zaid)  bersakata: Jika orang yang meninggal itu termasuk orang-orang yang diambil berkahnya  dengan mengkafaninya  karena kealiman dan ketakwaannya, maka tidak diperbolehkan, tetapi jika dia bermaksud  mengkafankannya pada mayyit lain, maka dia harus mengembalikannya kepada pemiliknya. Selesai.


✯͜͡❂⊱• وقال الإمام محمد بن عبد الله الزركشي (٧٤٥ - ٧٩٤) في كتابه إعلام الساجد بأحكام المساجد / الباب الرابع فيما يتعلق بسائر المساجد (ص ٤٠٥ - ٤٠٦):


قال الشيخ أبو محمد الجوينى فى كتاب موقف الإمام والمأموم : لو سأل واحد من أهل العلم الناس مالا واستجداهم وقال : إنما أطلب ذلك لبناء مدرسة فبذلوا له مالا فاشترى بقعة وجعلها مدرسة ووزن ثمنها من ذلك المال ثم زعم : إني اشتريت هذه البقعة لنفىسى وصارت لي فأتصرف فيها حيث شئت فأجعلها مسجدا أو أستديم ملكي عليها فهذا غلط منه ولاسبيل الى ذلك والواجب صرف تلك البقعة الى الجهة التى بذلوا المال لها وإن جعلها هذا العالم مسجدا لم تصر مسجدا وصارت بتعين الشراء مدرسة لما تقدم من البيان والتقييد السابق ، وإنما ذكرنا هذا اجلواب على أصل منصوص للشافعى فى بعض كتبه القديمة ، ولو لم يصيرها مصروفة الى الجهة الموصوفة لأوجبنا على هذا العالم المشتري أن يرد على الناس ما أخذ منهم من ألاموال لأنها مبذولة لجهة مخصوصة ولم يستعملها فى تلك الجهة. وهذه طريقة سلكها أبو العباس إبن سريج وفرع عليها مسائل وفيها مصالح لأموال النلس وإن كان القياس غيرها ، انتهى لفظه.


✯͜͡❂⊱• وقال الشيخ 

الشرقاوي ج: ۲ ص: ۱۱۵


ولو أعطاه دراهم وقال اشترت لك بها عمامة أو أدخل بها حمام أو نحو ذلك تعينت لذالك مراعاة لغرض دافع هذا إن أطلق أو قصد ستر رأسه وتنظيفه بدخول الحمام لما رأى به من كشف رأسه شعث بدنه شاء إن قاله على سبيل التبسط المعتاد وإلا لزمه رده أخذا مما مر. ا ـه 


ولو قال: خذ واشتر لك به كذا، تعين الشراء به ما لم يرد التبسط، أي أوتدل قرينة حاله عليه؛ لأن القرينة محكمة هنا،ومن ثم قالوا: لوأعطي فقيرا “درهم” بنية أن يغسل به ثوبه، أي وقد دلت القرينة على ذلك، تعين له، وإن ألبيه فكفنه في غيره فعليه رده له إن كان قصد التبرك بأبيه لفقه أو ورع قال في المهمات: أو قصد القيام بفرض التكفين ولم يقصد التبرع على الوارث، قال الأذرعى: وهذا ظاهر إذا علم قصده. فإن لم يقصد ذلك فلا يلزمه رده بل يتصرف فيه كيف شاء إن قاله على سبيل التبسط المعتاد، وإلا فيلزمه رده أخذا مما مر ((فى اشتر لك بهذا عمامة)) روض وشرحه.


✯͜͡❂⊱• وقال الإمام جلال الدين عبد الرحمن السيوطي (ت ٩١١ هـ) في كتابه الأشباه والنظائر في قواعد وفروع فقه الشافعية /  الكتاب الثاني: في قواعد كلية يتخرج عليها ما لا ينحصر من الصور الجزئية / القاعدة الخامسة: تصرف الإمام على الرعية منوط بالمصلحة (ص ١٢١):


 وَوَليُّ الأمْرِ مَأمُورٌ بِمُرَاعَاةِ المَصْلَحَةِ ، وَلَا مَصْلَحَة فِي حَمْلِ النَّاسِ عَلَى فِعْلِ المَكْرُوه


•ইह═─Imam Jalaluddin Abdur-Rahman As-Suyuti  Asy Syafi'iy (w. 911 H) mengatakan dalam Kitabnya Al-Asybah Wa Al-Nadzo'ir Fi  Qowa'idin Wa Furu'i Fiqhi Asy Syafi'iyyah (Hlm. 121) :


"Waliyyul amri (seorang pemerintah) diperintahkan untuk menjaga  kemaslahatan. Dan tidak ada maslahah pada perbuatan yang membawa orang banyak  melakukan perkara yang dibenci (makruh)."

[Lihat Kitab Al-Asybah Wa An-Nadzoir, Karya Imam Al-Suyuthi : Hal. 121].



B]. MENURUT MADZHAB MALIKIYYAH


✯͜͡❂⊱• وقال الإمام محمد بن أحمد بن عرفة الدسوقي المالكي (ت ١٢٣٠هـ) في كتابه حاشية الدسوقي على الشرح الكبير / باب في أحكام الكتابة (ج ٤ ص ٤٠٤):  


(وَإِنْ) (أَعَانَهُ جَمَاعَةٌ) أَوْ وَاحِدٌ فَأَدَّى وَفَضَلَتْ فَضْلَةٌ أَوْ عَجَزَ (فَإِنْ لَمْ يَقْصِدُوا) بِمَا أَعَانُوهُ بِهِ (الصَّدَقَةَ) بِأَنْ قَصَدُوا فَكَّ الرَّقَبَةِ أَوْ لَا قَصْدَ لَهُمْ (رَجَعُوا بِالْفَضْلَةِ) عَلَى الْعَبْدِ (وَ) رَجَعُوا (عَلَى السَّيِّدِ بِمَا قَبَضَهُ) مِنْ مَالِهِمْ 


(إنْ عَجَزَ) لِعَدَمِ حُصُولِ غَرَضِهِمْ (وَإِلَّا) بِأَنْ قَصَدُوا الصَّدَقَةَ عَلَى الْمُكَاتَبِ (فَلَا) رُجُوعَ لَهُمْ بِالْفَضْلَةِ وَلَا بِمَا قَبَضَهُ السَّيِّدُ إنْ عَجَزَ؛ لِأَنَّ الْقَصْدَ بِالصَّدَقَةِ ذَاتُ الْعَبْدِ وَقَدْ مَلَكَهَا بِحَوْزِهَا. انتهى 


•ইह═─Imam Muhammad bin Ahmad bin 'Irfah Al-Dasuqiy Al-Malikiy (w. 1230 H) mengatakan dalam Kitabnya Hashiyatu  Al-Dasuqiy 'Ala  Al-Syarhi Al-Kabir / Bab Hukum Budak Kitabah (vol. 4, hal. 404):


“Jika sejumlah orang atau satu orang membantunya (dengan sejumlah uang), lalu budak yang ingin memerdekakan dirinya tersebut menggunakan uang tersebut, kemudian masih tersisa uangnya atau dia tidak jadi memerdekakan dirinya, maka JIKA MEREKA PARA PEMBERI ITU TIDAK BERMAKSUD BERSEDEKAH dengan uang yang mereka berikan, misalnya mereka bertujuan sekedar untuk memerdekakan budak, atau tidak ada tujuan apa-apa pada mereka, MAKA BUDAK ITU WAJIB MENGEMBALIKAN UANG TERSEBUT DAN TUANNYA yang telah menerima uang tersebut juga wajib mengembalikan uang mereka, KARENA TUJUANNYA TIDAK TERCAPAI. TAPI JIKA TUJUAN MEREKA ADALAH BERSEDEKAH KEPADA BUDAK YANG INGIN MEMERDEKAKAN DIRINYA TERSEBUT, maka budak tersebut tidak wajib mengembalikan sisanya dan juga tidak wajib bagi tuannya untuk mengembalikan uangnya jika tidak jadi dimerdekakan, karena tujuan sedekahnya adalah untuk budak dan sang budak tersebut telah memilikinya dan menyimpannya.” 

[Lihat Kitab As-Syarhul-Kabir, Ad-Dardir : juz  4 Hal. 404].


✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱• 


Magelang : 


 ٢٩ رجب ١٤٤٥ ه‍ـ  | 10/02/ 2024 m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top