Bismillahirrohmaanirrohiim

Kamis, 25 April 2024

๐ˆ๐‰๐€๐™๐€๐‡ ๐ƒ๐€๐ ๐ƒ๐Ž๐€ ๐Œ๐€'๐“๐’๐”๐‘๐Ž๐“ | ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ

 *•••⊰✿เงกৢ˚❁ ูกูฆ ุดูˆّุงู„ู€ู€ู€ ูกูคูคูฅ ู‡‍ู€ ❁˚เงก✿⊱•••*



─═เคนเฆ‡• ⃟  ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓

•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | ๐ˆ๐‰๐€๐™๐€๐‡ ๐ƒ๐€๐ ๐ƒ๐Ž๐€ ๐Œ๐€'๐“๐’๐”๐‘๐Ž๐“ | ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ

┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟  ⃟ •เฆ‡เคน═─


❁˚เงก✿⊱•••*๐•ฏ๐–”๐–† ๐•ถ๐–Š๐–™๐–Ž๐–๐–† ๐•ฌ๐–๐–†๐–“ ๐•ธ๐–Š๐–’๐–š๐–‘๐–†๐–Ž ๐•ฟ๐–†'๐–‘๐–Ž๐–’ ๐•ธ๐–Š๐–“๐–†๐–“๐–†๐–’ ๐•ธ๐–Š๐–’๐–”๐–“๐–‰๐–†๐–˜๐–Ž ๐•ญ๐–†๐–“๐–Œ๐–š๐–“๐–†๐–“ ๐•ฏ๐–†๐–“ ๐•พ๐–Š๐–‡๐–†๐–Œ๐–†๐–Ž๐–“๐–ž๐–†




❁˚เงก✿⊱•Hadits Marfu' Riwayat Jabir Bin 'Abdillah


ูฅูคูงูฉ - ุฌَุงุจุฑ : ู…ู† ุบุฑุณ ุบุฑุณุง ูŠَูˆْู… ุงู„ْุฃَุฑْุจَุนَุงุก ูˆَู‚َุงู„َ : ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ْุจَุงุนِุซ ุงู„ูˆุฑุงุซ ุฃَุชَุชْู‡ُ ุจุฃูƒู„ู‡ุง

[ุฃุฎุฑุฌู‡ ุงู„ุฏูŠู„ู…ูŠ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ุงู„ูุฑุฏูˆุณ ุจู…ุฃุซูˆุฑ ุงู„ุฎุทุงุจ : (ุฌ ูฃ ุต ูคูงูจ) / ุญุฑู ุงู„ู…ูŠู… / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดูŠุฑูˆูŠู‡ ุจู† ุดู‡ุฑุฏุงุฑ ุจู† ุดูŠุฑูˆ ูŠู‡ ุจู† ูู†ุงุฎุณุฑูˆ، ุฃุจูˆ ุดุฌุงุน ุงู„ุฏูŠู„ู…ูŠّ ุงู„ู‡ู…ุฐุงู†ูŠ (ุช ูฅู ูฉู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ - ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคู ูฆ ู‡ู€ - ูกูฉูจูฆู…ู€].


Jabir bin Abdullah radhiyyAllahu 'anhuma berkata: 


"Barangsiapa menanam pohon pada hari Rabu dan berkata : Maha Suci Yang Maha  Membangkitkan Yang Maha Pewaris, maka pohon itu akan memberinya buah."

[Dikeluarkan Oleh Ad Dailamiy Dalam Al Firdaus Bima'tsuri Al Khithab].


❁˚เงก✿⊱•Riwayat Yang Senada :


ูุงุฆุฏุฉ: ู‚ุงู„ ุฌุงุจุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง : ู…ู† ุบุฑุณ ุบุฑุณุง ูŠูˆู… ุงู„ุฃุฑุจุนุงุก ูู‚ุงู„ : ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ ุฃุชุชู‡ ุจุฃูƒู„ู‡ุง 

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู†ุฒู‡ุฉ ุงู„ู…ุฌุงู„ุณ ูˆู…ู†ุชุฎุจ ุงู„ู†ูุงุฆุณ :(ุฌ ูข ุต ูขูฆ) /  ูุตู„ ููŠ ุงู„ุฒุฑุงุนุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุณู„ุงู… ุงู„ุตููˆุฑูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูจูฉูคู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุงู„ู…ุทุจุนู‡ ุงู„ูƒุงุณุชู„ูŠุฉ - ู…ุตุฑ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูขูจูฃู‡ู€].


Faidah : Jabir bin Abdullah radhiyyAllahu 'anhuma berkata: 


"Barangsiapa menanam pohon pada hari Rabu dan berkata : Maha Suci Yang Maha  Membangkitkan Yang Maha Pewaris, maka pohon itu akan memberinya buah."

[Dikeluarkan Oleh Ash Shofuriy Asy Syafi'iy]


❁˚เงก✿⊱•Riwayat Atsar Dari Sebagian Shalihin


Imam As Sakhawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Maqoshidu Al Hasanah Fi Bayani Katsiri Min Ahaditsi Al Musytaharoh 'Ala Al Alsinah (Hal. 575):


ูˆุจู„ุบู†ูŠ ุนู† ุจุนุถ ุงู„ุตุงู„ุญูŠู† ู…ู…ู† ู„ู‚ูŠู†ุงู‡ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุดูƒุช ุงู„ุฃุฑุจุนุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ุชุดุงุคู… ุงู„ู†ุงุณ ุจู‡ุง ูู…ู†ุญู‡ุง ุฃู†ู‡ ู…ุง ุงุจุชุฏุฆ ุจุดูŠุก ููŠู‡ุง ุฅู„ุง ุชู…. 

[ุฃุฎุฑุฌู‡ ุงู„ุณุฎุงูˆูŠ ููŠ ูƒุชุงุจู‡ ุงู„ู…ู‚ุงุตุฏ ุงู„ุญุณู†ุฉ ููŠ ุจูŠุงู† ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ู…ุดุชู‡ุฑุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃู„ุณู†ุฉ : (ุต ูฅูงูฅ) / ุญุฑู ุงู„ู…ูŠู… / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดู…ุณ ุงู„ุฏูŠู† ุฃุจูˆ ุงู„ุฎูŠุฑ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ุณุฎุงูˆูŠ (ุช ูฉู ูข ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุงุจ ุงู„ุนุฑุจูŠ - ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคู ูฅ ู‡ู€ - ูกูฉูจูฅ ู…ู€].


“Saya dengar dari sebagian ulama shaleh yang kami temui, ia berkata: Hari rabu mengadu kepada Allah tentang anggapan sial orang-orang terhadapnya, maka Allah menganugerahkan BAHWA APA PUN YANG DIMULAI DI HARI RABU, MAKA PASTI AKAN SEMPURNA.” Selesai.


❁˚เงก✿⊱•Riwayat Hadits Tafa'ul (Optimis Selalu Berprasangka Baik Kepada Allah)


‏ุญَุฏَّุซَู†َุง ‏ ‏ู…ُุญَู…َّุฏُ ุจْู†ُ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ِ ู†ُู…َูŠْุฑٍ ‏ ‏ุญَุฏَّุซَู†َุง ‏ ‏ุนَุจْุฏَุฉُ ุจْู†ُ ุณُู„َูŠْู…َุงู†َ ‏ ‏ุนَู†ْ ‏ ‏ู…ُุญَู…َّุฏِ ุจْู†ِ ุนَู…ْุฑٍูˆ ‏ ‏ุนَู†ْ ‏ ‏ุฃَุจِูŠ ุณَู„َู…َุฉَ ‏ ‏ุนَู†ْ ‏ ‏ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ‏ ‏ู‚َุงู„َ ‏ ‏:


«ูƒَุงู†َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ‏ ‏ -๏ทบ-  ‏ูŠُุนْุฌِุจُู‡ُ ุงู„ْูَุฃْู„ُ ุงู„ْุญَุณَู†ُ ูˆَูŠَูƒْุฑَู‡ُ ‏ ‏ุงู„ุทِّูŠَุฑَุฉَ». ‏ 

[ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ ูˆุงุจู† ู…ุงุฌู‡ ูˆุงู„ู„ูุธ ู„ู‡ /  ูƒุชุงุจ ุงู„ุทุจ / ุจุงุจ ู…ู† ูƒุงู† ูŠุนุฌู‡ ุงู„ูุฃู„ ูˆูŠูƒุฑู‡ ุงู„ุทูŠุฑุฉ / ุญุฏูŠุซ ุฑู‚ู…: ูฃูฅูฃูฆ. ูˆู‡ุฐุง ุฅุณู†ุงุฏ ุญุณู†، ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนู…ุฑูˆ -ูˆู‡ูˆ ุงุจู† ุนู„ู‚ู…ุฉ ุงู„ู„ูŠุซูŠ- ุตุฏูˆู‚ ุญุณู† ุงู„ุญุฏูŠุซ، ูˆุจุงู‚ูŠ ุฑุฌุงู„ู‡ ุซู‚ุงุช]


Dari Abu Hurairah radhiyyAllahu 'anhu beliau berkata :  


"Rasulullah -๏ทบ-  menyukai ucapan yang baik dan membenci thiyarah (menganggap sial ketika melihat burung atau yang semisalnya)."

[HR. Ahmad. Dan Teks Milik Ibnu Majah. Dan INI SANADNYA HASAN PERAWI PERAWINYA TSIQOT] 


เงก✿⊱•Imam Ahmad Ibnu Hajar Al Asqolaniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Fathu Al-Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy (Juz. 10 Hal. 215):


ุงู„ْูَุฑْู‚ُ ุจَูŠْู†َ ุงู„ْูَุฃْู„ِ ูˆَุงู„ุทِّูŠَุฑَุฉِ ุฃَู†َّ ุงู„ْูَุฃْู„َ ู…ِู†ْ ุทَุฑِูŠู‚ِ ุญُุณْู†ِ ุงู„ุธَّู†ِّ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ، ูˆَุงู„ุทِّูŠَุฑَุฉُ ู„َุง ุชَูƒُูˆู†ُ ุฅِู„َّุง ูِูŠ ุงู„ุณُّูˆุกِ ูَู„ِุฐَู„ِูƒَ ูƒُุฑِู‡َุชْ. ูˆَู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّูˆَูˆِูŠُّ: ุงู„ْูَุฃْู„ُ ูŠُุณْุชَุนْู…َู„ُ ูِูŠู…َุง ูŠَุณُูˆุกُ ูˆَูِูŠู…َุง ูŠَุณُุฑُّ، ูˆَุฃَูƒْุซَุฑُู‡ُ ูِูŠ ุงู„ุณُّุฑُูˆุฑِ. ูˆَุงู„ุทِّูŠَุฑَุฉُ ู„َุง ุชَูƒُูˆู†ُ ุฅِู„َّุง ูِูŠ ุงู„ุดُّุคْู…ِ، ูˆَู‚َุฏْ ุชُุณْุชَุนْู…َู„ُ ู…َุฌَุงุฒًุง ูِูŠ ุงู„ุณُّุฑُูˆุฑِ  ...(ุงู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...


ู‚َุงู„َ ุงู„ْุญَู„ِูŠู…ِูŠُّ : ูˆَุฅِู†َّู…َุง ูƒَุงู†َ - ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ - ูŠُุนْุฌِุจُู‡ُ ุงู„ْูَุฃْู„ُ ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ุชَّุดَุงุคُู…َ ุณُูˆุกُ ุธَู†ِّ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ - ุชَุนَุงู„َู‰ - ุจِุบَูŠْุฑِ ุณَุจَุจٍ ู…ُุญَู‚َّู‚ٍ ، ูˆَุงู„ุชَّูَุงุคُู„ُ ุญُุณْู†ُ ุธَู†ٍّ ุจِู‡ِ ، ูˆَุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُ ู…َุฃْู…ُูˆุฑٌ ุจِุญُุณْู†ِ ุงู„ุธَّู†ِّ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ - ุชَุนَุงู„َู‰ - ุนَู„َู‰ ูƒُู„ِّ ุญَุงู„ٍ....ุงู‡ู€.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ูุชุญ ุงู„ุจุงุฑูŠ ุดุฑุญ ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ : (ุฌ ูกู  ุต ูขูกูฅ) / ูงูฆ - ูƒุชุงุจ ุงู„ุทุจ / ูคูฅ - ุจุงุจ ู„ุง ู‡ุงู…ุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ุญุฌุฑ ุงู„ุนุณู‚ู„ุงู†ูŠ (ูงูงูฃ - ูจูฅูข ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุงู„ู…ูƒุชุจุฉ ุงู„ุณู„ููŠุฉ - ู…ุตุฑ - ุงู„ุทุจุนุฉ: «ุงู„ุณู„ููŠุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰»، ูกูฃูจู  - ูกูฃูฉู  ู‡ู€].


Perbedaan antara TAFA'UL dan THIYAROH adalah bahwa Tafa'ul  datang dari jalan berprasangka baik kepada Allah, dan thiyarah hanya terjadi pada kasus yang buruk, dan oleh karena itu tidak disukai. Imam Al-Nawawiy berkata: TAFA'UL  digunakan untuk hal buruk dan baik, dan sebagian besar digunakan untuk hal baik. Dan thiyarah hanya terjadi pada saat keadaan buruk, dan dapat digunakan sebagai metafora/perlambang  kebahagiaan ...(sampai ia berkata)...


Imam Al Halimiy berkata : Dan sesungguhnya beliau -๏ทบ- menyukai TAFA'UL itu. Karena pesimisme adalah sikap buruk terhadap Allah  Yang Maha Esa tanpa alasan tertentu, dan optimis (Tafa'ul) adalah berprasangka baik terhadap-Nya, dan orang mukmin diperintahkan untuk selalu berprasangka baik terhadap Allah  dalam segala keadaan. Selesai.


เงก✿⊱•Imam An Nafrawiy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Al Fawakih Ad Dawaniy 'Ala Risalati Ibni Zaid Al Qairawaniy (Juz. 2 Hal. 342):


(ูˆَ) ูƒَุงู†َ - ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุณَّู„َุงู…ُ - (ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْูَุฃْู„َ) ุจِุงู„ْู‡َู…ْุฒَุฉِ ูŠُุฌْู…َุนُ ุนَู„َู‰ ูُุคُูˆู„ٍ (ุงู„ْุญَุณَู†َ) ูˆَู‡ُูˆَ ู…َุง ูŠَู†ْุดَุฑِุญُ ู„َู‡ُ ุตَุฏْุฑُู‡ُ ูƒَุงู„ْูƒَู„ِู…َุฉِ ุงู„ุทَّูŠِّุจَุฉِ، 


ูَูِูŠ ุงู„ุตَّุญِูŠุญِ: «ู„َุง ุทِูŠَุฑَุฉَ ูˆَุฎَูŠْุฑُู‡َุง ุงู„ْูَุฃْู„ُ، ู‚ِูŠู„َ: ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَู…َุง ุงู„ْูَุฃْู„ُ؟ ู‚َุงู„َ: ุงู„ْูƒَู„ِู…َุฉُ ุงู„ุตَّุงู„ِุญَุฉُ ูŠَุณْู…َุนُู‡َุง ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ» 


ูˆَูِูŠ ุฑِูˆَุงูŠَุฉٍ: «ูˆَูŠُุนْุฌِุจُู†ِูŠ ุงู„ْูَุฃْู„ُ» .


ูˆَูِูŠ ุฑِูˆَุงูŠَุฉٍ: «ูˆَุฃُุญِุจُّ ุงู„ْูَุฃْู„َ ุงู„ุตَّุงู„ِุญَ» 


ู…ِุซَุงู„ُู‡ُ: ุฅุฐَุง ุฎَุฑَุฌَ ู„ِุณَูَุฑٍ ุฃَูˆْ ุฅู„َู‰ ุนِูŠَุงุฏَุฉِ ู…َุฑِูŠุถٍ ูˆَุณَู…ِุนَ ูŠَุง ุณَุงู„ِู…ُ ูŠَุง ุบَุงู†ِู…ُ ุฃَูˆْ ูŠَุง ุนَุงูِูŠَุฉُ ู‡َุฐَุง ุฅุฐَุง ู„َู…ْ ูŠَู‚ْุตِุฏْู‡ُ، ูˆَุฃَู…َّุง ุฅุฐَุง ู‚َุตَุฏَ ุณَู…َุงุนَ ุงู„ْูَุฃْู„ِ ู„ِูŠَุนْู…َู„َ ุนَู„َู‰ ู…َุง ูŠَุณْู…َุนُ ู…ِู†ْ ุฎَูŠْุฑٍ ุฃَูˆْ ุดَุฑٍّ ูَู„َุง ูŠَุฌُูˆุฒُ، ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ู…ِู†ْ ุงู„ْุฃَุฒْู„َุงู…ِ ุงู„ْู…ُุญَุฑَّู…َุฉِ ุงู„َّุชِูŠ ูƒَุงู†َุชْ ุชَูْุนَู„ُู‡َุง ุงู„ْุฌَุงู‡ِู„ِูŠَّุฉُ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ููˆุงูƒู‡ ุงู„ุฏูˆุงู†ูŠ ุนู„ู‰ ุฑุณุงู„ุฉ ุงุจู† ุฃุจูŠ ุฒูŠุฏ ุงู„ู‚ูŠุฑูˆุงู†ูŠ : (ุฌ ูข ุต ูฃูคูข) / ุจุงุจ ููŠ ุญูƒู… ุงู„ุชุนุงู„ุฌ / ุตูุฉ ุงู„ุฑู‚ูŠุฉ ู…ู† ุงู„ุนูŠู† / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุบุงู†ู… (ุฃูˆ ุบู†ูŠู…) ุจู† ุณุงู„ู… ุงุจู† ู…ู‡ู†ุง، ุดู‡ุงุจ ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ู†ูุฑุงูˆูŠ ุงู„ุฃุฒู‡ุฑูŠ ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠ (ุช ูกูกูขูฆู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ - ุงู„ุทุจุนุฉ: ุจุฏูˆู† ุทุจุนุฉ، ุชุงุฑูŠุฎ ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูคูกูฅู‡ู€ - ูกูฉูฉูฅู…ู€].


(Dan) -'Alaihissalam- (beliau mencintai prasangka) ...  (yang baik), dan  itulah perkara yang dapat melonggarkan dada beliau, seperti kalimat  yang bagus. 


Didalam Ash Shahih  diriwayatkan: 


"Tidak ada pengaruh jahat karena burung. Dan yang paling baik adalah Al Fa'l. Lalu beliau ditanya; 'Apa itu Al Fa'l, Ya Rasulullah? ' Jawab beliau; 'Kalimah shalihah (baik) yang di dengar oleh salah seorang di antara kalian.


Dan dalam sebuah riwayat: “Dan aku menyukai fa'l itu.”


Dan dalam riwayatnya: “Dan aku menyukai fa'l  yang baik.”


Contohnya: jika ingin keluar untuk  bepergian atau mau menjenguk sakit dan mendengar, hai orang yang selamat, hai orang kaya, atau hai orang yang sehat, ini jika ia tidak menyengajanya, dan apabila ia menyengaja mendengar fa'l (kalimat) tersebut untuk dilaksanakan untuk kebaikkan  atau keburukkan, maka tidak diperbolehkan, karena itu dari mengundi nasib dengan panah,  yang diharamkan, yang orang jahiliyyah melakukannya. Selesai.


*•••⊰✿เงกৢ˚❁Imam Abdurro'uf Al Munawiy berkata dalam Kitabnya Faidlu Al Qodir 


ูˆَูِูŠ ู…ِู†ْู‡َุงุฌِ ุงู„ْุญَู„ِูŠู…ِูŠِّ ูˆَุดُุนَุจِ ุงู„ْุจَูŠْู‡َู‚ِูŠِّ ุฃَู†َّ ุงู„ุฏُّุนَุงุกَ ูŠُุณْุชَุฌَุงุจُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ุจَุนْุฏَ ุงู„ุฒَّูˆَุงู„ِ؛ ูˆَุฐَูƒَุฑَ ุจُุฑْู‡َุงู†ُ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ูِูŠ ุชَุนْู„ِูŠู…ِ ุงู„ْู…ُุชَุนَู„ِّู…ِ ุนَู†ْ ุตَุงุญِุจِ ุงู„ْู‡ِุฏَุงูŠَุฉِ : ุฃَู†ْ ู…َุง ุจُุฏِุฆَ ุดَูŠْุกٌ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ุฅِู„َّุง ูˆَุชَู…َّ؛ ูَู„ِุฐَู„ِูƒَ ูƒَุงู†َ ุฌَู…ْุนٌ ู…ِู†َ ุงู„ุดُّูŠُูˆุฎِ ูŠَุชَุญَุฑَّูˆْู†َ ุงุจْุชِุฏَุงุกَ ุงู„ْุฌُู„ُูˆุณِ ู„ِู„ุชَّุฏْุฑِูŠุณِ ูِูŠู‡ِ؛ ูˆَุฐَู„ِูƒَ ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ْุนِู„ْู…َ ู†ُูˆุฑٌ؛ ูَุจِุฏَุงูŠَุชُู‡ُ ูŠَูˆْู…َ ุฎَู„ْู‚ِ ุงู„ู†ُّูˆุฑِ ูِูŠู‡ِ ุชَู†َุงุณَุจَ ู…َุนْู†ًู‰ ุนَู„َู‰ ุงู„ุชَّู…َุงู…ِ؛ 


ูˆَุงุณْุชَุญَุจَّ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ุบَุฑْุณَ ุงู„ْุฃَุดْุฌَุงุฑِ ูِูŠู‡ِ؛ ู„ِุฎَุจَุฑِ ุงุจْู†ِ ุญِุจَّุงู†َ ูˆَุงู„ุฏَّูŠْู„َู…ِูŠِّ ุนَู†ْ ุฌَุงุจِุฑٍ ู…َุฑْูُูˆุนًุง: " ู…َู†ْ ุบَุฑَุณَ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ูَู‚َุงู„َ: ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ؛ ุฃَุชَุชْู‡ُ ุจِุฃُูƒُู„ِู‡َุง"

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ููŠุถ ุงู„ู‚ุฏูŠุฑ ุดุฑุญ ุงู„ุฌุงู…ุน ุงู„ุตุบูŠุฑ : (ุฌ ูก ุต ูคูฅ) / ุญุฑู ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฒูŠู† ุงู„ุฏูŠู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ู…ุฏุนูˆ ุจุนุจุฏ ุงู„ุฑุคูˆู ุจู† ุชุงุฌ ุงู„ุนุงุฑููŠู† ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ุฒูŠู† ุงู„ุนุงุจุฏูŠู† ุงู„ุญุฏุงุฏูŠ ุซู… ุงู„ู…ู†ุงูˆูŠ ุงู„ู‚ุงู‡ุฑูŠ (ุช ูกู ูฃูกู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุงู„ู…ูƒุชุจุฉ ุงู„ุชุฌุงุฑูŠุฉ ุงู„ูƒุจุฑู‰ - ู…ุตุฑ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูฃูฅูฆ ู‡‍ู€].


Dalam Minhaj Al-Halimi dan Syu`ab Al-Baihaqiy disebutkan bahwa doa dikabulkan pada hari Rabu setelah matahari tergelincir. Imam Burhanu Al Islam (Az Zarnujiy)  menyebutkan dalam kitabnya Ta'limu Al Muta'allim dari (gurunya) Pengarang Kitab Al Hidayah bahwa TIDAK ADA SESUATU PUN YANG DIMULAI PADA HARI RABU KECUALI MENJADI SEMPURNA. Oleh karena itu, sekelompok syaikh bersemangat untuk mulai duduk mengajar didalam hari itu. Dan hal ini sebab ilmu adalah cahaya, maka kajian ilmu dimulai di hari diciptakan cahaya, maknanya menyesuaikan terhadap  kesempurnaan.


Beberapa dari mereka lebih suka menanam pohon di hari Rabu, berdasarkan riwayat Ibnu Hibban dan Al-Dailamiy dari riwayat Jabir radliyyAllahu 'anhuma, secara marfu' (dengan sanad yang dapat ditelusuri hingga Nabi -๏ทบ-): 


“Barangsiapa yang menanam tanaman pada hari Rabu dan berkata: ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ (Maha Suci (Allah) Dzat Yang Maha Membangkitkan, Dzat Yang Maha Mewariskan), maka hal itu akan memberinya buahnya.” Selesai.


*•⊰✿เงกৢ˚❁Imam Syihabuddin Al Husainiy Al Alusiy Al Hanafiy menjelaskan penjelasan yang senada didalam kitab tafsirnya Ruuhu Al Ma'aniy = Tafsir Alusiy (Juz. 14 Hal. 84):


ูˆَุฌَุงุกَ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฎْุจَุงุฑِ ูˆَุงู„ْุขุซَุงุฑِ ู…َุง ูŠُุดْุนِุฑُ ุจِู…َุฏْุญِู‡ِ ูَูِูŠ ู…ِู†ْู‡َุงุฌِ ุงู„ْุญَู„ِูŠู…ِูŠِّ ، ูˆَุดُุนَุจِ ุงู„ْุจَูŠْู‡َู‚ِูŠِّ ุฃَู†َّ ุงู„ุฏُّุนَุงุกَ ูŠُุณْุชَุฌَุงุจُ ูŠَูˆْู…ُ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ุจَุนِูŠุฏُ ุงู„ุฒَّูˆَุงู„ِ ، ูˆَุฐَูƒَุฑَ ุจُุฑْู‡َุงู†ُ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ูِูŠ ุชَุนْู„ِูŠู…ِ ุงู„ْู…ُุชَุนَู„ِّู…ِ ุนَู†ْ ุตَุงุญِุจِ ุงู„ْู‡ِุฏَุงูŠَุฉِ ุฃَู†َุง ู…َุง ุจُุฏِุฆَ ุดَูŠْุกٌ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ุฅِู„َّุง ูˆَุชَู…َّ ูˆَู‡ُูˆَ ูŠَูˆْู…َ ุฎَู„َู‚َ ุงู„ู„َّู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ูِูŠู‡ِ ุงู„ู†ُّูˆุฑَ ูَู„ِุฐَู„ِูƒَ ูƒَุงู†َ ุฌَู…ْุนٌ ู…ِู†َ ุงู„ْู…َุดَุงูŠِุฎِ ูŠَุชَุญَุฑَّูˆْู†َ ุงุจْุชِุฏَุงุกَ ุงู„ْุฌُู„ُูˆุณِ ู„ِู„ุชَّุฏْุฑِูŠุณِ ูِูŠู‡ِ ، ูˆَุงุณْุชَุญَุจَّ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ุบَุฑْุณَ ุงู„ْุฃَุดْุฌَุงุฑِ ูِูŠู‡ِ ู„ِุฎَุจَุฑِ ุงุจْู†ِ ุญَูŠَّุงู†َ ูˆَุงู„ุฏَّูŠْู„َู…ِูŠِّ ุนَู†ْ ุฌَุงุจِุฑٍ ู…َุฑْูُูˆุนًุง :


«ู…َู†ْ ุบَุฑَุณَ ุงู„ْุฃَุดْุฌَุงุฑَ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ูˆَู‚َุงู„َ : ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ ุฃَุชَุชْู‡ُ ุฃُูƒُู„ُู‡َุง »

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุฑูˆุญ ุงู„ู…ุนุงู†ูŠ ููŠ ุชูุณูŠุฑ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุงู„ุนุธูŠู… ูˆุงู„ุณุจุน ุงู„ู…ุซุงู†ูŠ : (ุฌ ูกูค ุต ูจูค) / ุณูˆุฑุฉ ุงู„ู‚ู…ุฑ / [ุณูˆุฑุฉ ุงู„ู‚ู…ุฑ (ูฅูค) : ุงู„ุขูŠุงุช ูฉ ุฅู„ู‰ ูขูก] / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดู‡ุงุจ ุงู„ุฏูŠู† ู…ุญู…ูˆุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุญุณูŠู†ูŠ ุงู„ุฃู„ูˆุณูŠ ุงู„ุญู†ููŠ (ุช ูกูขูงู ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ - ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูฅ ู‡ู€].


*꧁࿐TAFร‚’UL atau HARAPAN BERISI OPTIMISME seperti ini dikenal sejak dahulu kala. 


Imam Al-'Ajluni Asy Syafi'iy (1676-1749 M), seorang pakar hadits dari Suriah menjelaskan dalam kitabnya Kasyf Al-Khafรข’ Wa Muzilu Ilbas (Juz. 1 Hal. 13):


ูˆุฐูƒุฑ ุจุฑู‡ุงู† ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุนู† ุตุงุญุจ ุงู„ู‡ุฏุงูŠุฉ ุฃู†ู‡ ู…ุง ุจุฏุฆ ุดูŠุก ูŠูˆู… ุงู„ุฃุฑุจุนุงุก ุฅู„ุง ูˆุชู…؛ ูู„ุฐู„ูƒ ูƒุงู† ุงู„ู…ุดุงูŠุฎ ูŠุชุญุฑูˆู† ุงุจุชุฏุงุก ุงู„ุฌู„ูˆุณ ููŠู‡ ู„ู„ุชุฏุฑูŠุณ ู„ุฃู† ุงู„ุนู„ู… ู†ูˆุฑ، ูุจุฏุฆ ุจู‡ ูŠูˆู… ุฎู„ู‚ ุงู„ู†ูˆุฑ. ุฅู†ุชู‡ู‰

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ูƒุดู ุงู„ุฎูุงุก ูˆู…ุฒูŠู„ ุงู„ุฅู„ุจุงุณ ุนู…ุง ุงุดุชู‡ุฑ ู…ู† ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุนู„ู‰ ุฃู„ุณู†ุฉ ุงู„ู†ุงุณ : (ุฌ ูก ุต ูกูฃ) / ุญุฑู ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฅุณู…ุงุนูŠู„ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ุนุฌู„ูˆู†ูŠ ุงู„ุฌุฑุงุญูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูกูกูฆูขู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ู…ูƒุชุจุฉ ุงู„ู‚ุฏุณูŠ، ู„ุตุงุญุจู‡ุง ุญุณุงู… ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ู‚ุฏุณูŠ - ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูฃูฅูก ู‡ู€].


“Syaikh Burhanuddin (Al Islam Az Zarnujiy) menyebutkan dari pengarang Kitab Al-Hidayah (Guru Syaikh Az Zarnujiy pengarang Kitab Ta'limu Al Muta'allim)  bahwasanya TIDAKLAH SESUATU DIMULAI DI HARI RABU KECUALI MENJADI SEMPURNA. Maka karena itu, para guru berusaha memulai majelis di hari Rabu untuk mengajar sebab ilmu adalah cahaya, maka kajian ilmu dimulai di hari diciptakan cahaya.” Selesai.


✯͜͡❂⊱•Segala sesuatu yang dimulai di hari itu insyaallah akan berakhir sempurna. 


Keyakinan (khususnya dimasyarakat salaf) keberkahan hari Rabu ini seperti riwayat diatas bisa ditinjau lebih jauh lagi ke masa Imam As-Sakhawiy  (1427-1497 M). Yang beliau menjelaskan:


ูˆุจู„ุบู†ูŠ ุนู† ุจุนุถ ุงู„ุตุงู„ุญูŠู† ู…ู…ู† ู„ู‚ูŠู†ุงู‡ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุดูƒุช ุงู„ุฃุฑุจุนุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ู„َّู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ุชุดุงุคู… ุงู„ู†ุงุณ ุจู‡ุง ูู…ู†ุญู‡ุง ุฃู†ู‡ ู…ุง ุงุจุชุฏุฆ ุจุดูŠุก ููŠู‡ุง ุฅู„ุง ุชู…. 


"Saya dengar dari sebagian ulama saleh yang kami temui, ia berkata: Hari rabu mengadu kepada Allah tentang anggapan sial orang-orang terhadapnya, maka Allah menganugerahkan BAHWA APA PUN YANG DIMULAI DI HARI RABU, MAKA PASTI AKAN SEMPURNA." Selesai.


✯͜͡❂⊱•Hari rabu sebagai hari baik untuk memulai mengaji memunculkan PRO DAN KONTRA di kalangan para ulama. Sebagian meyakini bahwa hari yang baik untuk memulai belajar adalah hari senin dan kamis. Hal ini didasarkan pada hadist:


ุงُุบْุฏُูˆุง ูِู‰ ุทَู„َุจِ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ูَุฅِู†ِّู‰ ุณَุฃَู„ْุชُ ุฑَุจِّู‰ ุฃَู†ْ ูŠُุจَุงุฑِูƒَ ู„ِุฃُู…َّุชِู‰ ูِู‰ ุจُูƒُูˆْุฑِู‡َุง ูˆَูŠَุฌْุนَู„ُ ุฐَู„ِูƒَ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุฎَู…ِูŠْุณِ


“Berangkatlah pagi-pagi dalam mencari ilmu. Sesungguhnya Aku meminta tuhan-Ku  agar memberi kebaikan pada umatku di waktu-waktu pagi mereka. Dan tuhan-Ku menjadikan hal itu di hari kamis”.


✯͜͡❂⊱•Imam Abdurro'uf Al-Munawiy berkata saat menjelaskan hadis tersebut dalam Kitabnya Faidl Al Qadir (Juz. 2 Hal. 17): 


ูˆَูِูŠู‡ِ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠُู†ْุฏَุจُ ุฃَู†ْ ูŠَูƒُูˆู†َ ุงู„ْุฌُู„ُูˆุณُ ู„ِุชَุนَู„ُّู…ِ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ุฃَูˆَّู„َ ุงู„ู†َّู‡َุงุฑِ ูˆَุฃَู†َّู‡ُ ูŠُู†ْุฏَุจُ ุงู„ุดُّุฑُูˆุนُ ูِูŠ ูŠَูˆْู…ِ ุชَุนَู„ُّู…ِู‡ِ ุงู„ْุฎَู…ِูŠุณَ ุฃَูˆِ ุงู„ِุงุซْู†َูŠْู†ِ ุฎِู„َุงูَ ู…َุง ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ْุนُุฑْูُ ุงู„ْุนَุงู…ُّ ุงู„ْุขู†َ ุจِูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْุฃَุญَุฏِ ู„ِูƒَูˆْู†ِู‡ِ ุฃَูˆَّู„َ ุงู„ْุฃُุณْุจُูˆุนِ ุฃَูˆِ ุงู„ْุฃَุฑْุจِุนَุงุกِ ู„ِูƒَูˆْู†ِู‡ِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ู†ُّูˆุฑِ ูˆَูƒَุงู†َ ุจَุนْุถُ ู…َู†ْ ุฌَู…َุนَ ุจَูŠْู†َ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ูˆَุงู„ْูˆِู„َุงูŠَุฉِ ูŠُูˆุตِูŠ ุจِุงู„ุชَّุฃْู„ِูŠูِ ูˆَุงู„ْู‚ِุฑَุงุกَุฉِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ِุงุซْู†َูŠْู†ِ ูˆَุงู„ْุฎَู…ِูŠุณِ.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ููŠุถ ุงู„ู‚ุฏูŠุฑ ุดุฑุญ ุงู„ุฌุงู…ุน ุงู„ุตุบูŠุฑ : (ุฌ ูข ุต ูกูง) / ุญุฑู ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฒูŠู† ุงู„ุฏูŠู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ู…ุฏุนูˆ ุจุนุจุฏ ุงู„ุฑุคูˆู ุจู† ุชุงุฌ ุงู„ุนุงุฑููŠู† ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ุฒูŠู† ุงู„ุนุงุจุฏูŠู† ุงู„ุญุฏุงุฏูŠ ุซู… ุงู„ู…ู†ุงูˆูŠ ุงู„ู‚ุงู‡ุฑูŠ (ุช ูกู ูฃูกู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุงู„ู…ูƒุชุจุฉ ุงู„ุชุฌุงุฑูŠุฉ ุงู„ูƒุจุฑู‰ - ู…ุตุฑ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูฃูฅูฆ ู‡ู€].


“Dan di dalam hadis tersebut ada kesunnahan bagi pencari ilmu untuk memulai belajar di hari kamis atau senin. Berbeda dengan kebiasaan umum di masa sekarang yang memulai di hari Ahad (Minggu), sebab Ahad adalah hari pertama dalam seminggu, atau Rabu dengan alasan bahwa hari Rabu merupakan hari diciptakannya cahaya. Dan ada sebagian ulama yang mumpuni dalam bidang ilmu serta kewalian memberi pesan agar memulai mengarang dan membaca di hari Senin dan Kamis.”


✯͜͡❂⊱•KESIMPULAN dari ulasan di atas adalah bahwa dalam Islam terdapat sebuah tradisi dalam menentukan hari baik untuk memulai belajar. Sedang dalam penentuan harinya terjadi perbedaan pendapat. Ada yang berpendapat hari Rabu, ada yang berpendapat Senin dan juga Kamis. 


Mengenai doa dari sekian banyak doa  untuk memulai semua itu, kami mendapatkan ijazah membaca : 


ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ْุจَุงุนِุซِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุซِ


Maha Suci (Allah) Dzat Yang Maha Membangkitkan, Dzat Yang Maha Mewariskan, maka hal itu akan memberinya buahnya (hasilnya). Selesai.


Mengenai harinya boleh memilih seperti keterangan diatas diantara hari Rabu Senin atau Kamis.


✯͜͡❂⊱•ุฃَู„ุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّู€ู‡ِ ุงู„َّุฐِูŠْ ุจِู†ِุนْู…َุชِู‡ِ ุชَุชُู…ُّ ุงู„ุตّุงู„ِุญَุงุชُ✯͜͡❂⊱• 


•._.••´¯``•.¸¸.•`   ๐ŸŽ€  ๐‘€๐’ถ๐‘”๐‘’๐“๐’ถ๐“ƒ๐‘”:  ๐ŸŽ€   `•.¸¸.•``¯´••._.•


ูกูฆ ุดูˆّุงู„ู€ู€ู€ ูกูคูคูฅ ู‡‍ู€

25 เธ„pril 2024 เน“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ๏ทบ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top