Bismillahirrohmaanirrohiim

Senin, 22 April 2024

໓iคl໐ງ iŞฯคrคt ໓คຖ ๖ēr๓คiຖ ๓คiຖ kētikค khนt๖คh วน๓'คt

 ─═हই• ⃟  ⃟   ١١ شوّالــ ١٤٤٥ هـ • ⃟  ⃟ •ইह═─

 

─═हই• ⃟  ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓

•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱•    𝐇𝐈𝐊𝐌𝐀𝐇 𝐀𝐋 𝐇𝐀𝐃𝐈𝐓𝐒𝐔 𝐀𝐒𝐘 𝐒𝐘𝐀𝐑𝐈𝐅 𝐀𝐓𝐒𝐀𝐑 𝐃𝐀𝐍 𝐐𝐎𝐔𝐋 𝐔𝐋𝐀𝐌𝐀' | ໓iคl໐ງ iŞฯคrคt ໓คຖ ๖ēr๓คiຖ ๓คiຖ kētikค khนt๖คh วน๓'คt

┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟  ⃟ •ইह═─


✯͜͡❂⊱• 001]• 𝘽𝙤𝙡𝙚𝙝𝙣𝙮𝙖 𝙆𝙝𝙤𝙩𝙝𝙞𝙗 𝘽𝙚𝙧𝙙𝙞𝙖𝙡𝙤𝙜 𝙆𝙚𝙩𝙞𝙠𝙖 𝙆𝙝𝙪𝙩𝙝𝙗𝙖𝙝 𝘿𝙖𝙣 𝘿𝙞𝙡𝙖𝙧𝙖𝙣𝙜 𝘽𝙚𝙧𝙢𝙖𝙞𝙣 𝙈𝙖𝙞𝙣 𝙎𝙖𝙖𝙩 𝙆𝙝𝙪𝙩𝙗𝙖𝙝 𝘽𝙖𝙜𝙞 𝙎𝙚𝙨𝙖𝙢𝙖 𝙅𝙖𝙢𝙖'𝙖𝙝 𝘿𝙖𝙣 𝙅𝙞𝙠𝙖 𝘼𝙙𝙖 𝙋𝙚𝙧𝙡𝙪 𝙈𝙚𝙣𝙜𝙞𝙣𝙜𝙖𝙩𝙠𝙖𝙣 𝘼𝙩𝙖𝙪 𝙈𝙚𝙡𝙖𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙊𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙇𝙖𝙞𝙣 𝘽𝙤𝙡𝙚𝙝  𝘿𝙚𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙄𝙨𝙮𝙖𝙧𝙖𝙩




• ⃟  ⃟ •ইह═🄰]• 🄰🄻 🄷🄰🄳🄸🅃🅂


1-Riwayat tentang seorang Khothib boleh berdialog dengan jama'ah


و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَعَلِيُّ بْنُ خَشْرَمٍ كِلَاهُمَا عَنْ عِيسَى بْنِ يُونُسَ قَالَ ابْنُ خَشْرَمٍ أَخْبَرَنَا عِيسَى عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ : جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَرَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- يَخْطُبُ فَجَلَسَ فَقَالَ لَهُ : 


 «يَا سُلَيْكُ قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا »


ثُمَّ قَالَ : 


«إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا».

[رواه البخاري و مسلم واللفظ له /  ٧ - كتاب الجمعة (١٤) باب التحية والامام يخطب / رقم الحديث: ٨٧٥].


Dari Jabir bin Abdullah radliyyAllahu 'anhu beliau berkata; Sulaik Al Ghathafaniy datang pada hari Jum'at, sementara Rasulullah -ﷺ- sedang berkhutbah, ia pun duduk, maka beliau pun bertanya padanya: 


"Wahai Sulaik, bangun dan shalatlah dua raka'at, kerjakanlah dengan ringan." 


Kemudian beliau bersabda: 


"Jika salah seorang dari kalian datang pada hari Jum'at, sedangkan Imam sedang berkhutbah, maka hendaklah ia shalat dua raka'at dengan ringan."

[HR. Bukhariy. Teks Milik Muslim No. 875] 


✯͜͡❂⊱•Imam Al-Hafiz Ibnu Hajar  Al Asqolaniy Al Mishriy Asy Syafi'iy menyebutkan dalam kitabnya  Fathu Al-Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy bahwa shalat 2 rakaat merupakan pengecualian dari perintah umum untuk mendengarkan khuthbah:


وَهُوَ تَخْصِيصُ عُمُومِهِ بِالدَّاخِلِ، وَأَيْضًا فَمُصَلِّي التَّحِيَّةِ يَجُوزُ أَنْ يُطْلَقَ عَلَيْهِ أَنَّهُ مُنْصِتٌ، فَقَدْ تَقَدَّمَ فِي افْتِتَاحِ الصَّلَاةِ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ سُكُوتُكَ بَيْنَ التَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةِ مَا تَقُولُ فِيهِ؟ فَأَطْلَقَ عَلَى الْقَوْلِ: سِرًّا السُّكُوتَ، 

[انظر كتاب فتح الباري بشرح البخاري : (ج ٢ ص ٤٠٩) /  ١١ - كتاب الجمعة / ٣٢ - باب إذا رأى الإمام رجلا جاء وهو يخطب أمره أن يصلي ركعتين / المؤلف: أحمد بن علي بن حجر العسقلاني الشافعي (٧٧٣ - ٨٥٢ هـ) / الناشر: المكتبة السلفية - مصر، الطبعة: «السلفية الأولى»، ١٣٨٠ - ١٣٩٠ هـ].


Dan itu adalah  kekhususan umumannya dengan dakhil (orang yang masuk masjid), dan juga orang yang shalat tahiyyatal masjid boleh disebut dengan orang yang mendengarkan khutbah, sebagaimana disebutkan dalam pembukaan shalat  dari hadits Abu  Hurairah radhiyyAllahu 'anhu yang beliau  berkata : “Wahai Rasulullah, diam anda diantara takbir dan bacaan, apa yang anda ucapkan didalamnya?” Maka beliau bersabda atas ucapan : keheningan rahasia. Selesai.


✯͜͡❂⊱•Imam Abu Zakariyya Muhyiddin An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Minhaj Syarhu Shahih Muslim Ibnu Al-Hajjaj (Juz. 6 Hal. 164):


هَذِهِ الْأَحَادِيثُ كُلُّهَا صَرِيحَةٌ فِي الدَّلَالَةِ لِمَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ وَإِسْحَاقَ وَفُقَهَاءِ الْمُحَدِّثِينَ أَنَّهُ إِذَا دَخَلَ الْجَامِعَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ اسْتُحِبَّ لَهُ أَنْ يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ ، وَيُكْرَهُ الْجُلُوسُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَهُمَا ، وَأَنَّهُ يُسْتَحَبُّ أَنْ يَتَجَوَّزَ فِيهِمَا لِيَسْمَعَ بَعْدَهُمَا الْخُطْبَةَ ...(إلى أن قال)...


وَفِي هَذِهِ الْأَحَادِيثِ أَيْضًا جَوَازُ الْكَلَامِ فِي الْخُطْبَةِ لِحَاجَةٍ ، وَفِيهَا : جَوَازُهُ لِلْخَطِيبِ وَغَيْرِهِ . وَفِيهَا الْأَمْرُ بِالْمَعْرُوفِ وَالْإِرْشَادُ إِلَى الْمَصَالِحِ فِي كُلِّ حَالٍ وَمَوْطِنٍ . 

[انظر كتاب المنهاج شرح صحيح مسلم ابن الحجاج:(ج ٦ ص ١٦٤) / كتاب الجمعة يقال بضم الميم وإسكانها وفتحها حكاهن / المؤلف: أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) / الناشر: دار إحياء التراث العربي - بيروت، الطبعة: الثانية، ١٣٩٢ ه‍ـ].


Hadits ini semuanya jelas yang menunjukkan bagi Madzhab Imam Syafi'iy, Ahmad, Ishaq, dan para Pakar Fikih dari kalangan Ahli Hadits bahwasannya ketika seseorang masuk dalam masjid Jami' sementara imam sedang berkhutbah, DISUNNAHKAN BAGINYA SHALAT 2 RAKAAT  TAHIYYATAL MASJID, DAN DIMAKRUHKAN DUDUK SEBELUM MENGERJAKAN KEDUANYA, DAN DISUNNAHKANEMPERINGAN DALAM MENGERJAKAN KEDUANYA supaya setelah mengerjakan keduanya ia dapat mendengarkan khuthbah ...(sampai dia berkata) ...


Di dalam hadis-hadis ini juga DIBOLEHKANNYA BERBICARA PADA SAAT KHOTBAH KARENA HAJAT  KEPERLUAN, dan di dalamnya: dibolehkannya bagi khatib dan selain khothib. Termasuk didalamnya memerintahkan apa yang benar dan membimbing orang kepada apa yang terbaik dalam setiap situasi dan keadaan. Selesai.


✯͜͡❂⊱•Imam Muhammad Aliy Asy Syaukaniy berkata dalam Kitabnya Nailu Al Author Syarhu Muntaqo Al Akbar (Juz. 3 Hal. 307):


قَوْلُهُ فِي حَدِيثِ الْبَابِ (وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا) فِيهِ مَشْرُوعِيَّةُ التَّخْفِيفِ لِتِلْكَ الصَّلَاةِ لِيَتَفَرَّغَ لِسَمَاعِ الْخُطْبَةِ، وَلَا خِلَافَ فِي ذَلِكَ بَيْنَ الْقَائِلِينَ بِأَنَّهَا تُشَرِّعُ صَلَاةَ التَّحِيَّةِ حَالَ الْخُطْبَةِ 

[انظر كتاب  نيل الأوطار شرح منتقى الأخبار : (ج ٣ ص ٣٠٧) / أبواب الجمعة / باب انعقاد الجمعة بأربعين وإقامتها في القرى / المؤلف: محمد بن علي بن محمد بن عبد الله الشوكاني اليمني (ت ١٢٥٠هـ) / الناشر: دار الحديث، مصر، الطبعة: الأولى  ١٤١٣هـ - ١٩٩٣مـ].


2-Riwayat tentang Kemakruhan dan hilangnya keutamaan shalat Jum'at bagi orang yang bermain main atau sembrono saat khuthbah berlangsung


و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا وَقَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- : 


«مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ وَمَنْ مَسَّ الْحَصَى فَقَدْ لَغَا».

[رواه مسلم / كِتَابُ الْجُمُعَةِ بَابُ فَضْلِ مَنِ اسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ فِي الْخُطْبَةِ حديث رقم : ١٤٧٧].


Dari Abu Hurairah radhiyyAllahu 'anhu beliau berkata; Rasulullah -ﷺ- bersabda: 


"Barangsiapa yang berwudlu, lalu ia menyempurnakan wudlunya, kemudian mendatangi Jum'at, mendengarkan (khutbah) tanpa berkata-kata, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dengan hari jum'at yang lain, ditambah tiga hari. DAN BARANGSIAPA YANG MEMEGANG-MEGANG BATU KERIKIL, MAKA IA TELAH BERBUAT KESIA-SIAAN."

[HR. Muslim No. 1477] 


✯͜͡❂⊱•Imam Abu Zakariyya Muhyiddin An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Minhaj Syarhu Shahih Muslim Ibnu Al-Hajjaj (Juz. 6 Hal. 147); 


قَوْلُهُ -ﷺ-: ومن مس الحصا لغا فيه النهى عن مس الحصا وَغَيْرِهِ مِنْ أَنْوَاعِ الْعَبَثِ فِي حَالَةِ الْخُطْبَةِ وَفِيهِ إِشَارَةٌ إِلَى إِقْبَالِ الْقَلْبِ وَالْجَوَارِحِ عَلَى الْخُطْبَةِ.

[انظر كتاب المنهاج شرح صحيح مسلم بن الحجاج :(ج ٦ ص ١٤٧) /  كتاب الجمعة يقال بضم الميم وإسكانها وفتحها حكاهن / المؤلف: أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي (ت ٦٧٦هـ)، الناشر: دار إحياء التراث العربي - بيروت، الطبعة: الثانية، ١٣٩٢ ه‍ـ].


Dan dalam Syarah An-nawawi ala muslim atas hadits Nabi “waman massa al-hasha lagha” didalamnya terdapat larangan bermain krikil dan segala macam kesia-siaan saat khutbah Jum’at. Hadits ini berisi anjuran menghadirkan hati dan badan untuk mendengarkan khutbah. Selesai.



• ⃟  ⃟ •ইह═🄱]• 🅀🄾🅄🄻 🄿🄰🅁🄰 🅄🄻🄰🄼🄰'


*꧁࿐Imam Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolaniy Al Mishriy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Fathu Al Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy (Juz. 2 Hal. 415):


وَاسْتُدِلَّ بِهِ عَلَى مَنْعِ جَمِيعِ أَنْوَاعِ الْكَلَامِ حَالَ الْخُطْبَةِ، وَبِهِ قَالَ الْجُمْهُورُ فِي حَقِّ مَنْ سَمِعَهَا، وَكَذَا الْحُكْمُ فِي حَقِّ مَنْ لَا يَسْمَعُهَا عِنْدَ الْأَكْثَرِ. قَالُوا: وَإِذَا أَرَادَ الْأَمْرَ بِالْمَعْرُوفِ فَلْيَجْعَلْهُ بِالْإِشَارَةِ.

[انظر كتاب فتح الباري بشرح البخاري : ( ج ٢ ص ٤١٥) /  ١١ - كتاب الجمعة / ٣٧ - باب الساعة التي في يوم الجمعة / المؤلف: أحمد بن علي بن حجر العسقلاني الشافعي (٧٧٣ - ٨٥٢ هـ) / الناشر: المكتبة السلفية - مصر - الطبعة: «السلفية الأولى»، ١٣٨٠ - ١٣٩٠ هـ].


Dan mengambil dalil dengannya atas pencegahan segala bentuk kalam/omongan saat khuthbah Jum'at, mayoritas ulama mengatakan didalam hak orang yang mendengarkannya, begitu juga hukum didalam hak orang yang tidak mendengarkannya, menurut kebanyakkan ulama', mereka mengatakan :  


Bahwa orang yang berkehendak  MEMERINTAH  SESUATU YANG BAIK ATAU MELARANG SESUATU YANG BURUK PADA SAAT KHUTBAH DAPAT MELAKUKANNYA DENGAN MEMBERI ISYARAT. Selesai.


*꧁࿐Dalam kesempatan lain Imam Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolaniy Al Mishriy Asy Syafi'iy juga berkata dalam Kitabnya Fathu Al Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy (Juz. 2 Hal. 414):


وَقَالَ النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ: مَعْنَى لَغَوْتُ خِبْتُ مِنَ الْأَجْرِ، وَقِيلَ بَطَلَتْ فَضِيلَةُ جُمُعَتِكَ، وَقِيلَ صَارَتْ جُمُعَتُكَ ظُهْرًا.


قُلْتُ: أَقْوَالُ أَهْلِ اللُّغَةِ مُتَقَارِبَةُ الْمَعْنَى، وَيَشْهَدُ لِلْقَوْلِ الْأَخِيرِ مَا رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ، وَابْنُ خُزَيْمَةَ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ مَرْفُوعًا : وَمَنْ لَغَا وَتَخَطَّى رِقَابَ النَّاسِ كَانَتْ لَهُ ظُهْرًا, قَالَ ابْنُ وَهْبٍ أَحَدُ رُوَاتِهِ: مَعْنَاهُ أَجْزَأَتْ عَنْهُ الصَّلَاةُ وَحُرِمَ فَضِيلَةَ الْجُمُعَةِ.

[انظر كتاب فتح الباري بشرح البخاري : ( ج ٢ ص ٤١٤) /  ١١١١ - كتاب الجمعة / ٣٦ - باب الإنصات يوم الجمعة والإمام يخطب وإذا قال لصاحبه أنصت فقد لغا / المؤلف: أحمد بن علي بن حجر العسقلاني الشافعي (٧٧٣ - ٨٥٢ هـ) / الناشر: المكتبة السلفية - مصر - الطبعة: «السلفية الأولى»، ١٣٨٠ - ١٣٩٠ هـ].


Al-Nadr bin Syamil berkata: 

“kamu melakukan perbuatan sia-sia” artinya: kamu kehilangan sebagian pahalamu,


dan dikatakan: kamu membatalkan keutamaan Jum'atmu. 


Dan dikatakan: Jum'atmu menjadi dzuhur.


Aku (Ibnu Hajar Al Asqolaniy) berkata: Ucapan para ahli bahasa itu saling bedekatan maknanya, dan perkataan terakhir yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari hadits Abdullah bin Umar radliyyAllahu 'anhuma secara marfu' : Dan barangsiapa yang lalai/sembrono dan melintasi leher orang, maka baginya wajib mengerjakan  shalat dzuhur, 


Ibnu Wahbin salah seorang perawinya berkata: Artinya cukup/sah baginya shalat jum'at dan diharamkan keutamaan shalat Jum'at. Selesai.


*꧁࿐Imam Abu Zakariyya Muhyiddin An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Minhaj Syarhu Shahih Muslim Ibnu Al-Hajjaj (Juz. 6 Hal. 138):


"فَفِي الْحَدِيث النَّهْي عَنْ جَمِيع أَنْوَاع الْكَلَام حَال الْخُطْبَة ... وَإِنَّمَا طَرِيقُهُ إِذَا أَرَادَ نَهْيَ غَيْرِهِ عَنِ الْكَلَامِ أَنْ يُشِيرَ إِلَيْهِ بِالسُّكُوتِ إِنْ فَهِمَهُ، 


فَإِنْ تَعَذَّرَ فَهْمُهُ فَلْيَنْهَهُ بِكَلَامٍ مُخْتَصَرٍ وَلَا يَزِيدُ عَلَى أَقَلِّ مُمْكِنٍ وَاخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي الْكَلَامِ هَلْ هُوَ حَرَامٌ أَوْ مَكْرُوهٌ كَرَاهَةَ تَنْزِيهٍ وَهُمَا قَوْلَانِ لِلشَّافِعَيِّ قَالَ الْقَاضِي قَالَ مَالِكٌ وَأَبُو حَنِيفَةَ وَالشَّافِعِيُّ وَعَامَّةُ الْعُلَمَاءِ يَجِبُ الْإِنْصَاتُ لِلْخُطْبَةِ. انتهى .

[انظر كتاب المنهاج شرح صحيح مسلم ابن الحجاج: (ج ٦ ص ١٣٨) / كتاب الجمعة يقال بضم الميم وإسكانها وفتحها حكاهن / بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) / الناشر: دار إحياء التراث العربي - بيروت، لطبعة: الثانية، ١٣٩٢ هـ]  


Hadits ini menunjukkan bahwa segala jenis ucapan adalah haram pada saat khutbah. … Sebaliknya cara untuk melakukannya jika seseorang ingin memberitahu orang lain untuk tidak berbicara adalah DENGAN MEMBERIKAN ISYARAT KEPADANYA untuk diam, jika dia memahaminya. Selesai.


وقد اختلف العلماء في معنى النهي الوارد في الحديث فحمله الشافعية على الكراهة، جاء في [نهاية المحتاج 2/ 320]:


 “يكره الكلام لخبر مسلم: (إذا قلت لصاحبك أنصت يوم الجمعة والإمام يخطب فقد لغوت) ومعناه: تركتَ الأدب جمعاً بين الأدلة”،


Para ulama berbeda pendapat dalam memahami makna larang yang terdapat dalam hadits, kalangan syafiiyah memahaminya sebagai perbuatan makruh,


hal ini didasarkan pada hadits riwayat muslim yang artinya: Jika kamu berkata kepada temanmu diam pada saat Jum’at dan imam sedang khutbah maka kamu telah lalai. Maksudnya kamu telah meninggalkan adab Jum’at, ini adalah hasil komparasi dari berbagai dalil. Selesai.


*꧁࿐Dar Al Ifta' Al Mishriyyah mengatakan: 


فالذي يستحب للمسلم إن أراد الأجر كاملاً في حضور خطبة الجمعة وصلاتها أن يستمع للخطيب، 


وأن لا ينشغل عن ذلك بشيء، سواء كان بكلام أو عبث بشيء بين يديه كجهاز الخلوي وغيره.


وقد نص الفقهاء على حرمة الانشغال عن الخطبة بالصلاة والنوافل، 


جاء في [نهاية المحتاج : (ج ٢ ص ٣٢١) / شروط صحة الجمعة / شروط الخطبتين في الجمعة]: 


وَكُرِهَ تَحْرِيمًا بِالْإِجْمَاعِ كَمَا قَالَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ تَنَفُّلٌ مِنْ أَحَدِ الْحَاضِرِينَ بَعْدَ صُعُودِ الْخَطِيبِ عَلَى الْمِنْبَرِ وَجُلُوسِهِ عَلَيْهِ كَمَا فِي الْمَجْمُوعِ وَإِنْ لَمْ يَسْمَعْ الْخُطْبَةَ بِالْكُلِّيَّةِ لِاشْتِغَالِهِ بِصُورَةِ عِبَادَةٍ، وَمِنْ ثَمَّ فَارَقَتْ الصَّلَاةُ الْكَلَامَ بِأَنَّ الِاشْتِغَالَ بِهِ لَا يُعَدُّ إعْرَاضًا عَنْهُ بِالْكُلِّيَّةِ، وَأَيْضًا فَمِنْ شَأْنِ الْمُصَلِّي الْإِعْرَاضُ عَمَّا سِوَى صَلَاتِهِ بِخِلَافِ الْمُتَكَلِّمِ، 


فإذا كان مسّ الحصا مكروهاً أثناء الخطبة، فإنّ العبث بالهاتف واستعمال التطبيقات مثل (واتس آب، فيسبوك) وغيره يعد أكثر إعراضاً عن الخطبة من باب أولى؛ لأنه يلهي فاعله عن الخطبة تماماً، وقد يلهي غيره أيضاً، وإذا كانت الصلاة والذكر وهي عبادات منهي عنها أثناء الخطبة، فكيف بالهاتف فالنهي عنه من باب أولى.


Maka yang dianjurkan untuk setiap muslim jika menghendaki pahala yang sempurna saat menghadiri khutbah Jum’at dan shalat Jum’at maka hendaknya ia mendengarkan khutbah.


Dan juga tidak menyibukkan diri dengan apapun, baik dengan perkataan atau kesia-siaan dengan sesuatu di hadapannya seperti alat komunikasi dan lainnya.


Para ahli hukum telah menyatakan bahwa haram  mengalihkan perhatian/sibuk  dari khotbah Jumat dengan doa dan shalat sunah.


Dinyatakan dalam [Nihayatu Al-Muhtaj: (Bagian 2, hal. 321) / Syarat sahnya shalat Jumat / Syarat dua khutbah pada hari Jumat. Karya Imam Syihabuddin Al-Ramliy Al-Syafi'iy]:


Dan memakruhkan mendekati haram dengan ijmak (konsensus), seperti yang dikatakan oleh Al-Mawardi dan lainnya mengerjakan shalat sunnah setelah khatib naik mimbar dan duduk mendengarkan khutbah saja,  seperti dijelaskan dalam kitab Al Majmu'. Dan jika ia tidak mendengarkan khuthbah keseluruhannya karena kesibukannya dengan bentuk ibadah lain, oleh karena itu, shalat terpisah pada  kata-katanya, yang keasyikannya dengan itu tidak dianggap meninggalkannya sepenuhnya, dan juga kondisi orang yang shalat tidak dihitung berpaling dari apa pun selain shalatnya, berbeda dengan orang yang ngomong,


Maka jika bermain krikil saja hukumnya makruh saat sedang khutbah, maka bermain-main dengan handphone dan menggunakan aplikasi seperti WhatsApp Facebook dan aplikasi lainnya lebih pantas lagi dihukumi makruh karena lebih banyak memalingkan dari khutbah.


Bermain dengan handphone melalaikan pelakunya dan bahkan terkadang mengganggu yang lain juga, apabila shalat dan dzikir saja yang termasuk ibadah dilarang saat khutbah maka bagaimana dengan handphone, tentu jauh lebih dilarang. Selesai.


*꧁࿐Imam Qadli  'Iyadl Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Ikmalu Al Mu'lim Bifawa'idi Muslim = Syarhu Shahih Muslim LiQodli 'Iyadl Al Malikiy (Juz. 3 Hal. 253):


"(ومن مسّ الحصا فقد لغا)، لأنه بتحريكه له وشغله به صار لاغياً مشغلاً غيره عن سماع الخطبة بصوت حركته". انتهى

[انظر كتاب شَرْحُ صَحِيح مُسْلِمِ = إِكمَالُ المُعْلِمِ بفَوَائِدِ مُسْلِم : (ج ٣ ص ٢٥٣) / ٧ - كتاب الجمعة / (٨) باب فضل من استمع وأنصت فى الخطبة / المؤلف: عياض بن موسى بن عياض بن عمرون اليحصبي السبتي، أبو الفضل (ت ٥٤٤هـ) / الناشر: دار الوفاء للطباعة والنشر والتوزيع، مصر - الطبعة: الأولى، ١٤١٩ هـ - ١٩٩٨ مـ].


‘wa man massa al-hassha faqad lagha,’ mengapa menyentuh kerikil dianggap sia-sia, karena dengan menggerakkannya dan menyibukannya maka ia menjadi lalai dan tersibukkan dengan selainnya dari mendengarkan khutbah karena sebab suara gerakan kerikil. Selesai.


✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱• 


•._.••´¯``•.¸¸.•`   🎀  𝑀𝒶𝑔𝑒𝓁𝒶𝓃𝑔:  🎀   `•.¸¸.•``¯´••._.•


١١ شوّالـــ ١٤٤٥ ه‍ـ

20 คpril 2024 ๓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top