Bismillahirrohmaanirrohiim

Rabu, 01 Januari 2014

كيفيّة رفع اليدين مع التكبير ؛ سواء في تكبيرة الإحرام أو تكبيرات الانتقال عند السنّة | BERBAGAI CARA ATAU KAIFIYYAH MENGANGKAT TANGAN BAIK DALAM TAKBIRATUL IHRAM ATAU TAKBIRATUL INTIQOOL MENURUT SUNNAH

1. BERBAGAI RIWAYAT POSISI MENGANGKAT TANGAN:

a). MENGANGKAT KEDUA TANGAN SEJAJAR DENGAN PUNDAK.
[HR. Bukhari]

Sebagaimana hadits dari Abdullah bin Umar radliyyallaahu 'anhuma :

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ أَخْبَرَنِي سَالِمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ فِي الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُونَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَكَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ حِينَ يُكَبِّرُ لِلرُّكُوعِ وَيَفْعَلُ ذَلِكَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ وَيَقُولُ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ وَلاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي السُّجُودِ.
(رواه البخاري في صحيحه  : 187:1، رقم الحديث : 736)

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muqootil. Dia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abdullah. Dia berkata : Telah menceritakan kepada kami. Dia berkata : Yunus, dari Al Zuhriy. Telah menceritakan kepadaku Salim bin Abdillah, dari Abdillah bin 'Umar radliyyallaahu 'anhuma beliau berkata :   
Aku melihat Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika berdiri dalam sholat mengangkat kedua tangannya hingga keduanya sejajar dengan pundaknya dan adalah beliau mengerjakan demikian itu ketika bertakbir untuk ruku’ dan beliau mengerjakan hal itu ketika mengangkat kepalanya dari ruku’ seraya berucap :”Sami’allohu liman hamidah” dan beliau tidak melakukannya hal tersebut pada saat sujud.
(HR. Bukhari : I/ 187 no hadits. 736)


b). MENGANGKAT KEDUA TANGAN SEJAJAR DENGAN KEDUA TELINGA.
[HR. Muslim dn Nasa'i]

Sebagaimana hadits dari Al-Huwairits radliyyallaahu 'anhu :

عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ, وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فَقَالَ : سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ , فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ.
(رواه مسلم في صحيحه  : 7/2)

Dari Malik bin Al-Huwairits radliyyallaahu 'anhu bahwa sesungguhnya Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika bertakbir mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua telinganya. Dan ketika ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya dan ketika mengangkat kepala dari ruku’, beliau berucap:”Sami’allohu liman hamidah.” Beliau mengerjakan seperti hal tersebut.
(HR Muslim II: 7)

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجَْرٍ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم إِذَا افْتَتَحَ الصَّلاَةَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى تَكَادَ إِبْهَامَاهُ تُحَاذِى شَحْمَةَ أُذُنَيْهِ.
(رواه النسائى : 123/2)

Dari Wail bin Hujr bahwa sesungguhnya ia melihat Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wasallama ketika memulai sholat mengangkat kedua tangannya hingga hampir-hampir ibu jari mendekati kedua telinganya.
( HR AN-Nasaiy II : 123).


c). MENGANGKAT KEDUA TANGAN LEBIH TINGGI DARI TELINGA.
[HR. Baihaqiy]

Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radliyyallaahu 'anhu :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ رَأَيْتُ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَدًّا يَعْنِى فِى الصَّلاَةِ.
(رواه البيهقى : 27/2 )

Dari Abu Hurorioh radliyyallaahu 'anhu  berkata:” Aku melihat Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallama  mengangkat kedua tangannya dengan memanjangkan (kedua tangannya) di dalam sholat.
(HR Al-Baihaqy II:27).


d). MENGANGKAT KEDUA TANGAN SETINGGI DADA. [HR. Abu Dawud]

Sebagaimana hadits dari Wail bin Hujrin :

عَنْ وَائِلَ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم حِيْنَ افْتَتَحَ الصَّلاَةَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَيَالَ أُذُنَيْهِ قَالَ ثُمَّ أَتَيْتُهُمْ فَرَأَيْتُهُمْ يَرْفَعُوْنَ أَيْدِيَهِمْ إِلَى صُدُوْرِهِمْ فِى إِفْتِتَاحِ الصَّلاَةِ وَعَلَيْهِمْ بَرَانِسُ.
(رواه أبو داود : 193/1 )

Dari Wail bin Hujr berkata:”Aku melihat Nabi Shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika memulai sholat mengangkat kedua tangannya ke arah telinganya. Kemudian Wail bin Hujr berkata:”Saya mendatangi mereka dan saya melihat mereka mengangkat tangan sampai pada dada-dada mereka di dalam memulai sholat dan mereka memakai baronis (mantel bertudung kepala).
(HR Abu Dawud I :193).


2. CARA MENGANGKAT TANGAN:

Membuka jari dengan tidak perlu merenggangkan dan tidak terlalu merapatkan serta menghadapkan telapak tangan ke arah kiblat. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radliyyallaahu 'anhu :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ اِذَا افْتَتَحَ الصَّلاَةَ نَشَرَ أَصَابِعَهُ نَشْرًا.
(رواه البيهقى : 27/2 )

Dari Abu Hiuroiroh radliyyallaahu 'anhu bahwa adalah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika memulai sholat merenggangkan jari-jarinya.
(HR Al-Baihaqy II : 27).


3. MENGANGKAT DUA TANGAN DILAKUKAN PADA 4 WAKTU:

a). Ketika Takbiratul Ihram.
[HR. Bukhari]

Sebagaimana hadits dari Naafi’ dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma :

عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَهُ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.
(رواه البخاري : 188/1)

Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa sesungguhnya Ibnu Umar ketika masuk sholat bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan ketika ruku’ mengangkat kedua tangannya. Dan ketika mengucap “Sami’allohu liman hamidah” mengangkat kedua tangannya dan ketika berdiri dari roka’at kedua mengangkat kedua tangannya. Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma  meriwayatkan perbuatan ini dari Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama.
(HR. Bukhari : I/ 188. Hadits Marfu')


b). Ketika Ruku'.
[HR. Bukhari]

Sebagaimana hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'annhuma :

عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.
(رواه البخاري : 188/1)

Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma
 ketika masuk sholat bertakbir dan mengangkat kedua tangannya dan ketika ruku’ mengangkat kedua tangannya dan ketika mengucap “Sami’allohu liman hamidah” mengangkat kedua tangannya dan ketika berdiri dari roka’at kedua mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma  meriwayatkan perbuatan ini dari Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama.
(HR Bukhari : I/ 188. Hadits Marfu')

c). Ketika I'tidal atau ketika bangun dr Ruku'. [HR. Bukhari]

Sebagaimana hadits dari Naafi’ dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma :

عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.
(رواه البخاري : 188/1)

Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma
 ketika masuk sholat bertakbir dan mengangkat kedua tangannya dan ketika ruku’ mengangkat kedua tangannya dan ketika mengucap “Sami’allohu liman hamidah” mengangkat kedua tangannya dan ketika berdiri dari roka’at kedua mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma  meriwayatkan perbuatan ini dari Rasulullah shalalllaahu 'alaihi wa sallama .
(HR Bukhari : I/ 188. Hadits Marfu')

d). Ketika berdiri dari Tasyahud awal.
[HR. Baihaqiy]

Sebagaimana hadits riwayat Imam Al-Baihaqy dari Aliy bin Abi Thalib, Abu Musa Al Asy'ariy, Jabir bin Abdillah Al Anshariy, Abu Hurairah,  dan dari Anas bin Malik radliyyallaahu 'anhum :

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ ، وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو ، قَالا : ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ ، ثنا بَحْرُ بْنُ نَصْرٍ ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ ، أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي الزِّنَادِ ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْفَضْلِ الْهَاشِمِيِّ ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَعْرَجِ ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ ، كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ ، وَيَصْنَعُ مِثْلَ ذَلِكَ إِذَا قَرَأَ قِرَاءَتَهُ ، وَأَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ ، وَيَصْنَعُهُ إِذَا فَرَغَ مِنَ الرُّكُوعِ ، وَلا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ صَلاتِهِ وَهُوَ قَاعِدٌ ،

وَإِذَا قَامَ مِنَ السَّجْدَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ كَذَلِكَ وَكَبَّرَ " ،

وَقَدْ رُوِّينَا هَذَا الْحَدِيثَ ، عَنْ أَبِي مُوسَى الأَشْعَرِيِّ ، وَجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الأَنْصَارِيِّ ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ ، وَأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .
(رواه البيهقى في السنن الكبرى  : 137/2، رقم الحديث : 2303. حديث مرفوع)

Telah menceritakan kepada kami Abu Abdillah Al Hafidz, dan Abi Sa'iidin bin Abi 'Amrin, mereka berdua mengatakan : Telah menceritakan kepada kami Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub, Telah menceritakan kepadaku Bahru bin Nashrin, Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Wahbin,  Telah mengabarkan kepadaku Ibnu Abi Al Zinad, dari Musa bin 'Uqbah, dari Abdillah bin Al Fadl Al Hasimiy, dari Abdir Rahman Al A'rajiy, dari 'Ubaidillah bin Abi Rafi', dari Aliy bin Abi Thalib radliyyallahu 'anhu, dari Rasulillahi shalallaahu 'alaihi wasallama : Ketika Rasulullah akan mendirikan Shalat Maktubah, beliau bertakbir dan mengangkat kedua tangannya sejajar dengan kedua pundaknya, beliau juga melakukannya seperti itu setelah menyelesaikan bacaannya,      dan melakukannya seperti Itu ketika akan melakukan ruku', dan beliau melakukannya ketika akan bangun dari ruku', dan beliau tidak mengangkat kedua tangannya sama sekali ketika beliau shalat dalam keadaan duduk. 

Dan ketika berdiri dari dua sujud, juga bertakbir dan mengangkat kedua tangannya .

Dan sungguh kami telah meriwayatkan hadits ini dari Abu Musa Al Asy'ariy, Jabir bin Abdillah Al Anshariy, Abi Hurairah, dan Anas bin Malik, dari Rasulillah shalallaahu 'alaihi wasallama.
(HR. Al-Baihaqy Fi Al Sunan Al Kubra : II/ 137, no hadits. 2303)


4. RIWAYAT TENTANG WAKTU TAKBIR DAN MENGANGKAT TANGAN:

a). Mengangkat bersamaan dengan Takbir.
[HR. Bukhari]

Sebagaimana hadits dari Abdullah bin Umar radliyyallaahu 'anhuma  :

عَنْ عَبْدِ الله بْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم افْتَتَحَ التَّكْبِيْرَ فِى الصَّلاَةِ فَرَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ يُكَبِّرُ حَتَّى يَجْعَلَهُمَاحَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا كَبَّرَ لِلرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَهُ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَهُ وَقَالَ :رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ حِيْنَ يَسْجُدُ وَلاَ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ .
(رواه البخاري : 188/1)

Dari Abdullah bin Umar radliyyallaahu 'anhuma  berkata:”Saya melihat Nabi shalallaahu 'alaihi wa sallama membuka sholat dengan takbir , mengangkat kedua tangannya ketika bertakbir sehingga menjadikan kedua tangannya sejajar dengan dua pundaknya , dan ketika bertakbir dari ruku’ mengerjakan yang semisalnya dan ketika mengucapkan “Sami’allohu Liman Hamidah” melakukan yang seperti itu, dan berucap:’Robbana lakalhamdu “ dan tidak melakukan yang demikian itu ketika akan sujud dan tidak pula ketika mengangkat kepalanya dari sujud.
(HR Bukhari : I/ 188)

b). Mengangkat sebelum Takbir.
[HR. Muslim]

Sebagaimana hadits dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma :

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم إِذَا قَامَ لِلصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى تَكُوْنَا حَذْوَمَنْكِبَيْهِ ثُمَّ كَبََّرَ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَإِذَا رَفَعَ مِنَ الرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَلاَ يَفْعَلُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ.
(رواه مسلم : 6/2)

Dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma  berkata: Adalah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika berdiri untuk melakukan sholat mengangkat kedua tangannya sehingga sejajar dengan kedua pundaknya , kemudian bertakbir . Maka ketika hendak ruku’ melakukan seperti itu, dan ketika bangun dari ruku’ melakukan seperti itu juga , dan tidak melakukan itu ketika mengangkat kepalanya dari sujud.
(HR. Muslim. : II/ 6)

c). Bertakbir sebelum mengangkat tangan.
[HR. Baihaqiy]

Sebagaimana hadits dari Ibnu Qilabah radliyyallaahu 'anhu :

عَنْ ابْنِ قِلاَبَةَ أَنَّهُ رَأَى مَالِكَ بْنَ الْحُوَيْرِثِ إِذَا صَلَّى كَبَّرَ ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَحَدَثَ أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ يَفْعَلُ هَذَا.
(رواه البيهقى : 27/2)

Dari Ibnu Qilabah bahwa sesungguhnya dia melihat Malik bin Al-Huwairits ketika sholat bertakbir kemudian mengangkat kedua tangannya, dan ketika hendak ruku’ mengangkat kedua tangannya, dan ketika mengangkat kepalanya dari ruku’ mengangkat kedua tangannya dan Ibnu Qilabah menceritakan bahwa Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama juga melakukan seperti itu.
( HR Al-Baihaqy II :27)

Imam Malik, Imam Syafi'i, dan Imam Ahmad mengatakan : Mengangkat kedua tangan hingga sejajar kedua pundak.

Imam Abu Hanifah mengatakan : Mengankat tangan hingga sejajar dengan kedua telinga.
{Lihat Kitab Ibanatu Al Ahkam Syarhu Bulugh Al Maram Karya As Sayyid Alwi Al Malikiy Al Hasaniy dan Syaikh Hasan Sulaiman Al Nuuriy : 1/ 297, cet. Pertama, th. 1416 H / 1996 M, Daar Al Fikr}

وقال مالك والشافعي واحمد : رفع اليدين حتّى تكون إلى المنكبين، وقال أبو حنيفة : رفع اليدين حتّى تكون حذو الأدنين.
{انظر كتاب إبانة الأحكام شرح بلوغ المرام للامام السيد علوي المالكي والشيخ حسن سليمان النوري : 1/ 297، الطبعة الأولى، السنة : 1416 هــ / 1996 مــ، دار الفكر}

CATATAN:
Takbir pd awal shalat dinamakan Takbiratul Ihram, sedangkan pd gerakan peralihan gerakan shalat dinamakan Takbiratul Intiqol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top