•⊰❂͜͡✯❁ ٢٢ شعبان ١٤٤٥ هـ ❁✯͜͡❂⊱•
─═हই• ⃟ ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓
•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• 𝕳𝖎𝖐𝖒𝖆𝖍 𝕳𝖆𝖉𝖎𝖙𝖘 𝕹𝖆𝖇𝖎 𝕸𝖚𝖍𝖆𝖒𝖒𝖆𝖉 -ﷺ- 𝕯𝖆𝖓 𝕬𝖙𝖘𝖆𝖗 𝕻𝖆𝖗𝖆 𝕾𝖆𝖍𝖆𝖇𝖆𝖙 𝕽𝖆𝖉𝖑𝖎𝖞𝖞𝕬𝖑𝖑𝖆𝖍𝖚 '𝕬𝖓𝖍𝖚𝖒 | ⨍ꪱׁׅƙׁׅ֑ꪱׁׅhׁׅ֮ ℘υׁׅɑׁׅ֮꯱ׁׅ֒ɑׁׅ֮ | ʍɛռɛʟǟռ ʟʊɖǟɦ ʍɛռƈɨƈɨքɨ ʍǟӄǟռǟռ ʍɛռɢʊռʏǟɦ ʍǟӄǟռǟռ ʊռȶʊӄ ǟռǟӄ ӄɛƈɨʟ ӄɛȶɨӄǟ քʊǟֆǟ
┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟ ⃟ •ইह═─
*꧁࿐💫004]• Perkara Perkara Yang Diperbolehkan Terkait Ketika Memasak Mengetahui Kondisi Makanan Mengunyah Untuk Meloloh Anak Kecil Ketika Dalam Keadaan Berpuasa Menurut Hadits Atsar Dan Ulama' Madzhab
A]• DASAR HADITS DAN ATSAR
✯͜͡❂⊱•1. Mencicipi Makanan Cuka Madu Untuk Mengetahui Basi Atau Belum Ketika Puasa
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ ، عَنْ إِسْرَائِيلَ ، عَنْ جَابِرٍ ، عَنْ عَطَاءٍ ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ :
لَا بَأْسَ أَنْ يَذُوقَ الْخَلَّ أَوِ الشَّيْءَ ، مَا لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ وَهُوَ صَائِمٌ
[رواه ابن أبي شيبة في مصنفه / كِتَابُ الصِّيَامِ / فِي الصَّائِمِ يَتَطَعَّمُ بِالشَّيْءِ / رقم الحديث: ٩١٢٤].
Dari Ibnu Abbas radliyaAllahu 'anhuma beliau berkata:
“Tidak masalah apabila seseorang mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk pada kerongkongan, dan ia dalam keadaan berpuasa.”
[HR. Ibnu Abi Syaibah Dalam Mushonafnya No. 9124].
•ইह═─
2. Mengunyah Makanan Untuk Anak Kecil Ketika Puasa
Imam Abdur Rozaq membawakan beberapa riwayat di antaranya :
عَبْدُ الرَّزَّاقِ ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ ، عَنْ يُونُسَ ، عَنِ الْحَسَنِ قَالَ :
" رَأَيْتُهُ يَمْضُغُ لِلصَّبِيِّ طَعَامًا ، وَهُوَ صَائِمٌ "
قَالَ : " يَمْضُغُهُ ثُمَّ يُخْرِجُهُ مِنْ فِيهِ يَضَعُهُ فِي فَمِ الصَّبِيِّ " ،
قَالَ يُونُسُ : وَكُنْتُ أَدْخُلُ عَلَيْهِ ، وَهُوَ صَائِمٌ فِي شِدَّةِ الْحَرِّ فَيَتَمَضْمَضُ بِالْمَاءِ يَمُجُّهُ مِنَ الظُّهْرِ إِلَى الْعَصْرِ ، وَذَلِكَ فِي رَجَبٍ .
[أخرجه عبد الرزاق في مصنفه / كتاب الصيام / باب المرأة تمضغ لصبيها وهي صائمة وتذوق الشيء / رقم الحديث: ٧٥١٢].
Dari Al Hasan rahimahullahu, beliau berkata :
“Aku melihat beliau mengunyah makanan untuk anak kecil –sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa-. Beliau mengunyah kemudian beliau mengeluarkan hasil kunyahannya tersebut dari mulutnya, lalu diberikan pada mulut anak kecil tersebut.”
[HR. Abdurrazaq Dalam Mushonafnya No. 7512].
أخرجه ابن أبي شيبة في المصنف / كتاب الصيام / في الصائمة تمضغ لصبيها :
( ١ ) حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ عَنْ مُغِيرَةَ عَنْ إبْرَاهِيمَ قَالَ :
لَا بَأْسَ أَنْ تَمْضُغَ الْمَرْأَةُ لِصَبِيِّهَا وَهِيَ صَائِمَةٌ مَا لَمْ تَدْخُلْ حَلْقَهَا .
( ٢ ) حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ شَرِيكٍ عَنْ سُلَيْمَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ :
لَا بَأْسَ أَنْ تَمْضُغَ الْمَرْأَةُ لِصَبِيِّهَا وَهِيَ صَائِمَةٌ .
*꧁࿐3. Mencicipi Makanan Selama Tidak Tertelan Hingga Kerongkongan
وأخرجه الإمام سراج الدين أبو حفص عمر بن علي بن أحمد الأنصاري الشافعي المعروف بـ ابن الملقن (٧٢٣ - ٨٠٤ هـ) في كتابه التوضيح لشرح الجامع الصحيح / كتاب الصوم / باب اغتسال الصائم (ج ١٣ ص ١٩٦):
وَأَثَرُ ابْنِ عَبَّاسٍ أَخْرَجَهُ الْبَيْهَقِيُّ مِنْ حَدِيثِ شَرِيكٍ عَنْ سُلَيْمَانَ، عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْهُ ، وَابْنُ أَبِي شَيْبَةَ، عَنْ وَكِيعٍ، عَنْ إِسْرَائِيلَ، عَنْ جَابِرٍ، عَنْ عَطَاءٍ عَنْهُ قَالَ:
لَا بَأْسَ أَنْ يَذُوقَ الْخَلَّ أَوِ الشَّيْءَ مَا لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ وَهُوَ صَائِمٌ،
Waqi’ telah menceritakan kepada kami, dari Israil, dari Jabir, dari ‘Atho, dari Ibnu ‘Abbas radliyyAllahu 'anhuma beliau berkata:
‘Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa MENCICIPI CUKA ATAU SESUATU (MAKANAN) selama tidak masuk ke kerongkongannya” (H.R. Ibnu Abi Syaibah)
وَعَنِ الْحَسَنِ : لَا بَأْسَ أَنْ يَتَطَاعَمَ الصَّائِمُ الْعَسَلَ وَالسَّمْنَ وَنَحْوَهُ وَيَمُجَّهُ،
وَعَنْ مُجَاهِدٍ وَعَطَاءٍ : لَا بَأْسَ أَنْ يَتَطَعَّمَ الصَّائِمُ مِنَ الْقِدْرِ، وَعَنِ الْحَكَمِ نَحْوُهُ، وَفَعَلَهُ عُرْوَةُ ،
وَقَالَتْ عَائِشَةُ فِي شَرَابٍ سَقَتْهُ لِأَضْيَافِهَا وَقَالَتْ: لَوْلَا أَنِّي صَائِمَةٌ لَذُقْتُهُ ...(إلى أن قال)...
“Sayyidatna Aisyah radliyyAllahu 'anha berkata tentang minuman yang beliau hidangkan kepada tamu-tamunya :
‘Sekiranya aku tidak (sedang) berpuasa, tentu aku akan mencicipinya”.
وَقَالَ ابْنِ عَبَّاسٍ : لَا بَأْسَ أَنْ تَمْضُغَ الصَّائِمَةُ لِصَبِيِّهَا الطَّعَامَ، وَهُوَ قَوْلُ الْحَسَنِ الْبَصْرِيِّ وَالنَّخْعِيِّ ،
وَكَرِهَهُ مَالِكٍ وَالثَّوْرِيُّ وَالْكُوفِيُّونَ إِلَّا لِمَنْ يَجِدُ بُدًّا مِنْ ذَلِكَ، وَبِهِ صَرَّحَ أَصْحَابُنَا، وَعَلَيْهِ حَمْلُ الْأَثَرِ،
Sayyidina Ibnu Abbas radliyaAllahu 'anhuma mengatakan :
“Tidak masalah bagi perempuan yang berpuasa mengunyah makanan untuk bayinya, dan ini merupakan pendapat dari Imam Hasan Basri dan Imam Nakha’i. Sedangkan menurut Imam Malik, Imam ats-Tsauri, dan pra ulama Kuffah, hukumnya adalah makruh kecuali memang tidak ada pilihan lain, dan Inilah yang dinyatakan oleh rekan-rekan kami (Syafi'iyyah), dan dampaknya didasarkan pada hal tersebut. Selesai.
B]• PENDAPAT ULAMA'
*꧁࿐1. 𝕾𝖞𝖆𝖋𝖎'𝖎𝖞𝖞𝖆𝖍
MENELAN AIR LIUR TIDAK MEMBATALKAN PUASA dengan syarat :
a. Air liurnya murni tidak tercampur benda lain.
b. Air liur tidak keluar dari batas mulut, jika sudah keluar dari batas mulut kemudian menelannya kembali batal puasanya.
c. Air liur terkumpul menurut kebiasaan jika dengan sengaja mengumpulkannya, kemudian menelannya maka batal puasanya.
Apabila seseorang yang berpuasa itu MENCICIPI MAKANAN DAN TIDAK MENELANNYA, atau dia MENGUNYAH ROTI DAN SELAINNYA NAMUN TIDAK MENELANNYA, atau seseorang itu MENGUMPULKAN AIR LIUR DI DALAM MULUTNYA, atau SEEKOR LALAT MASUK KE DALAM RONGGA MULUTNYA SENGAJA, atau dia SEDANG MENGADUK GANDUM ATAU TEPUNG DAN selainnya lalu dia membuka mulutnya dan masuk sedikit debu, atau tertelan sedikit air berkumur atau istinsyak tanpa berlebihan (dalam perbuatan tersebut), MAKA KESEMUANYA TIDAK MEMBATALKAN PUASA.
DAN MENJULURKAN LIDAH YANG TERDAPAT AIR LIURNYA secara berulang ulang tidak membatalkan puasa
قال الإمام أبو زكريا محيي الدين بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦ هـ) في كتابه المجموع شرح المهذب / كتاب الصيام / مذاهب العلماء في نية الصوم (ج ٦ ص ٣١٧ - ٣١٨):
ابْتِلَاعُ الرِّيقِ لَا يُفْطِرُ بِالْإِجْمَاعِ إذَا كَانَ عَلَى الْعَادَةِ لِأَنَّهُ يَعْسُرُ الِاحْتِرَازُ مِنْهُ
قَالَ أَصْحَابُنَا: وَإِنَّمَا لَا يُفْطِرُ بِثَلَاثَةِ شُرُوطٍ (أَحَدُهَا) أَنْ يَتَمَحَّضَ الرِّيقُ فَلَوْ اخْتَلَطَ بِغَيْرِهِ وَتَغَيَّرَ لَوْنُهُ أَفْطَرَ بِابْتِلَاعِهِ ...(إلى أن قال)...
(الشَّرْطُ الثَّانِي) أَنْ يَبْتَلِعَهُ مِنْ مَعْدِنِهِ فَلَوْ خَرَجَ عَنْ فِيهِ ثُمَّ رَدَّهُ بِلِسَانِهِ أَوْ غَيْرِ لِسَانِهِ وَابْتَلَعَهُ أَفْطَرَ قَالَ أَصْحَابُنَا حَتَّى لَوْ خَرَجَ إلَى ظَاهِرِ الشَّفَةِ فَرَدَّهُ وَابْتَلَعَهُ أَفْطَرَ لِأَنَّهُ مُقَصِّرٌ بِذَلِكَ وَلِأَنَّهُ خَرَجَ عَنْ مَحَلِّ الْعَفْوِ ...(إلى أن قال)...
(الشَّرْطُ الثَّالِثُ) أَنْ يَبْتَلِعَهُ عَلَى الْعَادَةِ فَلَوْ جَمَعَهُ قَصْدًا ثُمَّ ابْتَلَعَهُ فَهَلْ يُفْطِرُ فِيهِ وَجْهَانِ مَشْهُورَانِ ذَكَرَهُمَا الْمُصَنِّفُ بِدَلِيلِهِمَا (أَصَحُّهُمَا) لَا يُفْطِرُ وَلَوْ اجْتَمَعَ رِيقٌ كَثِيرٌ بِغَيْرِ قَصْدٍ بِأَنْ كَثُرَ كَلَامُهُ أَوْ غَيْرُ ذَلِكَ بِغَيْرِ قَصْدٍ فَابْتَلَعَهُ لَمْ يُفْطِرْ بِلَا خِلَافٍ..انتهى
✯͜͡❂⊱•Imam Abu Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf Al-Nawawiy Al-Syafi'iy (w. 676 H) mengatakan dalam kitabnya Al-Majmu' Syarhu Al-Muhadzdzab / Kitab Puasa / Doktrin Ulama Madzhab Dalam Niat Puasa (Vol. 6, Hal.317-318):
“Menelan air liur itu tidak membatalkan puasa sesuai kesepakatan para ulama.
Hal ini berlaku jika orang yang berpuasa tersebut memang biasa mengeluarkan air liur. Sebab susahnya memproteksi air liur untuk masuk kembali.”
“Menelan ludah tidak membatalkan puasa dengan tiga syarat.
(Pertama), AIR LIUR HARUS MURNI. Apabila bercampur dengan benda lain dan merubah warna air liur itu maka batal puasanya.
(Kedua), AIR LIUR YANG MASUK KE TUBUH ADALAH AIR LIUR YANG KELUAR DARI TUBUHNYA SENDIRI. Apabila liur itu keluar dari mulutnya lalu mengembalikan dengan lidahnya dan menelannya maka batal puasanya. Sehingga, kalau air liur keluar ke bibir luar lalu dikembalikan lagi ke dalam dan menelannya maka itu membatalkan puasa karena hal itu dianggap sembrono dan keluar dari tempat yang dimaafkan.
(Ketiga), MENELAN AIR MENURUT KEBIASAAN. Apabila mengumpulkan liur secara sengaja lalu menelannya apakah hal itu membatalkan? Ada dua pendapat yang masyhur. Yang paling sahih tidak batal.”
وقال أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) في كتابه فَتَّاوَى الإِمامِ النَّوَوَيِ المُسمَّاةِ: بالمَسَائِل المنْثورَةِ ـ مسألة / كتاب الصيام (ص ٩٠):
إِذا ذاق الصائم طعامًا ولم يبلعْه، أو مضغ الخبز، أو نحوَه ولم يبلعه، أَو جمع الريق في فيه ثم ابتلعه، أو دخلت ذبابة في جوفه بغير اختياره، أو كان يغربل حِنطة، أو دقيقًا، أو غيرَهما وفتح فمه فدخله شيء من الغبار، أو سبقه ماء المضمضمة، أو الاستنشاق من غير مبالغة هل يُفطر؟ الجواب: لا يفطر في جميع ذلك، والله أعلم. انتهى.
✯͜͡❂⊱•Imam Abu Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf Al-Nawawiy Al-Syafi'iy (w. 676 H) mengatakan dalam kitabnya Fatawa Al Imam Al-Nawawiy berjudul: Bi Al-Masā'īl al-Mantsūrah - Madalah /Kitab Puasa (Hlm. 90):
Apabila seseorang yang berpuasa itu MENCICIPI MAKANAN DAN TIDAK MENELANNYA, atau dia MENGUNYAH ROTI DAN SELAINNYA NAMUN TIDAK MENELANNYA, atau seseorang itu MENGUMPULKAN AIR LIUR DI DALAM MULUTNYA, atau SEEKOR LALAT MASUK KE DALAM RONGGA MULUTNYA SENGAJA, atau dia SEDANG MENGADUK GANDUM ATAU TEPUNG DAN selainnya lalu terbuka mulutnya dan masuk sedikit debu, atau tertelan sedikit air berkumur atau istinsyak tanpa berlebihan (dalam perbuatan tersebut), apakah ini membatalkan puasa ?
Jawapan: KESEMUANYA INI TIDAK MEMBATALKAN PUASA. Selesai.
وقال الإمامان أحمد سلامة القليوبي وأحمد البرلسي عميرة في كتابهما حاشيتا قليوبي وعميرة / كتاب الصيام / فصل شرط الصوم من حيث الفعل (ج ٢ ص ٧٢):
لَوْ أَخْرَجَ اللِّسَانَ وَعَلَيْهِ الرِّيقُ ثُمَّ رَدَّهُ وَابْتَلَعَ مَا عَلَيْهِ لَمْ يُفْطِرْ فِي الأَصَحِّ , لأَنَّ اللِّسَانَ كَيْفَمَا تَقَلَّبَ مَعْدُودٌ مِنْ دَاخِلِ الْفَمِ فَلَمْ يُفَارِقْ مَا عَلَيْهِ مَعْدِنُهُ. انتهى
✯͜͡❂⊱•Imam Ahmad Salamah Al-Qalyubiy dan Ahmad Al-Burlusiy Amirah mengatakan dalam bukunya Hasyiyyata Qalyubiy Wa Amirah / Kitab Puasa / Bab Syarat Puasa Ditinjau dari Amalannya (Vol. 2, Hal. 72):
Demikian pula hukumnya, jika orang yang berpuasa MENGELUARKAN LIDAH YANG DI ATASNYA TERDAPAT AIR LUDAH KEMUDIAN MEMASUKKANNYA KEMBALI DAN MENELAN APA YANG ADA DI ATASNYA, MAKA MENURUT PENDAPAT YANG PALING SAHIH, ITU TIDAK MEMBATALKAN PUASA. Karena lidah, sekalipun bolak-balik dijulurkan dan dimasukkan, tidak ada bedanya. Selesai
✯͜͡❂⊱•Imam Zakariyya Al Anshariy Asy Syafi'iy dalam kitab Fathul Wahhab Bi Syarh Minhajit Thullab, hlm. 1/120, menjelaskan:
(لاَ) ترك (قلع نخامة ومجها) فلا يجب فلا يفطر بهما لأن الحاجة اليهما مما تتكرر (ولو نزلت) من دماغه وحصلت (في حد ظاهر فم فجرت) الى الجوف (بنفسها وقدر على مجها أفطر) لتقصيره بخلاف ما إذا عجزعنه.
Tidak wajib mengeluarkan dahak dan melepehnya. Maka tidak wajib dan tidak membatalkan puasa disebabkan mengeluarkan dan melepehkan karena dibutuhkannya akan hal tersebut secara berulang-ulang. Apabila dahak itu turun dari otaknya dan sampai pada batas luar mulut lalu mengalir ke jauf (rongga) dengan sendirinya dan dia mampu untuk melepehnya (tapi tidak dikeluarkan) maka itu membatalkan puasa karena dianggap sembrono. Beda halnya apabila dia tidak mampu melakukan itu (maka tidak batal puasanya). Selesai.
✯͜͡❂⊱•Imam Zainuddin Al Malibariy di dalam kitab Fathul Muin : hal 56, telah memberikan penjelasannya :
(و) لايفطر (بريق طاهرصرف) اي خالص ليبتلعه (من معدنه) وهو جميع الفم ولو بعد جمعه على الأصح
“Tidak membatalkan puasa sebab menelan ludah yang suci dan murni dari sumbernya yakni dari semua bagian mulut meskipun setelah dikumpulkan (ludahnya terlebih dahulu) demikian menurut pendapat yang paling shahih.” Selesai.
وقال الإمام أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) في كتابه المجموع شرح المهذب / كتاب الصيام / للصائم المضمضة والاستنشاق في وضوئه (ج ٦ ص ٣٥٥):
قَالَ الْمُتَوَلِّي وَغَيْرُهُ : إذَا تَمَضْمَضَ الصَّائِمُ لَزِمَهُ مَجُّ الْمَاءِ , وَلا يَلْزَمُهُ تَنْشِيفُ فَمِهِ بِخِرْقَةٍ وَنَحْوِهَا بِلا خِلافٍ اهـ .
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Abu Zakariyya Muhyiddin bin Syaraf Al-Nawawiy Al-Syafi'iy (w. 676 H) mengatakan dalam kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab / Kitabu Ash Shiyami / Lishsho'imi Al Madlmadloti Wa Al Istinsyaq Fi Wudlu'ihi (Juz 6 Hal 355):
Al-Mutawalliy dan beberapa ulama yang lain berkata: Orang yang berkumur-kumur pasti menyemburkan air yang dikumurnya melalui bibir. Dan, para ulama sepakat, ia tidak wajib mengelap bibirnya yang basah itu dengan kain atau dengan apapun. Selesai.
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Syaikh Sulaiman Al Makki Asy Syafi'iy berkata dalam kitabnya At-Tsimarul Yani’ah Fi Ar Riyadhi Al Badi’ah (Hal. 157):
وَيُكْرَهُ ذَوْقُ الطَّعَامِ أَوْ غَيْرِهِ لِمَا فِيْهِ مِنْ تَعْرِيْضِ الصَّوْمِ لِلْفَسَادِ، وَهَذا اِذَا لَمْ تَكُن حَاجَة. أَمَّا الطَّبَّاخُ رَجُلًا كَانَ أَوْ اِمْرَأَةً فَلاَ يُكْرَهُ لَهُ ذَلِكَ كَمَا لَايُكْرَهُ المَضْغُ لِطِفْلٍ
“DIMAKRUHKAN (BAGI ORANG BERPUASA) MENCICIPI MAKANAN ATAU SELAINNYA, karena hal tersebut bisa berpotensi membatalkan puasa. Dan (hukum makruh) ini apabila tidak ada kebutuhan (hajat). SEDANGKAN JURU MASAK, BAIK LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN, MAKA TIDAK MAKRUH BAGINYA UNTUK MENCICIPI MAKANAN, sebagaimana tidak dimakruhkan mengunyah (makanan) untuk anak kecil.”
[Lihat Kitab At-Tsimaru Al Yani’ah Fi Ar Riyadhi Al Badi’ah : Hal. 157. Karya Syaikh Sulaiman Al Makkiy Asy Syafi'iy. Cet. Beirut, Darul Kutub Ilmiah].
وقال الإمام ابن حجر الهيثمي في كتابه تحفة المحتاج في شرح المنهاج / كتاب الصيام / فصل في شروط الصوم / فرع الوصال بين صومين شرعيين :
( وَ ) عَنْ ( ذَوْقِ الطَّعَامِ ) وَغَيْرِهِ بَلْ يُكْرَهُ خَوْفًا مِنْ وُصُولِهِ إلَى حَلْقِهِ. انتهى
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Ibnu Hajar al-Haitamiy Asy Syafi'iy berkata dalam kitabnya Tuhfat Al-Muhtaj Fi Syarhi Al-Minhāj / Kitab Puasa / Bab Syarat-Syarat Puasa / Cabang Penghubung Dua Puasa yang Sah:
(Dan) tentang (mencicipi makanan) dan lainnya, melainkan DIMAKRUHKAN karena takut makanan itu sampai ke tenggorokannya. Selesai.
وقال الإمام أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦ هـ) في كتابه روضة الطالبين وعمدة المفتين / كتاب الصيام / فصل في سنن الصوم (ج ٢ ص ٣٦٩):
وَذَوْقُ الشَّيْءِ ، وَمَضْغُ الطَّعَامِ لِلطِّفْلِ ، وَكُلُّ ذَلِكَ لَا يُبْطِلُ الصَّوْمَ . انتهى
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Al-Nawawiy Al-Syafi’iy berkata dalam kitabnya Raudlatu Al-Thalibin Wa Umdatu Al-Muftin / Kitab Puasa / Bab Sunnah Puasa (Juz. 2 Hal. 369):
Mencicipi sesuatu, dan mengunyah makanan untuk anak, SEMUA ITU TIDAK MEMBATALKAN PUASANYA. Selesai.
وقال الإمام أبو الحسين يحيى بن أبي الخير بن سالم العمراني اليمني الشافعي (ت ٥٥٨هـ) في كتابه البيان في مذهب الإمام الشافعي / كتاب الصيام / مسألة: القبلة للصائم (ج ٣ ص ٥٣٤):
ويكره للصائم مضغ الخبز، فإن كان معه صبي يحتاج إلى مضغ الخبز له.. لم يكره؛ لأنه موضع ضرورة، فإن نزل إلى حلقه.. أفطر
“Dimakruhkan bagi orang yang berpuasa mengunyah roti. Jika dia bersama anak kecil yang membutuhkan bantuan kunyahan, maka tidak dimakruhkan, karena posisinya adalah darurat. Apabila sampai masuk tenggorokan, puasanya batal.” Selesai.
وقال الشبخ سليمان بن عمر بن منصور العجيلي الأزهري، المعروف بالجمل الشافعي (ت ١٢٠٤هـ) في كتابه فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب المعروف بحاشية الجمل / فصل في أركان الصوم / فرع إذا انتصف شعبان حرم الصوم بلا سبب (ج ٢ ص ٣٢٩):
وَكَذَا الذَّوْقُ مَكْرُوهٌ أَيْضًا اهـ رَشِيدِيٌّ وَهَذَا إذَا كَانَ لِغَيْرِ حَاجَةٍ أَمَّا لَهَا فَلَا يُكْرَهُ كَأَنْ يَذُوقَ الطَّعَامَ مُتَعَاطِيهِ لِغَرَضِ إصْلَاحِهِ فَلَا يُكْرَهُ وَإِنْ كَانَ عِنْدَهُ مُفْطِرًا آخَرُ؛ لِأَنَّهُ قَدْ لَا يَعْرِفُ إصْلَاحَهُ مِثْلَ الصَّائِمِ اهـ. ع ش عَلَى م ر.
‘kemakruhan mengunyah’, begitu pula mencicipi makanan, hukumnya juga makruh. Demikian kata Rasyidi. Kemakruhan mencicipi makanan tersebut apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak. Jika memang ada kebutuhan mendesak, hukumnya juga tidak makruh seperti orang mencicipi makanan untuk mengetahui sudah enak atau belum, hukumnya tidak makruh meskipun mempunyai konsekuensi membatalkan (jika tertelan) karena semacam orang puasa tidak akan bisa mengetahui makanan sudah lezat atau belum (kecuali dengan mencicipi). Demikian menurut Ali Sibromulisi atas Ramli.” Selesai.
وقال الإمام سراج الدين أبو حفص عمر بن علي بن أحمد الأنصاري الشافعي المعروف بـ ابن الملقن (٧٢٣ - ٨٠٤ هـ) في كتابه التوضيح لشرح الجامع الصحيح / كتاب الصوم / باب اغتسال الصائم :
وَعِنْدَنَا: يُسْتَحَبُّ لَهُ أَنْ يَحْتَرِزَ عَنْ ذَوْقِ الطَّعَامِ خَوْفَ الْوُصُولِ إِلَى حَلْقِهِ، وَقَالَ الْكُوفِيُّونَ: إِذَا لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ لَا يُفْطِرُ ، وَصَوْمُهُ تَامٌّ وَهُوَ قَوْلُ الْأَوْزَاعِيِّ، وَقَالَ مَالِكٍ : أَكْرَهُهُ وَلَا يُفْطِرُ إِنْ لَمْ يَدْخُلْ حَلَقُهُ، وَهُوَ مِثْلُ قَوْلِنَا .
*꧁࿐2. 𝕳𝖆𝖓𝖆𝖋𝖎'𝖎𝖞𝖞𝖆𝖍
LUDAH ORANG PUASA MENGALIR KE DAGUNYA DALAM KEADAAN TIDUR ATAU TIDAK TIDUR, jika menelannya sebelum terputus (terlepas) dari dirinya MAKA TIDAK MEMBATALKAN PUASA.
APABILA LUDAH TERPUTUS DARI MULUT LALU MENGAMBIL DAN MENELANNYA maka membatalkan puasa.
JIKA MENELAN LUDAH ORANG LAIN ATAU LUDAH TERKUMPUL DI MULUT LALU MENELANNYA maka hukumnya makruh DAN TIDAK MEMBATALKAN PUASA.
DAN JIKA BERBICARA DAN BIBIR BASAH OLEH LUDAH ATAU SEJENISNYA, lalu menelannya, MAKA ITU TIDAK MEMBATALKAN PUASA.
DIMAKRUHKAN SEORANG WANITA MENGUNYAH MAKANAN UNTUK ANAKNYA jika hal tersebut mengharuskan baginya tidak ada orang sedang tidak berpuasa untuk mengunyahkannya, karena kebutuhan yang mendesak. Dan boleh baginya untuk membatalkan puasanya karena unsur kebutuhan anaknya.
DIMAKRUHKAN orang yang berpuasa MENCICIPI MADU, MINYAK SAMIN, MINYAK ZEIT, ATAU SEJENISNYA DENGAN LIDAHNYA UNTUK MENGETAHUI KWALITAS BAIK ATAU BURUKNYA, jika diprediksikan semua itu tidak masuk ke dalam tenggorokannya. Demikian pula DIMAKRUHKAN WANITA UNTUK MENCICIPI KUAH MADAKANNYA UNTUK MENGETAHUI RASA MASAKANNYA, karena dikhawatirkan ada sebagian yang masuk ke tenggorokan dan membatalkan puasanya.
وقال الإمام أبو بكر بن علي بن محمد الحدادي العبادي الزَّبِيدِيّ اليمني الحنفي (ت ٨٠٠ هـ) في كتابه الجوهرة النيرة شرح لمختصر القدوري في الفقه الحنفي / كتاب الصيام (ج ١ ص ١٤١):
وَلَوْ سَالَ لُعَابُ الصَّائِمِ إلَى ذَقَنِهِ وَهُوَ نَائِمٌ أَوْ غَيْرُ نَائِمٍ فَابْتَلَعَهُ قَبْلَ أَنْ يَنْقَطِعَ لَا يُفْطِرُ. انتهى.
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Abu Bakr bin Ali bin Muhammad Al-Haddadi Al-Ubadiy Al-Zubaidi Al-Yamaniy Al-Hanafiy (w. 800 H) mengatakan dalam kutabnya Al-Jauharu Al-Nira Syarhu Limukhtashor Al Quduriy Fi Fiqihi Hanafiy / Kitab Puasa (Vol. 1, Hal. 141):
“Apabila ludahnya orang puasa mengalir ke dagunya sedang dia dalam keadaan tidur atau tidak tidur, lalu dia menelannya sebelum terputus (terlepas) dari dirinya maka tidak membatalkan puasa.” Selesai.
وقال الإمام كمال الدين محمد بن عبد الواحد السيواسي ثم السكندري، المعروف بابن الهمام الحنفي (المتوفى سنة ٨٦١ هـ) في كتابه فتح القدير على الهداية / كتاب الصوم / باب ما يوجب القضاء والكفارة (ج ٢ ص ٣٣٣):
وَلَوْ خَرَجَ رِيقُهُ مِنْ فِيهِ فَأَدْخَلَهُ وَابْتَلَعَهُ إنْ كَانَ لَمْ يَنْقَطِعْ مِنْ فِيهِ بَلْ مُتَّصِلٌ بِمَا فِي فِيهِ كَالْخَيْطِ فَاسْتَشْرَبَهُ لَمْ يُفْطِرْ ، وَإِنْ كَانَ انْقَطَعَ فَأَخَذَهُ وَأَعَادَهُ أَفْطَرَ وَلَا كَفَّارَةَ عَلَيْهِ كَمَا لَوْ ابْتَلَعَ رِيقَ غَيْرِهِ .
وَلَوْ اجْتَمَعَ فِي فِيهِ ثُمَّ ابْتَلَعَهُ يُكْرَهُ وَلَا يُفْطِرُ انتهى.
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Kamaluddin Muhammad ibn Abd al-Wahid Al-Suwaisiy, saat itu Al-Sakandariy, yang dikenal dengan nama Ibnu Al-Hummam Al-Hanafiy (yang wafat pada tahun 861 H), mengatakan dalam kitabnya Fathu Al-Qadir 'Ala Al -Hidayah / Kitab Puasa / Bab Yang Mewajibkan Qodlo' dan Penebusan (Vol. 2, P. 333):
“Apabila air liurnya keluar dari mulutnya, lalu ia memasukkannya lagi dan menelannya, maka: a) apabila belum terputus dari mulutnya, tapi masih bersambung dengan sesuatu dalam mulutnya, seperti benang, lalu menghirupnya maka tidak membatalkan puasa. b) Apabila sudah terputus/terlepas dari mulutnya lalu mengambilnya dan menelannya, maka membatalkan puasa tetapi tidak wajib membayar kafarat sebagaimana kalau dia menelan ludah orang lain. Kalau air liur terkumpul di mulutnya lalu menelannya maka hukumnya makruh tapi tidak membatalkan puasa.” Selesai.
وقال الإمام عبد الرحمن بن محمد بن سليمان، المعروف بـ «داماد أفندي» الحنفي [ت ١٠٧٨ هـ] في كتابه مَجمع الأنهُر في شرح ملتقَى الأبحُر / كتاب الصوم / باب موجب الفساد (ج ١ ص ٢٤٦):
وَلَوْ خَرَجَ رِيقُهُ مِنْ فَمِهِ فَأَدْخَلَهُ وَابْتَلَعَهُ إنْ كَانَ لَمْ يَنْقَطِعْ مِنْ فِيهِ بَلْ مُتَّصِلٌ بِمَا فِي فِيهِ كَالْخَيْطِ فَاسْتَشْرَبَهُ لَمْ يُفْطِرْ وَإِنْ كَانَ انْقَطَعَ وَأَخَذَهُ وَأَعَادَهُ أَفْطَرَ وَلَا كَفَّارَةَ عَلَيْهِ كَمَا لَوْ ابْتَلَعَ رِيقَ غَيْرِهِ ...(إلى أن قال)...
وَلَوْ تَرَطَّبَ شَفَتَاهُ بِالْبُزَاقِ عِنْدَ الْكَلَامِ وَنَحْوِهِ فَابْتَلَعَهُ لَا يُفْطِرُ. انتهى.
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Abdur-Rahman bin Muhammad bin Sulaiman atau dikenal dengan “Damad Effendi,” Al Hanafiy [w. 1078 H] dalam kitabnya Majma' Al-Anhar Fi Syarhi Multaqa Al-Abhar / Kitab Puasa / Bab Hal Yang Menjadi Penyebab Kerusakkan (vol. 1, hal. 246):
“Apabila air liur / ludahnya keluar dari mulutnya, lalu ia memasukkan kembali dan menelannya apabila tidak terputus dari mulutnya, dalam arti masih bersambung dengan mulutnya, lalu menghirupnya maka itu tidak membatalkan puasa. Apabila terputus dari mulutnya lalu mengambil dan menelannya maka membatalkan puasa....(sampai ia berkata)...
Dan jika berbicara dan bibirnya basah oleh ludah atau sejenisnya, lalu dia menelannya, maka itu tidak membatalkan puasanya. Selesai.
قال الإمام علي بن أبي بكر بن عبد الجليل الفرغاني المرغيناني، أبو الحسن برهان الدين الحنفي (ت ٥٩٣هـ) في كتابه الهداية في شرح بداية المبتدي / باب ما يوجب القضاء والكفارة / مدخل (ج ١ ص ١٢٣):
( وَيُكْرَهُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَمْضُغَ لِصَبِيِّهَا الطَّعَامَ إذَا كَانَ لَهَا مِنْهُ بُدٌّ ) لِمَا بَيَّنَّا ( وَلَا بَأْسَ إذَا لَمْ تَجِدْ مِنْهُ بُدًّا ) صِيَانَةً لِلْوَلَدِ ; أَلَا تَرَى أَنَّ لَهَا أَنْ تُفْطِرَ إذَا خَافَتْ عَلَى وَلَدِهَا. انتهى
✯͜͡ ✯͜͡❂⊱•Imam Ali bin Abi Bakar bin Abdul Jalil Al-Farghaniy Al-Murghinaniy Abu Al-Hasan Burhanuddin Al Hanafiy (w. 593 H) berkata dalam kitabnya Al-Hidayah Fi Syarhi Bidayatu Al-Mubtadi / Bab Yang Mewajibkan Qodlo' dan Penebusan / Pendahuluan (Vol. 1, Hal. 123):
(DIMAKRUHKAN SEORANG WANITA MENGUNYAH MAKANAN UNTUK ANAKNYA jika hal tersebut mengharuskan baginya tidak ada orang lain yang halal sedang tidak berpuasa/mufthir untuk mengunyahkannya) berdasarkan perkara yang telah kami jelaskan (dan boleh saja dia mengunyah ketika ia tidak menemukan orang yang mengunyahkannya) karena bertujuan untuk melindungi anak tersebut. ; Tidakkah menurutmu dia berhak berbuka jika dia mengkhawatirkan anaknya? Selesai.
وقال الإمام محمد بن أحمد بن أبي سهل شمس الأئمة السرخسي الحنفي (ت ٤٨٣ هـ) في كتابه المبسوط / كتاب الصيام (ج ٣ ص ١٠٠ - ١٠١):
وَلَا بَأْسَ بِأَنْ تَمْضُغَ الْمَرْأَةُ لِصَبِيِّهَا طَعَامًا إذَا لَمْ تَجِدْ مِنْهُ بُدًّا ; لِأَنَّ الْحَالَ حَالُ الضَّرُورَةِ ، وَيَجُوزُ لَهَا الْفِطْرُ لِحَاجَةِ الْوَلَدِ فَلَأَنْ يَجُوزَ مَضْغُ الطَّعَامِ كَانَ أَوْلَى فَأَمَّا إذَا كَانَتْ تَجِدُ مِنْ ذَلِكَ بُدًّا يُكْرَهُ لَهَا ذَلِكَ ; لِأَنَّهَا لَا تَأْمَنُ أَنْ يَدْخُلَ شَيْءٌ مِنْهُ حَلْقَهَا فَكَانَتْ مُعَرِّضَةً صَوْمَهَا لِلْفَسَادِ، وَذَلِكَ مَكْرُوهٌ عِنْدَ عَدَمِ الْحَاجَةِ قَالَ: -ﷺ- «مَنْ حَامَ حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَقَعَ فِيهِ. انتهى
Tidak masalah bagi seorang perempuan mengunyah makanan untuk anaknya, apabila tidak ditemukan selain dirinya untuk mengunyahkan makannya karena kebutuhan yang mendesak. Dan boleh baginya untuk membatalkan puasanya karena unsur kebutuhan anaknya, bahkan kebolehan mengunyah makanan (untuk anak) menjadi lebih utama. Apabila ditemukan seseorang yang bisa mengunyahkan makanan selain dirinya maka makruh hukumnya melakukan itu (mengunyahkan makanan untuk anaknya). Karena hal tersebut berpotensi masuknya makanan ke tenggorokan dan menyebabkan batalnya puasa. Maka makruh jika tidak ada kebutuhan. Nabi -ﷺ- bersabda : “Siapa yang berada di sekitar batasan yang diharamkan maka ditakutkan dia akan terperosok ke dalamnya.” Selesai.
وقال الإمام ابن الهمام في كتابه فتح القدير / كتاب الصوم / باب ما يوجب القضاء والكفارة (ج ٢ ص ٣٤٥):
( وَيُكْرَهُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَمْضُغَ لِصَبِيِّهَا الطَّعَامَ إذَا كَانَ لَهَا مِنْهُ بُدٌّ ) لِمَا بَيَّنَّا ( وَلَا بَأْسَ إذَا لَمْ تَجِدْ مِنْهُ بُدًّا ) صِيَانَةً لِلْوَلَدِ . انتهى
وقال الإمام علاء الدين، أبو بكر بن مسعود الكاساني الحنفي الملقب بـ «بملك العلماء» (ت ٥٨٧ هـ) في كتابه بدائع الصنائع في ترتيب الشرائع / كتاب الصوم / فصل بيان ما يسن وما يستحب للصائم وما يكره له أن يفعله (ج ٢ ص ١٠٦):
وَيُكْرَهُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَمْضُغَ لِصَبِيَّتِهَا طَعَامًا وَهِيَ صَائِمَةٌ لِأَنَّهُ لَا يُؤْمَنُ أَنْ يَصِلَ شَيْءٌ مِنْهُ إلَى جَوْفِهَا إلَّا إذَا كَانَ لَا بُدَّ لَهَا مِنْ ذَلِكَ فَلَا يُكْرَهُ لِلضَّرُورَةِ ، وَيُكْرَهُ لِلصَّائِمِ أَنْ يَذُوقَ الْعَسَلَ أَوْ السَّمْنَ أَوْ الزَّيْتَ وَنَحْوَ ذَلِكَ بِلِسَانِهِ لِيَعْرِفَ أَنَّهُ جَيِّدٌ أَوْ رَدِيءٌ ، وَإِنْ لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ ذَلِكَ وَكَذَا يُكْرَهُ لِلْمَرْأَةِ أَنْ تَذُوقَ الْمَرَقَةَ لِتَعْرِفَ طَعْمَهَا لِأَنَّهُ يُخَافُ وُصُولُ شَيْءٍ مِنْهُ إلَى الْحَلْقِ فَتُفْطِرُ . انتهى
*꧁࿐Imam 'Alauddin Al-Kasaniy Al-Hanafiy mengatakan dalam kitabnya Bada'i' Al-Shona'i' Fi Tartibi Al-Syara'i' : (Juz. 2 Hal. 106):
DIMAKRUHKAN bagi seorang wanita untuk mengunyah makanan untuk putrinya ketika dia sedang berpuasa, karena tidak ada jaminan bahwa makanan tersebut akan sampai ke perutnya kecuali jika benar-benar diperlukan. DIMAKRUHKAN orang yang berpuasa mencicipi madu, minyak samin, minyak zeit, atau sejenisnya dengan lidahnya untuk mengetahui baik atau buruknya, jika diprediksikan semua itu tidak masuk ke dalam tenggorokannya. Demikian pula DIMAKRUHKAN wanita untuk mencicipi kuahnya untuk mengetahui rasa masakannya, karena dikhawatirkan ada sebagian yang masuk ke tenggorokan dan membatalkan puasanya. Selesai.
*꧁࿐3. 𝕸𝖆𝖑𝖎𝖐𝖎𝖞𝖞𝖆𝖍
DIMAKRUHKAN MENCICIPI MAKANAN GARAM MADU DLL MENGUYAHKAN MAKANAN UNTUK ANAK ANAK ATAU MENGUNYAH OBAT SAKIT MULUT MELUDAHKANNYA SAKIT PERSENDIAN MENGUNYAH OBATNYA MENYEMPROTKANNYA DAN MENGOLESKAN DENGAN MULUTNYA ketika sedang berpuasa sekalipun semua itu tidak sampai masuk kedalam perutnya
قال الإمام مالك بن أنس في كتابه المدونة / كتاب الصيام / ذوق الطعام ومضغ العلك والشيء يدخل في حلق الصائم (ج ١ ص ٢٧١):
ذَوْقِ الطَّعَامِ وَمَضْغِ الْعِلْكِ وَالشَّيْءُ يَدْخُلُ فِي حَلْقِ الصَّائِمِ قُلْتُ : أَكَانَ مَالِكٌ يَكْرَهُ أَنْ يَذُوقَ الصَّائِمُ الشَّيْءَ مِثْلَ الْعَسَلِ وَالْمِلْحِ وَمَا أَشْبَهَهُ وَهُوَ صَائِمٌ وَلَا يُدْخِلُهُ جَوْفَهُ ؟
فَقَالَ : نَعَمْ لَا يَذُوقُ شَيْئًا ،
قَالَ : وَلَقَدْ سَأَلْتُهُ عَنْ الرَّجُلِ يَكُونُ فِي فِيهِ الْجَفْرُ فَيُدَاوِيهِ فِي رَمَضَانَ وَيَمُجُّ الدَّوَاءَ ؟
فَقَالَ : لَا يَفْعَلُ ذَلِكَ ، وَلَقَدْ كَرِهَ مَالِكٌ لِلَّذِي يَعْمَلُ الْأَوْتَارَ أَوْتَارَ الْعَقِبِ أَنْ يُمِرَّ ذَلِكَ فِي فِيهِ يَمْضُغُهُ أَوْ يَمْلُسُهُ بِفِيهِ .
قَالَ ابْنُ الْقَاسِمِ : وَكَرِهَ مَالِكٌ لِلصَّائِمِ مَضْغَ الْعِلْكِ وَمَضْغَ الطَّعَامِ لِلصَّبِيِّ . انتهى
*꧁࿐Imam Malik bin Anas berkata dalam kitabnya Al-Mudawwanah / Kitab Puasa / Mencicipi Makanan Dan Permen Karet Lalu Masuk Ke Tenggorokan Orang Yang Berpuasa (Jilid 1, Hal. 271):
Mencicipi makanan dan mengunyah permen karet, yang sesuatu masuk ke kerongkongan orang yang berpuasa.
Aku bertanya: Adakah Imam Malik tidak menyukai, jika orang yang berpuasa mencicipi sesuatu seperti madu, garam, dan lain-lain? Dan ia tidak memasukkannya kedalam perutnya?
Dia menjawab: Ya, jangan mencicipi, apapun.
Dia berkata: Saya bertanya kepadanya tentang seseorang yang mempunyai penyakit (Jafr) dalam mulutnya, lalu dia mengobatinya di bulan Ramadhan dan meludahkan obatnya?
Beliau berkata: jangan lakukan hal itu, dan Imam Malik tidak menyukai kepada orang yang melakukan pengikatan pada urat tendon tumitnya, ia menjalankan obat tersebut dalam mulutnya mengunyahnya dan mengoleskannya dengan mulutnya.
Ibnu al-Qasim berkata: Imam Malik tidak menyukai orang yang sedang berpuasa mengunyah permen karet dan mengunyahkan makanan untuk anak anak. Selesai.
وقال الإمام ابن بطال أبو الحسن علي بن خلف بن عبد الملك المالكي (ت ٤٤٩ هـ) في كتابه شرح صحيح البخاري / كتاب الصيام / - باب اغتسال الصائم (ج ٤ ص ٥٨):
وَأَمَّا ذَوْقُ الطَّعَامِ لِلصَّائِمِ، فَقَالَ الْكُوْفِيُوْنَ: إِذَا لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ لَا يُفْطِرُهُ، وَصَوْمُهُ تَامٌ وَهُوَ قَول الْأَوْزَاعِيّ.
.
وَقَالَ مَالك: أكرهه وَلَا يفطره إِن لم يدْخل حلقه، وهو قول الشافعى. انتهى
*꧁࿐Imam Ibnu Baththol Al Malikiy dalam kitabnya Syarhu Shahih Al Bukhariy:
“Adapun mencicipi makanan bagi orang yang puasa, maka ulama Kufah mengatakan: jika (rasa makanan tersebut) tidak sampai masuk tenggorokan (tertelan), maka tidak membatalkan, dan puasanya sempurna (tidak makruh).” Dan itu adalah pendapat Al Auza'iy.
Dan Imam Malik berkata : Aku tidak menyukainya dan jangan membatalkan puasa, selama tidak masuk ketenggorokkan, dan itu adalah pandangan Asy Syafi'iy. Selesai.
*꧁࿐4. 𝕳𝖆𝖓𝖆𝖇𝖎𝖑𝖑𝖆𝖍
APA YANG TIDAK MUNGKIN DIHINDARI, SEPERTI MENELAN AIR LUDAH, SENGAJA DIKUMPULKAN DALAM MULUT ATAU TIDAK, MENELAN DEBU JALANAN, BUTIRAN GANDUM maka hal itu tidak membatalkan puasa
DAN JIKA MENELAN LUDAH ORANG LAIN maka puasanya batal
Ada aspek lain, YAITU PANDANGAN MEMBATALKAN PUASA; Karena mampu menghindarinya, seperti hendak menelan debu jalanan. NAMUN PANDANGAN YANG PERTAMA YANG LEBIH TEPAT.
IMAM AHMAD LEBIH SUKA TIDAK MENCICIPI MAKANAN KETIKA PUASA namun jika melakukannya maka hal itu tidak mempengaruhi puasanya
قال الإمام أبو محمد عبد الله بن أحمد بن محمد بن قدامة المقدسي الحنبلي (٥٤١ - ٦٢٠ ه) في كتابه المغني/ مسألة مبطلات الصيام وفي هذه المسألة فصول / فصل ما لا يمكن التحرز منه كابتلاع الريق لا يفطره (ج ٣ ص ١٢٢):
( فَصْلٌ : وَمَا لا يُمْكِنُ التَّحَرُّزُ مِنْهُ , كَابْتِلاعِ الرِّيقِ لا يُفَطِّرُهُ , لأَنَّ اتِّقَاءَ ذَلِكَ يَشُقُّ , فَأَشْبَهَ غُبَارَ الطَّرِيقِ , وَغَرْبَلَةَ الدَّقِيقِ . فَإِنْ جَمَعَهُ ثُمَّ ابْتَلَعَهُ قَصْدًا لَمْ يُفَطِّرْهُ ; لأَنَّهُ يَصِلُ إلَى جَوْفِهِ مِنْ مَعِدَتِهِ , أَشْبَهَ مَا إذَا لَمْ يَجْمَعْهُ، فَإِنَّ الرِّيقَ لا يُفَطِّرُ إذَا لَمْ يَجْمَعْهُ , وَإِنْ قَصَدَ ابْتِلاعَهُ , فَكَذَلِكَ إذَا جَمَعَهُ.
وَفِيهِ وَجْهٌ آخَرُ، أَنَّهُ يُفَطِّرُهُ؛ لِأَنَّهُ أَمْكَنَهُ التَّحَرُّزُ مِنْهُ، أَشْبَهَ مَا لَوْ قَصَدَ ابْتِلَاعَ غُبَارِ الطَّرِيقِ. وَالْأَوَّلُ أَصَحُّ. انتهى
*꧁࿐Imam Abu Muhammad Abdullah bin Ahmad bin Muhammad bin Qudama Al-Maqdisiy Al-Hanbaliy (541 - 620 H) mengatakan dalam kitabnya Al-Mughni (Jilid 3, Hal. 122):
Fasal: Apa yang tidak mungkin dihindari, seperti menelan air ludah, maka hal itu tidak membatalkan puasa. Karena menghindari hal itu tidak mungkin dilakukan. Sama halnya dengan menghindari debu di jalan atau butiran gandum. Jika orang yang berpuasa dengan sengaja mengumpulkan air ludahnya kemudian menelannya maka hal itu tidak membatalkan puasanya. Karena air ludah yang mengalir ke perut itu juga berasal dari perut. Artinya, dikumpulkan ataupun tidak, air ludah adalah sama saja. Air ludah yang ditelan dengan sengaja tanpa terlebih dahulu dikumpulkan tidak membatalkan puasa. Demikian pula hukumnya, jika dikumpulkan terlebih dahulu.
Ada aspek lain di dalamnya, YAITU MEMBATALKAN PUASA; Karena dia mampu menghindarinya, seperti hendak menelan debu jalanan. PANDANGAN YANG PERTAMA XANG LEBIH TEPAT. Selesai.
وقال الإمام أبو محمد عبد الله بن أحمد بن محمد بن قدامة المقدسي الحنبلي (٥٤١ - ٦٢٠ ه) في كتابه المغني/ مسألة مبطلات الصيام وفي هذه المسألة فصول / فصل ما لا يمكن التحرز منه كابتلاع الريق لا يفطره (ج ٣ ص ١٢٢):
( أَوْ بَلَعَ رِيقَ غَيْرِهِ , أَفْطَرَ ; لأَنَّهُ ابْتَلَعَهُ مِنْ غَيْرِ فَمِهِ , فَأَشْبَهَ مَا لَوْ بَلَعَ غَيْرَهُ . فَإِنْ قِيلَ : فَقَدْ رَوَتْ عَائِشَةُ , أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُقَبِّلُهَا وَهُوَ صَائِمٌ , وَيَمَصُّ لِسَانَهَا . (رَوَاهُ أَبُو دَاوُد 2386). قُلْنَا : قَدْ رُوِيَ عَنْ أَبِي دَاوُد أَنَّهُ قَالَ : هَذَا إسْنَادٌ لَيْسَ بِصَحِيحٍ.
وذكر ابن قدامة توجيهين للحديث على فرض صحته :
الأول : أن المسألتين غير مرتبطتين ببعضها ، قال رحمه الله ( وَيَجُوزُ أَنْ يَكُونَ يُقَبِّلُ فِي الصَّوْمِ , وَيَمُصُّ لِسَانَهَا فِي غَيْرِهِ ).
الثاني : أن الحديث ليس فيه دليل على ابتلاع الريق ، قال رحمه الله ( وَيَجُوزُ أَنْ يَمُصَّهُ , ثُمَّ لا يَبْتَلِعُهُ , وَلأَنَّهُ لَمْ يَتَحَقَّقْ انْفِصَالُ مَا عَلَى لِسَانِهَا مِنْ الْبَلَلِ إلَى فَمِهِ ) المغني 3/17
*꧁࿐Imam Ibnu Qudamah Al Maqdisiy Al Hanbaliy rahimahullah melanjutkan perkataannya :
Atau menelan ludah orang lain maka hal itu membatalkan puasa. Karena ia menelan sesuatu yang bukan dari mulutnya. Maka hal ini seperti ia menelan sesuatu selain ludah. Jika dikatakan: Aisyah radliyyAllahu 'anha meriwayatkan bahwa :
“Nabi -ﷺ- menciumnya padahal beliau dalam keadaan puasa dan menyedot lidahnya.” Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Dawud 2386.
Maka kami katakan: diriwayatkan pula dari Abu Dawud bahwa ia berkata: sanad hadis ini tidak shahih.
Ibnu Qudamah menarik dua pengertian dari hadis tersebut—andaikata memang hadis tersebut shahih:
(Pertama), tidak ada keterkaitan antara dua hal tersebut (mencium dan menyedot lidah). Ia rahimahullah berkata: Bisa jadi, beliau mencium Aisyah radliyyAllahu 'anha ketika berpuasa, dan menyedot lidahnya ketika tidak berpuasa.
(Kedua), hadits tersebut bukan dalil menelan ludah. Ia rahimahullah berkata: Bisa saja beliau menyedotnya namun kemudian tidak menelan ludahnya. Karena tidak disebutkan dengan jelas berpindahnya ludah yang ada di lidah Aisyah radliyyAllahu 'anha ke mulut beliau. Selesai.
وقال الإمام أبو محمد عبد الله بن أحمد بن محمد بن قدامة المقدسي الحنبلي (٥٤١ - ٦٢٠ ه) في كتابه المغني / مسألة مبطلات الصيام وفي هذه المسألة فصول / فصل الصائم يمضغ العلك (ج ٣ ص ١٢٥):
وقَالَ الإمام أَحْمَدُ : أَحَبُّ إلَيَّ أَنْ يَجْتَنِبَ ذَوْقَ الطَّعَامِ , فَإِنْ فَعَلَ لَمْ يَضُرَّهُ , وَلا بَأْسَ بِهِ. انتهى.
*꧁࿐Imam Ibnu Qudamah Al Maqdisiy Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Al Mughniy (Juz. 3 Hal. 135) :
Imam Ahmad berkata:
Saya lebih suka jika ia tidak mencicipi makanan. Namun jika ia melakukannya maka hal itu tidak mempengaruhi puasanya. Selesai.
وقال شيخ الإسلام تقي الدين أبو العباس أحمد بن عبد الحليم بن عبد السلام بن عبد الله بن أبي القاسم بن محمد ابن تيمية الحراني الحنبلي الدمشقي الحنبلي (ت ٧٢٨هـ) في كتابه الفتاوى الكبرى / كتاب الصيام / افتصد بسبب وجع رأسه وهو صائم (ج ٢ ص ٤٧٤):
وَذَوْقُ الطَّعَامِ يُكْرَهُ لِغَيْرِ حَاجَةٍ ; لَكِنْ لا يُفْطِرُهُ اهـ .
*꧁࿐Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Al Hanbaliy berkata di dalam kitabnya Al-Fatawa Al-Kubra (Juz. 2 Hal 474):
MENCICIPI MAKANAN ADALAH PERBUATAN MAKRUH JIKA DILAKUKAN BUKAN KARENA TERDESAK. Namun demikian, tidak membatalkan puasa. Selesai.
وقال الإمام علاء الدين أبو الحسن علي بن سليمان المرداوي الحنبلي (٧١٧ - ٨٨٥ هـ) في كتابه الإنصاف في معرفة الراجح من الخلاف / كتاب الصيام / باب ما يكره وما يستحب وحكم القضاء (ج ٣ ص ٣٢٦):
( وَيُكْرَهُ ذَوْقُ الطَّعَامِ ) . هَكَذَا قَالَ جَمَاعَةٌ وَأَطْلَقُوا . مِنْهُمْ صَاحِبُ الْهِدَايَةِ ، وَالْمُذْهَبِ ، وَالْمُحَرَّرِ ، وَالْمُنَوِّرِ ، وَهُوَ ظَاهِرُ مَا قَدَّمَهُ فِي الْفُرُوعِ ، وَقَالَ ابْنُ عَقِيلٍ : يُكْرَهُ مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ ، وَلَا بَأْسَ بِهِ لِلْحَاجَةِ ، وَقَالَ أَحْمَدُ : أَحَبُّ إلَيَّ أَنْ يَجْتَنِبَ ذَوْقَ الطَّعَامِ ، فَإِنْ فَعَلَ فَلَا بَأْسَ . قَالَ الْمَجْدُ فِي شَرْحِهِ ، وَالْمَنْصُوصُ عَنْ أَحْمَدَ : أَنَّهُ لَا بَأْسَ بِهِ إذَا كَانَ لِمَصْلَحَةٍ وَحَاجَةٍ ، كَذَوْقِ الطَّعَامِ مِنْ الْقِدْرِ ، وَالْمَضْغِ لِلطِّفْلِ وَنَحْوِهِ ، انتهى
*꧁࿐5. 𝕯𝖟𝖔𝖍𝖎𝖗𝖎𝖞𝖞𝖆𝖍
TIDAK BOLEH MENGUNYAH MAKANAN DAN MENCICIPI MAKANAN ketika berpuasa selama tidak menyengaja untuk menelannya.
قال الإمام ابن حزم الاندلسي الظاهري في كتابه المحلى بالآثار / كتاب الصيام / مسألة لا ينقض الصوم حجامة ولا احتلام ولا استمناء (ج ٤ ص ٣٣٥):
مَسْأَلَةٌ : وَلَا يَنْقُضُ الصَّوْمَ حِجَامَةٌ وَلَا احْتِلَامٌ ، وَلَا اسْتِمْنَاءٌ ، وَلَا مُبَاشَرَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ ...(إلى أن قال)...
وَلَا مَضْغُ طَعَامٍ أَوْ ذَوْقُهُ ، مَا لَمْ يَتَعَمَّدْ بَلْعَهُ ،انتهى
*꧁࿐Imam Ibnu Hazm Al-Andalusiy Al-Dzohiriy berkata dalam kitabnya Al Muhalla Bi Al-Atsār / Kitab Puasa: Madalah: Bekam, mimpi basah, atau onani tidak membatalkan puasa (Juz. 4 Hal. 335):
Pertanyaan: Bekam, mimpi basah, onani, atau percumbuan laki-laki kepada istrinya tidak membatalkan puasa... (sampai ia berkata)...
Jangan mengunyah atau mencicipi makanan, selama tidak menyengaja untuk menelannya.
✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱•
ɱąɠɛƖąŋɠ :
٢٤ شعبان ١٤٤٥ هـ | 04/03/2024 𝖒
Tidak ada komentar:
Posting Komentar