Bismillahirrohmaanirrohiim

Minggu, 31 Maret 2024

BERSALAMAN DENGAN ORANG ALIM DAN KETIKA BERTEMU

 ─═हই• ⃟  ⃟   ٢٠ رمضان  ١٤٤٥ هـ • ⃟  ⃟ •ইह═─

 

─═हই• ⃟  ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓

•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱•    𝐇𝐢𝐤𝐦𝐚𝐡 𝐐𝐮𝐫'𝐚𝐧 𝐇𝐚𝐝𝐢𝐭𝐬 𝐀𝐭𝐬𝐚𝐫 𝐃𝐚𝐧 𝐐𝐨𝐮𝐥 𝐔𝐥𝐚𝐦𝐚' | BERSALAMAN DENGAN ORANG ALIM DAN KETIKA BERTEMU

┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟  ⃟ •ইह═─


✯͜͡❂⊱• 019]•KEUTAMAAN BERJABAT TANGAN KETIKA BERTEMU  DAN SETELAH SHOLAT




*꧁࿐𝐀]• 𝐑𝐢𝐰𝐚𝐲𝐚𝐭 𝐇𝐚𝐝𝐢𝐭𝐬 𝐃𝐚𝐧 𝐅𝐚𝐝𝐥𝐢𝐥𝐚𝐡 𝐊𝐞𝐮𝐭𝐚𝐦𝐚𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚


1)- Bersalaman Ketika Saling Bertemu Akan Diampuni Dosa Dosa Keduanya Sebelum Berpisah.


حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ، أَخْبَرَنَا الْأَجْلَحُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ -ﷺ-: 


«مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ، إِلَّا غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا». 

[رواه أحمد في مسنده واللفظ له /  مسند الكوفيين / حديث البراء بن عازب / رقم الحديث: ١٨٦٩٩. وأبو داود. والترمذي وقال : هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ. وابن ماجه].


Dari al-Barâ’ bin ‘Azib radhiyyAllahu anhu, beliau  berkata: Rasûlullâh-ﷺ- bersabda: 


“Tidaklah dua orang Muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah” 

[HR. Ahmad No. 18699. Teks Miliknya. Abu Dawud. Tirmidziy. Dan Ibnu Majah].


2)-Menjadi Tradisi Yang Indah Menurut Sunnah Bangkit Sesudah Shalat Berjamaah Untuk Bersalaman dengan Imam Shalat dan mencium tangannya

 

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مَنْصُورٍ أَبُو عَلِيٍّ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْأَعْوَرُ بِالْمَصِّيصَةِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنِ الْحَكَمِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا جُحَيْفَةَ قَالَ : 


«خَرَجَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِالْهَاجِرَةِ إِلَى الْبَطْحَاءِ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ صَلَّى الظُّهْرَ رَكْعَتَيْنِ وَالْعَصْرَ رَكْعَتَيْنِ وَبَيْنَ يَدَيْهِ عَنَزَةٌ» وَزَادَ فِيهِ عَوْنٌ عَنْ أَبِيهِ أَبِي جُحَيْفَةَ قَالَ كَانَ يَمُرُّ مِنْ وَرَائِهَا الْمَرْأَةُ وَقَامَ النَّاسُ فَجَعَلُوا يَأْخُذُونَ يَدَيْهِ فَيَمْسَحُونَ بِهَا وُجُوهَهُمْ قَالَ فَأَخَذْتُ بِيَدِهِ فَوَضَعْتُهَا عَلَى وَجْهِي فَإِذَا هِيَ أَبْرَدُ مِنَ الثَّلْجِ وَأَطْيَبُ رَائِحَةً مِنَ الْمِسْكِ.

[رواه البخاري / كتاب المناقب / باب صفة النبي ﷺ / رقم الحديث : ٣٥٥٣].


Dari Abi Hujaifah radliyyAllahu 'anhu beliau berkata ; 


Pernah Rasulullah ﷺ pergi ke Al-Batha’ pada siang hari, kemudian berwudhu dan mendirikan dua rakaat shalat Dzuhur dan dua rakaat shalat Ashar. Ada tongkat (sebagai sutroh pembatas) yang ditancapkan di hadapan beliau ﷺ dan orang lalu-lalang di depannya. 


(Usai shalat), orang-orang bangkit untuk bersalaman dengan Nabi -ﷺ- dan mencium tangannya. Aku pun menyalami dan mencium tangannya. Aku perhatikan bahwa tangan beliau ﷺ lebih dingin dari es dan lebih harum dari minyak kesturi."

[H.R. Bukhariy No. 3553].


حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ قَالَ أَخْبَرَنَا حُمَيْدٌ عَنْ أَنَسٍ أَنَّهُ قَالَ :


لَمَّا أَقْبَلَ أَهْلُ الْيَمَنِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- قَدْ جَاءَكُمْ أَهْلُ الْيَمَنِ هُمْ أَرَقُّ مِنْكُمْ قُلُوبًا قَالَ أَنَسٌ وَهُمْ أَوَّلُ مَنْ جَاءَ بِالْمُصَافَحَةِ 

[رواه أحمد في مسنده واللفظ له / باقي مسند المكثرين / مسند أنس بن مالك رضي الله عنه / رقم الحديث: ١٣٢١٢. والبخاري في الادب المفرد].


Dari Anas bin Malik radliyyAllahu 'anhu beliau berkata: 


“Ketika datang rombongan penduduk Yaman, Nabi -ﷺ- bersabda: ‘Telah datang penduduk Yaman, mereka adalah orang-orang yang hatinya lebih halus dari kalian’. Anas bin Malik menambahkan: ‘Dan mereka juga orang-orang yang biasanya pertama kali menyodorkan tangan untuk bersalaman’” 

[HR. Al Bukhari dalam Ahmad Teks Miliknya No. 13212. Dan Bukhariy Dalam Al Adabu Al Mufrad, no.967].


3)- Mushafahah (Bersalaman)  Setelah Shalat Dan Mendoakan Saudara Muslim Supaya Shalatnya Diterima Oleh Allah, Dengan Ungkapan (Semoga Allah Menerima Shalat Anda), Adalah Di Dalamnya Terdapat Kebaikan Yang Besar Dan Menambah Kedekatan (Antar Sesama) Dan Menjadi Sabab Eratnya Hati (Ta'liful Qulub) Dan Menampakkan Kesatuan Antar Sesama Umat Islam


 ‏حَدَّثَنَا ‏ ‏سُوَيْدٌ ‏ ‏أَخْبَرَنَا ‏ ‏عَبْدُ اللَّهِ ‏ ‏أَخْبَرَنَا ‏ ‏هَمَّامٌ ‏ ‏عَنْ ‏ ‏قَتَادَةَ ‏ ‏قَالَ قُلْتُ ‏ ‏لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ‏: ‏


هَلْ كَانَتْ الْمُصَافَحَةُ فِي ‏ ‏أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ ‏ ‏صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ‏ ‏قَالَ : نَعَمْ. 

[رواه الترمذي / أبواب الاستئذان والآداب / باب ما جاء في المصافحة / حديث رقم: ٢٧٢٩. وقَالَ ‏ ‏أَبُو عِيسَى ‏ ‏: هَذَا ‏ ‏حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيح].


Dari Qaladah bin Di’amah berkata : saya berkata kepada Anas bin Malik radliyyAllahu 'anhu apakah mushafahah (bersalam salaman) itu dilakukan oleh para sahabat Rasulillah -ﷺ-? Anas menjawab : Ya (Benar).

[HR. Tirmidzi No. 2729. Abi Isa Tirmidzi Berkata : INI HADITS HASAN SHOHIH].


*꧁࿐Berkata Al 'Alamah Abul 'Ala Al Mubarokfuriy dalam Kitabnya Tuhfatu Al-Ahwadziy Bisyarhi Jami' At Tirmidziy (Juz. 7 Hal. 426):

 ‏

تَنْبِيهٌ : قَالَ النَّوَوِيُّ فِي الْأَذْكَارِ : اِعْلَمْ أَنَّ هَذِهِ الْمُصَافَحَةَ مُسْتَحَبَّةٌ عِنْدَ كُلِّ لِقَاءٍ وَأَمَّا مَا اِعْتَادَهُ النَّاسُ مِنْ الْمُصَافَحَةِ بَعْدَ صَلَاتَيْ الصُّبْحِ وَالْعَصْرِ فَلَا أَصْلَ لَهُ فِي الشَّرْعِ عَلَى هَذَا الْوَجْهِ وَلَكِنْ لَا بَأْسَ بِهِ فَإِنَّ أَصْلَ الْمُصَافَحَةِ سُنَّةٌ وَكَوْنُهُمْ حَافَظُوا عَلَيْهَا فِي بَعْضِ الْأَحْوَالِ وَفَرَّطُوا فِيهَا فِي كَثِيرٍ مِنْ الْأَحْوَالِ أَوْ أَكْثَرِهَا لَا يُخْرِجُ ذَلِكَ الْبَعْضَ عَنْ كَوْنِهِ مِنْ الْمُصَافَحَةِ الَّتِي وَرَدَ الشَّرْعُ بِأَصْلِهَا.


وَقَدْ ذَكَرَ الْإِمَامُ أَبُو مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ السَّلَامِ أَنَّ الْبِدَعَ عَلَى خَمْسَةِ أَقْسَامٍ وَاجِبَةٍ وَمُحَرَّمَةٍ وَمَكْرُوهَةٍ وَمُسْتَحَبَّةٍ وَمُبَاحَةٍ قَالَ وَمِنْ أَمْثِلَةِ الْبِدَعِ الْمُبَاحَةِ الْمُصَافَحَةُ عَقِبَ الصُّبْحِ وَالْعَصْرِ اِنْتَهَى.

[انظر كتاب تحفة الأحوذي بشرح جامع الترمذي : (ج ٧ ص ٤٢٦) /  ٤٠ - كتاب الاستئذان / باب ما جاء في المصافحة / المؤلف: أبو العلا محمد عبد الرحمن بن عبد الرحيم المباركفورى (ت ١٣٥٣ هـ) / الناشر: دار الكتب العلمية - بيروت، بدون السنة]. 


Catatan: Al-Nawawi berkata dalam Al-Adzkar: Ketahuilah bahwa jabat tangan ini dianjurkan pada setiap pertemuan, Adapun apa yang dibiasakan orang untuk berjabat tangan setelah shalat subuh dan ashar, tidak ada dasar syariat dalam hal ini, TETAPI TIDAK ADA YANG SALAH DENGAN MELAKUKANNYA, KARENA ASAL-USUL JABAT TANGAN ITU ADALAH SUNNAH dan faktanya mereka melestarikannya pada beberapa kondisi dan mereka mengabaikannya pada banyak kasus, hal ini tidak menutup kemungkinan sebagian darinya termasuk jabat tangan, yang disebutkan dalam hukum Islam asal usulnya.


Imam Abu Muhammad bin Abdul Salam menyebutkan, inovasi/bid'ah  dibagi menjadi lima kategori: wajib, dilarang, tidak disukai, diinginkan, dan diperbolehkan. Beliau mengatakan, Contoh inovasi yang diperbolehkan adalah berjabat tangan setelah shalat subuh dan shalat ashar Selesai.

[Lihat kitab Tuhfatu Al-Ahwadi Bisyarhi Jami’ Al-Tirmidzi: (vol. 7, Hal. 426)].

 ‏

4)- Orang Yang Berjabat Tangan Dengan Orang Alim Ulama, Maka Seolah-olah Pernah Berjabat Tangan Dengan Rasulullah -ﷺ-


وَسَمِعْتُ الْحَدِيثَ الْمُسَلْسَلَ بِالْمُصَافَحَةِ الْخَضَرِيَّةِ مِنْ شَيْخِنَا الْمَذْكُورِ بِالسَّنَدِ السَّابِقِ إِلَى سَيِّدِي صَالِحٍ الزَّوَاوِيِّ، عَنْ شَيْخِهِ أَبِي مُحَمَّدٍ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ مُوسَى الْعَبْدُوسِيِّ، عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدِ بْنِ جَابِرٍ الْغَسَّانِيِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ الْمَرَاكِشِيِّ الْمَعْرُوفِ بِابْنِ عُلْوَانَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الصَّدَفِيِّ، عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ أَحْمَدَ بْنِ الْبَنَّاءِ، عَنِ الْوَلِيِّ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْهَزْمِيرِيِّ، عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ الْخَضِرِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -ﷺ- قَالَ: 


«مَنْ صَافَحَنِي أَوْ صَافَحَ مَنْ صَافَحَنِي إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ دَخَلَ الْجَنَّةَ» .

[أخرجه  الكتاني (ت ١٣٤٥هـ) في رسالة المسلسلات : (ص ٥٦) /  الحديث المسلسل بالمصافحة الخضرية / الناشر: دار الكتب العلمية، بيروت - لبنان، الطبعة: الأولى، ١٤٢٤ هـ - ٢٠٠٣ مـ].


Dari Abil 'Abbas Al Hadloriy radliyyAllahu 'anhu. Dari Rasulullah -ﷺ- beliau bersabda:


"Barangsiapa yang  berjabat tangan denganku, atau  berjabat tangan dengan siapapun yang pernah berjabat tangan denganku, maka di  hari kiamat akan masuk surga. 

[Dikeluarkan Oleh Al Kattani Dalam Kitabnya Risalah Al Musalsalat : (Hal. 56)].


*꧁࿐Riwayat Hadits Yang Senada:


عن الشيخ الشريف محمد الفاسي نزيل الاسكندرية، وهو صافح والده الشريف عبد الرحمن، وعاش من العمر  مائة وأربعين سنة، وهو صافح أحمد بن عبد الغفار بن نوح الفواصي، وهو صافح أبا العباس الملثم، وهو صافح المعمر، وهو صافح رسول الله -ﷺ-  و قال: 


«من صافحني، أوصافح من صافحني إلى يوم القيامة دخل الجنة.»


*꧁࿐Riwayat Hadits Yang Lain :


(٥٧) [حَدِيثٌ]  : مَنْ زَارَ عَالِمًا فَكَأَنَمَّا زَارَنِي، وَمَنْ صَافَحَ عَالِمًا فَكَأَنَّما صَافَحَنِي، وَمَنْ جَالَسَ عَالِمًا فَكَأَنَّما جَالَسَنِي في الدُّنْيَا، وَمَنْ جَالَسَنِي في الدُّنْيَا أَجْلَسْتُهُ مَعِيْ يَوْمَ القِيَامَةِ

[أخرجه ابن عراق في تنزيه الشريعة المرفوعة عن الأخبار الشنيعة. من حَدِيث أنس فِي قصَّة بَيِّنَة الْكَذِب].


Hadits: “Barang siapa mengunjungi orang alim, maka seolah-olah ia mengunjungiku. Barang siapa berjabat tangan dengan orang alim, maka seolah-olah ia berjabat tangan denganku. Barang siapa duduk berdampingan dengan orang alim, maka seolah-olah ia duduk berdampingan denganku di dunia. Barang siapa duduk berdampingan denganku di dunia, maka ia akan duduk berdampingan denganku di hari kiamat.”

[Dikeluarkan Oleh Ibnu 'Iroq Dalam Tanzihi Asy Syari'ah Al Marfu'ah].


*꧁࿐Riwayat Hadits Yang Senada : 


مَنْ زارَ العلماءَ فكأنَّما زارَني ، ومَنْ صافحَ العلماءَ ، فكأنَّما صافحَني ، ومَنْ جالسَ العلماءَ فكأنَّما جالسَني ، ومَنْ جالسَني في الدُّنيا أُجلِسَ إلي يومِ القيامةِ

[أخرجه ملا علي قاري في الأسرار المرفوعة. والشوكاني في الفوائد الموضوعة.  والعجلوني في كشف الخفاء].


“Barang siapa mengunjungi Ulama', maka seolah-olah ia mengunjungiku. Barang siapa berjabat tangan dengan Ulama', maka seolah-olah ia berjabat tangan denganku. Barang siapa duduk berdampingan dengan orang Ulama', maka seolah-olah ia duduk berdampingan  denganku di dunia. Barang siapa duduk berdampingan denganku di dunia, maka ia akan duduk berdampingan denganku di hari kiamat.”

[Dikeluarkan Oleh Mula Aliy Al Qariy Dalam Al Asror Al Maudlu'ah. Asy Syaukaniy Dalam Al Fawa'id Al Maudlu'ah. Al 'Ijluniy Dalam Kasyfu Al Khofa' Wa Muzilu Al Ilbas].


5)- Dosa Dosa  Berguguran  Sebagaimana Gugurnya Daun Dari Pohon


حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ رِشْدِينَ قَالَ: نا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ: نا مُوسَى بْنُ رَبِيعَةَ بْنِ مُوسَى بْنِ سُوَيْدٍ الْجُمَحِيُّ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ أَبِي الْوَلِيدِ، عَنْ يَعْقُوبَ الْحُرَقِيِّ، عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ، عَنِ النَّبِيِّ -ﷺ- قَالَ: 


«إِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا لَقِيَ الْمُؤْمِنَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ، وَأَخَذَ بِيَدِهِ، فَصَافَحَهُ، تَنَاثَرَتْ خَطَايَاهُمَا، كَمَا يَتَنَاثَرُ وَرَقُ الشَّجَرِ»

[أخرجه الطبراني في "المعجم الأوسط واللفظ له /   باب الألف / من اسمه أحمد / رقم الحديث: ٢٤٥. وابن شاهين في "الترغيب"، والمنذري في "الترغيب والترهيب"، وقال بعده: "رواه الطبراني في الأوسط، ورواته لا أعلم فيهم مجروحًا"].


Dari Hudzaifah Al Yaman radliyyAllahu 'anhu. Dari Nabi -ﷺ- beliau bersabda : 


“Jika seorang mukmin bertemu dengan mukmin yang lain, ia memberi salam padanya, lalu meraih tangannya untuk bersalaman, maka berguguranlah dosa-dosanya sebagaimana gugurnya daun dari pohon” 

[HR. Ath Thabarani Dalam Al Ausath No. 245. Teks Miliknya. Dan Ibnu Syahin Dalam At Targhib. Dan Al Mundziriy Dalam At Targhib Wa At Tarhib].



6)- Berjabat Tangan Dapat Menghilangkan  Kedengkian.


و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي مُسْلِمٍ عَبْدِ اللَّهِ الْخُرَاسَانِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- ؛ 


«تَصَافَحُوا يَذْهَبْ الْغِلُّ وَتَهَادَوْا تَحَابُّوا وَتَذْهَبْ الشَّحْنَاءُ».

[رواه مالك في الموطأ / كِتَابُ حُسْنِ الْخَلُقِ / بَابُ مَا جَاءَ فِي الْمُهَاجَرَةِ حديث رقم : ١٦٤٩]. 


Telah menceritakan kepadaku Malik. Dari 'Atha bin Abu Muslim Abdullah Al Khurasani radliyyAllahu 'anhu beliau berkata : "Rasulullah -ﷺ- bersabda: 


"Hendaklah kalian saling berjabat tangan, niscaya maka akan hilanglah kedengkian. Hendaklah kalian saling memberi hadiah, niscaya akan saling mencintai dan menghilanglah permusuhan."

[HR. Malik Dalam Al Muwatho' No. 1649] 



7)- Saling Sapa Dan Kemudian Saling Berjabat Tangan Akan Menjadi Orang Yang Lebih Dicintai Oleh Allah Turun Diantara Keduanya 100 Rahmat 90 Bagi Initiatornya Dan 10 Bagi Orang Yang Bersalaman


أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ ، وَأَبُو زَكَرِيَّا ، قَالَا : حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ الْخُرَاسَانِيِّ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ مُحَمَّدٍ الرَّقَاشِيُّ ، حَدَّثَنَا أَبُو حَفْصٍ عُمَرُ بْنُ عَامِرٍ التَّمَّارُ ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي ، حَدَّثَنَا الْجُرَيْرِيُّ ، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ النَّهْدِيِّ ، قَالَ : سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ ، يَقُولُ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- : 


" إِذَا الْتَقَى الْمُسْلِمَانِ فَسَلَّمَ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا عَلَى صَاحِبِهِ وَتَصَافَحَا كَانَ أَحِبَّهُمَا إِلَى اللَّهِ - عَزَّ وَجَلَّ - أَحْسَنُهُمَا بِشْرًا لِصَاحِبِهِ ، وَنَزَلَتْ بَيْنَهُمَا مِائَةُ رَحْمَةٍ : لِلْبَادِئِ تِسْعُونَ ، وَلِلْمُصَافِحِ عَشَرَةٌ " .  

[رواه البيهقي في "شعب الإيمان / السابع والخمسون من شعب الإيمان وهو باب في حسن الخل / قفصل في طلاقة الوجه وحسن البشر لمن يلقاه من المسلمين / رقم الحديث: ٧٦٩٢].


Dari Umar bin Khattab radliyyAllahu 'anhu beliau berkata : Rasulullah -ﷺ- bersabda :


Jika dua orang muslim bertemu dan masing-masing saling menyapa dan berjabat tangan, maka keduanya menjadi  orang yang lebih dicintai Allah 'Azza Wa Jalla (Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung), orang yang  paling baik dari keduanya  adalah orang yang menyampaikan kabar baik kepada temannya, dan di antara mereka diturunkan 100  rahmat: 90 untuk yang pertama (initiator : pemrakarsa) dan 10 untuk yang berjabat tangan.

[HR. Baihaqiy Dalam Syu'abu Al Iman No. 7692].


Hadits-hadits di atas adalah menunjuk pada mushafahah secara umum, yang meliputi baik mushafahah setelah shalat maupun di luar setelah shalat. Jadi pada intinya mushafahah itu benar-benar disyariatkan baik setelah shalat maupun dalam waktu-waktu yang lainnya. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh hadits di atas. 



*꧁࿐𝐁]• 𝐏𝐞𝐧𝐝𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐏𝐚𝐫𝐚 𝐔𝐥𝐚𝐦𝐚'


✯͜͡❂⊱•1. Menurut Imam al-Thahawiy Al Hanafiy berkata dalam Hasyiyyah Ath Thohawiy (Hal. 530):


 تُطْلَبُ اْلمُصَافحَة فَهِيَ سُنَّة عَقِبَ الصَّلاةِ كُلّهَا وَعِندَ كلِّ لَقِيٍّ 

[انظر كتاب حاشية الطحطاوي على مراقي الفلاح شرح نور الإيضاح : (ص ٥٣٠) /  كتاب الصلاة / باب الجمعة / المؤلف: أحمد بن محمد بن إسماعيل الطحطاوي الحنفي (ت ١٢٣١ هـ) / الناشر: دار الكتب العلمية بيروت - لبنان، الطبعة: الطبعة الأولى ١٤١٨ هـ - ١٩٩٧ مـ].


BAHWA BERSALAMAN SETELAH SHALAT ADALAH SUNAH dan begitu juga setiap berjumpa dengan sesama Muslim. Selesai.


✯͜͡❂⊱• 2)•enurut Imam Izzuddin bin Abdissalam Asy Syafi'iy Beliau berkata Dalam Al Qawa'idu Al Ahkam:


وَلِلْبِدَعِ الْمُبَاحَةِ أَمْثِلَةٌ. مِنْهَا: الْمُصَافَحَةُ عَقِيبَ الصُّبْحِ وَالْعَصْرِ، 

[انظر كتاب قواعد الأحكام في مصالح الأنام : (ج ٢ ص ٢٠٥) / فصل في الاقتصاد في المصالح والخيور / المؤلف: أبو محمد عز الدين عبد العزيز بن عبد السلام بن أبي القاسم بن الحسن السلمي الدمشقي، الملقب بسلطان العلماء الشافعي (ت ٦٦٠هـ) / الناشر: مكتبة الكليات الأزهرية - القاهرة، بدون السنة].


Dan yang termasuk bid'ah yang diperbolehkan, contoh diantaranya adalah :  (Mushafahah/berjabat tangan  setelah shalat) setelah shalat subuh dan ashar. Selesai. 


✯͜͡❂⊱• 3)• Syaikh Abdul Ghani An-Nabulsiy Beliau berkata :


 انَّهَا دَاخِلَة تحْت عُمُوْمِ سُنّةِ اْلمُصَافحَةِ مُطْلقا

[انظر كتاب شرح الطريقة المحمدية للشيخ النابلسي : (ج ٢ ص ١٥٠). وانظر كتاب الشامل في أدلة المسائل - مسائل كثر حولها اللغط وفرقت الأمة وماتزال المؤلف :  بلال أحمد البستاني الرفاعي الحسي]


Mushafahah setelah shalat masuk dalam keumuman hadits tentang mushafahah secara mutlak. 


✯͜͡❂⊱•4)- Imam Muhyidin Al-Nawawiy Al-Syafi'iy Beliau berkata : 


اَنَّ اْلمُصَافحَة بَعْدَ الصَّلاة وَدُعَاء المُسْلِمِ لآخِيْهِ اْلمُسْلِمِ بِأنْ يَّتقبَلَ الله مِنهُ صَلاتهُ بِقوْلِهِ (تقبَّلَ الله) لاَ يَخفى مَا فِيْهِمَا مِنْ خَيْرٍ كَبِيْرٍ وَزِيَادَةِ تَعَارُفٍ وَتألُفٍ وَسَبَب لِرِبَطِ القلوْبِ وَاِظهَار للْوَحْدَةِ وَالترَابُطِ بَيْنَ اْلمُسْلِمِينْ

[انظر كتاب الشامل في أدلة المسائل - مسائل كثر حولها اللغط وفرقت الأمة وماتزال المؤلف :  بلال أحمد البستاني الرفاعي الحسي]



Sesungguhnya mushafahah setelah shalat dan mendoakan saudara muslim supaya shalatnya diterima oleh Allah, dengan ungkapan (semoga Allah menerima shalat anda), adalah di dalamnya terdapat kebaikan yang besar dan menambah kedekatan (antar sesama) dan menjadi sabab eratnya hati dan menampakkan kesatuan antar sesama umat Islam. Selesai.


✯͜͡❂⊱•5)- Imam Ibnu Abdil Barr Al Malikiy rahimahullahu berkata dalam Kitabnya Al Istidzkaar (Juz. 8 Hal. 292):


وَعَلَى جَوَازِ الْمُصَافَحَةِ جَمَاعَةٌ الْعَلَمَاءِ مِنَ السَّلَفِ وَالْخَلَفِ مَا أَعْلَمُ بَيْنَهُمْ فِي ذَلِكَ خِلَافًا. اهـ.

[انظر كتاب الاستذكار : (ج ٨ ص ٢٩٢) /  كتاب حسن الخلق / - باب ما جاء في المهاجرة / المؤلف: أبو عمر يوسف بن عبد الله بن محمد بن عبد البر بن عاصم النمري القرطبي المالكي (ت ٤٦٣هـ) / الناشر: دار الكتب العلمية - بيروت، الطبعة: الأولى، ١٤٢١ - ٢٠٠٠ مـ].


Mengenai bolehnya berjabat tangan, dari  sekelompok ulama dari generasi awal dan akhir, dan saya tidak mengetahui adanya perbedaan pendapat di antara mereka mengenai hal tersebut. Selesai.


✯͜͡❂⊱•6)- Imam Al Hafidz Ahmad Ibnu Hajar Al Asqolaniy Al Mishriy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Fathu Al-Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy (Juz. 2 Hal. 394):


وَكُلُّ مَا لَمْ يَكُنْ فِي زَمَنِهِ يُسَمَّى بِدْعَةً، لَكِنَّ مِنْهَا مَا يَكُونُ حَسَنًا وَمِنْهَا مَا يَكُونُ بِخِلَافِ ذَلِكَ. اهـ

[انظر كتاب فتح الباري بشرح البخاري : (ج ٢ ص ٣٩٤) /  ١١ - كتاب الجمعة / ٢١ - باب الأذان يوم الجمعة / المؤلف: أحمد بن علي بن حجر العسقلاني (٧٧٣ - ٨٥٢ هـ) / الناشر: المكتبة السلفية - مصر, الطبعة: «السلفية الأولى»، ١٣٨٠ - ١٣٩٠ هـ].


Dan setiap yang tidak ada pada zaman Nabi -ﷺ- disebut sebagai bid'ah. Akan tetapi bid'ah ada yang hasan (baik) dan ada juga sebaliknya (tidak baik). 


✯͜͡❂⊱•7)- Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghozaliy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Ihya' Ulumiddin (


فَلَيْسَ كُلُّ مَا أُبْدِعَ مَنْهِيًّا بَلِ الْمَنْهِيُّ بِدْعَةٌ تُضَادُّ سُنَّةً ثَابِتَةً وَتَرْفَعُ ، أَمْرًا مِنَ الشَّرْعِ . اهـ

[انظر كتاب احياء علوم الدين: (ج ١ ص ٣) /  كتاب آداب الأكل / الباب الأول فيما لابد للمنفرد منه / المؤلف: أبو حامد محمد بن محمد الغزالي الطوسي الشافعي (ت ٥٠٥هـ) / الناشر: دار المعرفة - بيروت، بدون السنة].

 

Tidak semua yang diciptakan itu haram, melainkan yang diharamkan adalah inovasi yang bertentangan dengan sunnah yang telah ditetapkan dan menghilangkan tatanan syariat. Selesai.


✯͜͡❂⊱•8)- Imam As Safariniy Al Hanbaliy dalam Kitabnya Ghidza'u Al Albab Fi Syarhi Mandzumati Al Adab (Juz. 1 Hal. 329):


سُئِلَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ ابْنُ تَيْمِيَّةَ - أَغْدَقَ اللَّهُ الرَّحْمَةَ عَلَى رُوحِهِ الزَّكِيَّةِ - عَنْ الْمُصَافَحَةِ بَعْدَ الْعَصْرِ وَالْفَجْرِ هَلْ هِيَ سُنَّةٌ مُسْتَحَبَّةٌ أَمْ لَا ؟ 


أَجَابَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ بِقَوْلِهِ : أَمَّا الْمُصَافَحَةُ عَقِبَ الصَّلَاةِ فَبِدْعَةٌ لَمْ يَفْعَلْهَا رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- وَلَمْ يَسْتَحِبَّهَا أَحَدٌ مِنْ الْعُلَمَاءِ انْتَهَى .


قُلْت : وَظَاهِرُ كَلَامِ ابْنِ عَبْدِ السَّلَامِ مِنْ الشَّافِعِيَّةِ أَنَّهَا بِدْعَةٌ مُبَاحَةٌ . وَظَاهِرُ كَلَامِ الْإِمَامِ النَّوَوِيِّ أَنَّهَا سُنَّةٌ . 

[انظر كتاب غذاء الألباب في شرح منظومة الآداب ؛ (ج ١ ص ٣٢٩) / مطلب أول من صافح وعانق سيدنا إبراهيم عليه السلام].


Syaikhu Islam Ibnu Taimiyyah – semoga Allah melimpahkan rahmat pada jiwanya yang suci – ditanya tentang berjabat tangan setelah shalat ashar dan shalat subuh, apakah itu sunnah yang dianjurkan atau tidak? 


Beliau radhiyallahu 'anhu menjawab dengan mengatakan: Adapun berjabat tangan setelah shalat, itu adalah bid'ah yang tidak dilakukan oleh Rasulullah -ﷺ-, dan satupun dari  para Ulama'  menyukainya. Selesai.


Saya berkata: Makna yang tampak dari perkataan Ibnu Abd al-Salam dari pengikut Imam  Syafi'iy adalah bahwa ITU ADALAH INOVASI/BID'AH  YANG DIPERBOLEHKAN. Makna yang tampak dari perkataan Imam An-Nawawiy adalah bahwa ITU ADALAH SUNNAH. Selesai.



✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱• 


•._.••´¯``•.¸¸.•`   🎀  𝑀𝒶𝑔𝑒𝓁𝒶𝓃𝑔:  🎀   `•.¸¸.•``¯´••._.•


 ٢٠ رمضان ١٤٤٥ ه‍ـ

31 𝕸𝖆𝖗𝖊𝖙 2024 𝕸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top