─═เคนเฆ• ⃟ ⃟ ูง ุดّูุงููู ูกูคูคูฅ ูู • ⃟ ⃟ •เฆเคน═─
─═เคนเฆ• ⃟ ⃟ •⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓
•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐
┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱• ⃟ ⃟ •เฆเคน═─
✯͜͡❂⊱• ๐พ๐๐๐๐๐ ๐ต๐๐๐๐ ๐ถ๐๐๐๐๐ 40, ๐ญ๐๐๐๐ ๐ฏ๐๐๐๐๐๐๐ ๐บ๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ต๐๐
*꧁࿐A]• Mาฝษณฯ ษพฯ ฦ Mฮฑศฅิฮฑแฆ Iษฑฮฑษฑ Sแงฮฑฯฮน'ฮนแง Dฮฑษณ Iษฑฮฑษฑ Aิษฑฮฑิ | ุดَุงِูุนَِّูุฉ َูุญََูุงุจِูุฉ
ฮน)- Sแงฮฑฯฮน'ฮนแงแงฮฑิ
a. Bisa Sah Shalat Jum'at Kurang Dari 40 orang menurut Madzhab Syafi'iyyah dengan digenapi oleh kaum jin, dengan syarat jin jin tersebut:
1) Memenuhi syarat-syarat sahnya salat Jumat, yakni harus laki-laki, merdeka, istรฎthรขn (domisili tetap), dan lain-lainnya, dan
2) Harus bisa menjelma (membo membo : jowo) dalam bentuk manusia.
*꧁࿐Syaikh Abdullah Hijaziy Asy Syarqowiy Al Azhariy Asy Syafi'iy berkata dalam kitabnya Hasyiyyah Asy Syarqowiy 'Ala Syarhi At Tahrir (Juz. 1 Hal. 255):
(َู) ุซَุงَِْูููุง (ุฅَِูุงู َุชَُูุง ุจِุฃَุฑْุจَุนَِْูู) ََْููู ู َุนَ ุงْูุฅِู َุงู ِ (َُُْูููู ุจِุฃَุฑْุจَุนَِْูู) ุฃَْู ََْููู ู ِْู ุงูุฌِِّู َูุญْุฏَُูู ْ ุฃَْู ู َุนَ ุงْูุฅِْูุณِ ุฅِْู ุนُِูู َ ُูุฌُْูุฏُ ุงูุดُّุฑُْูุทِ ِِْูููู ْ ู َِู ุงูุฐُُّْููุฑَุฉِ َูุบَْูุฑَِูุง ََููุงُْููุง ุนََูู ุตُْูุฑَุฉِ ุจَِْูู ุขุฏَู َ ุงูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุฉ ุงูุดุฑูุงูู ุนูู ุดุฑุญ ุงูุชุญุฑูุฑ : (ุฌ ูก ุต ูขูฅูฅ) / ูุชุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ุจุงุจ ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ / ุงูุดูุฎ ุนุจุฏ ุงููู ุญุฌุงุฒู ุงูุดุงูุนู ุงูุงุฒูุฑู، ุงูุดููุฑ ุจุดุฑูุงูู (ุชููู : ูกูขูขูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ : ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช ูุจูุงู، ุงูุทุจุนุฉ : ูกูคูกูง ูู / ูกูฉูฉูฆ ู ู].
(Dan) Kedua (melaksanakannya bersamaan dengan 40 orang), meskipun dengan Imam (ungkapannya, bersamaan 40 orang), artinya meskipun dengan jin saja atau dengan manusia, jika diketahui wujud syarat syaratnya dalam diri mereka yakni 1). harus jin laki-laki, merdeka, istรฎthรขn (domisili tetap) dan lain-lainnya, dan 2) mereka harus jin yang bisa menjelma (membo membo : jowo) dalam bentuk manusia. Selesai.
b. TIDAK SAH
Salat Jumatnya tidak jadi, sebab tidak memenuhi syarat yang berupa biarba'iina (berjumlah 40 orang).
꧁࿐Syaikh Nawawiy bin Umar Al Bantaniy Al Jawiy Al Indonisiy Asy Syafi'iy dalam Kitabnya Nihayatu Az Zaen Fi Irsyadi Al Mubtadi'en (Hal. 137):
(ู) ุงูุซَّุงِูู ุฃَู ูููู ุนุฏุฏ ุฌู َุงุนَุฉ ุงูู ุฌู ุนูู ุฃَุฑْุจَุนَِูู ู ُِْููู ุงูุฅِู َุงู َูุฅِู َูุงَู ุจَุนุถูู ุตูุงَูุง ِูู َูุฑَْูุฉ ุฃُุฎْุฑَู ََููุง ูุธุฑ ََูููููุง ุชูุน َُูู َูุงَِููุฉ ََููุง ุชَْูุนَِูุฏ ุจِุฃََّูู ู ُِْููู َูุฐََِูู ุจِุฃَู ุชَُูุงู (ุจِุฃَุฑْุจَุนَِูู) ู ู ุฃูู ุงْูุฌُู ُุนَุฉ ููู ุงูุฐُُّููุฑ ุงْูุฃَุญْุฑَุงุฑ ุงูู ููููู ุงูู ุณุชูุทููู ุจู ุญููุง َูุง ูุธุนููู ุนَُูู ุดุชุงุก ََููุง ุตููุง ุฅَِّูุง ูุญَุงุฌَุฉ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููุงูุฉ ุงูุฒูู ูู ุฅุฑุดุงุฏ ุงูู ุจุชุฏุฆูู : (ุต ูกูฃูง) / ูุตู ูู ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ / ุงูู ุคูู: ู ุญู ุฏ ุจู ุนู ุฑ ูููู ุงูุฌุงูู ุงูุจูุชูู ุฅูููู ุง، ุงูุชูุงุฑู ุจูุฏุง ุงูุงูุฏูููุณู ุงูุดุงูุนู (ุช ูกูฃูกูฆูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
(Dan) Yang kedua, jumlah jama'ah yang berkumpul adalah 40 orang, termasuk imamnya, dan jika ada di antara mereka yang shalat di desa lain, dan tidak dianggap bahwa itu adalah shalat sunnah baginya, maka shalat jum'ah tidak jadi, dengan diselenggarakan oleh orang-orang yang lebih sedikit dari mereka, dan itupun jikalau diselenggarakan dengan (40) dari orang-orang yang menjadi ahli Jum'ah, yaitu ; laki-laki merdeka, mukallaf, dan menetap di tempatnya, dan tidak melewatkan darinya pada musim dingin atau musim panas, kecuali karena ada hajat. Selesai.
꧁࿐Imam Abu Zakariyya Muhyiddin An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (Juz. 4 Hal. 503 - 504):
َูุฏْ ุฐََูุฑَْูุง ุฃََّู ู َุฐَْูุจََูุง ุงุดุชุฑุงุท ุฃุฑุจุนูู ูุจู ูุงู ุนุจูุฏ ุงููู ุจู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนุชุจุฉ ูุงุญู ุฏ ูุงุณุญู ََُููู ุฑَِูุงَูุฉٌ ุนَْู ุนُู َุฑَ ุจِْู ุนَุจْุฏِ ุงْูุนَุฒِูุฒِ َูุนَُْูู ุฑَِูุงَูุฉٌ ุจِุงุดْุชِุฑَุงุทِ ุฎَู ْุณَِูู
ََููุงَู ุฑَุจِูุนَุฉُ ุชَْูุนَِูุฏُ ุจِุงุซَْْูู ุนَุดَุฑَ ََููุงَู ุฃَุจُู ุญََِูููุฉَ َูุงูุซَّْูุฑُِّู َูุงَّْูููุซُ َูู ُุญَู َّุฏٌ ุชَْูุนَِูุฏُ ุจِุฃَุฑْุจَุนَุฉٍ ุฃَุญَุฏُُูู ْ ุงْูุฅِู َุงู ُ
َูุญََูุงُู ุงุจُْู ุงْูู ُْูุฐِุฑِ ุนَْู ุงْูุฃَْูุฒَุงุนِِّู َูุฃَุจِู ุซَْูุฑٍ َูุงุฎْุชَุงุฑَُู
َูุญََูู ุบَْูุฑُُู ุนَْู ุงْูุฃَْูุฒَุงุนِِّู َูุฃَุจِู ُููุณَُู ุงْูุนَِูุงุฏََูุง ุจِุซََูุงุซَุฉٍ ุฃَุญَุฏُُูู ْ ุงْูุฅِู َุงู ُ
ََููุงَู ุงْูุญَุณَُู ุจُْู ุตَุงِูุญٍ َูุฏَุงُูุฏ ุชَْูุนَِูุฏُ ุจِุงุซَِْْููู ุฃَุญَุฏُُูู َุง ุงْูุฅِู َุงู ُ ََُููู ู َุนَْูู ู َุง ุญََูุงُู ุงุจُْู ุงْูู ُْูุฐِุฑِ ุนَْู ู َْูุญٍُูู
ََููุงَู ู َุงٌِูู َูุง ُูุดْุชَุฑَุทُ ุนَุฏَุฏٌ ู ُุนٌِูู ุจَْู ُูุดْุชَุฑَุทُ ุฌَู َุงุนَุฉٌ ุชُุณَُْูู ุจِِูู ْ َูุฑَْูุฉٌ َََูููุนُ ุจََُْูููู ْ ุงْูุจَْูุนُ َูุงูุดِّุฑَุงุกُ ََููุง َูุญْุตُُู ุจِุซََูุงุซَุฉٍ َูุฃَุฑْุจَุนَุฉٍ ََููุญِِْููู ْ َูุญََูู ุงูุฏَّุงุฑِู ُِّู ุนู ุงููุงุณุงูู ุงููุง ุชูุนูุฏ ุจูุงุญุฏ ู ููุฑุฏ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ : (ุฌ ูค ุต ูฅู ูฃ - ูฅู ูค) / ูุชุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ุจุงุจ ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
Telah kami sebutkan bahwa Madzhab kami (Syafi'iyyah) adalah disyaratkan 40 orang, dan itu diucapkan oleh Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah, Imam Ahmad, dan Ishaq, dan itu adalah riwayat dari Umar bin Abdul Aziz, dan darinya ada riwayat disyaratkan 50 orang.
Dan Rabi'ah berkata: Shalat Jumat SAH diadakan dengan 12 orang, dan Abu Hanifah, Al-Tsauriy, Al-Laits dan Muhammad berkata: Shalat Jumat SAH diadakan dengan 4 orang, salah satunya adalah Imamnya.
Ibnu al-Mundzir meriwayatkan dari al-Auza'iy dan Abu Tsaur, dan dia memilihnya.
Dihikayatkan dari al-Auza’iy dan Abu Yusuf (Sahabat Abu Hanifah), shalat Jum'at SAH diadakan dengan 3 orang, salah satunya imamnya.”
Kata Al-Hasan bin Shalih dan Dawud : Shalat Jumat SAH diadakan dengan 2 orang, salah satunya menjadi imam. Inilah makna apa yang diriwayatkan oleh Ibn Al-Mundzir dari Makhul.”
Imam Malik mengatakan : TIDAK DITENTUKAN JUMLAH TERTENTU, melainkan ditetapkan satu kelompok yang tinggal dalam satu kampung, dan terjadi jual beli di antara mereka, namun tidak terlaksana dengan tiga, empat, atau sejenisnya. Dan Ad- Darimi meriwayatkan dari Al-Fassani bahwa Shalat Jumat SAH diadakan dengan 1 (satu) orang saja. Selesai.
c. LEBIH UTAMA SHALAT JUM'AT KURANG DARI 40 ORANG DARIPADA MENINGGALKANNYA Dengan Mengikuti Salahsatu Imam Madzhab Yang Mengesahkan Shalat Jum'at Walaupun Kurang dari 40 orang.
ูุงูุช ุฏุงุฑ ุงูุงูุชุงุก ุงูู ุตุฑูุฉ:
ูุดุชุฑุท ูุตุญุฉ ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ุนูุฏ ุงูุดุงูุนูุฉ ูุงูุญูุงุจูุฉ ุฃู ูููู ุนุฏุฏ ุงูู ุตููู ุฃุฑุจุนูู، ูุฃุฌุงุฒ ุงูู ุงูููุฉ ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ุฅุฐุง ูุงู ุนุฏุฏ ุงูู ุตููู ุงุซูู ุนุดุฑ، ูุฃุฌุงุฒ ุงูุญูููุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ุฅุฐุง ูุงู ุนุฏุฏ ุงูู ุตููู ุซูุงุซุฉ ุจู ุง ูููู ุงูุฅู ุงู .
ูุนูู ูุฐุง ููุจุบู ูุฃูู ุงููุฑูุฉ ุงูู ุฐููุฑุฉ ุฃู ูููู ูุง ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ุนู ูุงً ุจู ุฐุงูุจ ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูุฐูู ุฃุฌุงุฒูุง ุงูุฌู ุนุฉ ุจุฃูู ู ู ุฃุฑุจุนูู، ูุฐูู ุฃููู ู ู ุชุฑููู ุงูุฌู ุนุฉ.
["ูุชุงูู ุงูุดูุฎ ููุญ ุนูู ุณูู ุงู" (ูุชุงูู ุงูุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ / ูุชูู ุฑูู /5)].
꧁࿐Dar Al Ifta' Mesir mengatakan:
Untuk sahnya shalat Jumat, menurut Syafi'i dan Hanbali, jumlah jamaah harus 40 orang.
Menurut Malikiyyah membolehkan shalat Jumat jika jumlah jamaahnya 12 orang,
dan menurut Hanafiyyah membolehkan shalat Jumat jika jumlah jamaahnya 3 orang. , termasuk imamnya.
Oleh karena itu, hendaknya masyarakat desa tersebut (yang kurang dari 40 orang) tetap melaksanakan shalat Jumat sesuai dengan ajaran para imam YANG MEMBOLEHKAN SHALAT JUMAT KURANG DARI 40 ORANG, dan itu lebih baik daripada meninggalkan shalat Jumat.
["Fatwa Syaikh Nuh Ali Salman" (Fatwa Sholat Jum'at / Fatwa No. 5)].
รฏรฏ)- Hฮฑษณฮฑแฆฮนส ส ฮฑิ
Dari Imam Ahmad : Shalat Jumat wajib diadakan dan sah dengan 40 orang, yang semuanya berdomisli ditempat tertentu, dan sisanya mengikuti.
Dan riwayat Imam Ahmad yang lain : Shalat Jumat SAH diadakan dengan 50 orang.
Dan riwayat Imam Ahmad yang lain : Shalat Jumat SAH diadakan dengan 3 orang saja, 1 menjadi Khathib dan yang 2 mendengarkannya.
✯͜͡❂⊱•Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisiy Al-Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Al Mughniy (Juz. 2 Hal. 243):
َูู ْ ุชَุฌِุจْ ุนََِْูููู ْ ุงْูุฌُู ُุนَุฉُ، ุฅَّูุง ุฃَْู َูุฌْุชَู ِุนَ ู َِْููุง ู َุง َูุณُُُْููู ุฃَุฑْุจَุนَُูู، َูุชَุฌِุจُ ุงْูุฌُู ُุนَุฉُ ุจِِูู ْ، ََููุชْุจَุนُُูู ْ ุงْูุจَุงَُููู ...(ุงูู ุฃู ูุงู)...
َูุตٌْู: َูุฃَู َّุง ุงْูุฃَุฑْุจَุนَُูู، َูุงْูู َุดُْููุฑُ ِูู ุงْูู َุฐَْูุจِ ุฃََُّูู ุดَุฑْุทٌ ُِููุฌُูุจِ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ َูุตِุญَّุชَِูุง. َูุฑَُِูู ุฐََِูู ุนَْู ุนُู َุฑَ ุจِْู ุนَุจْุฏِ ุงْูุนَุฒِูุฒِ، َูุนُุจَْูุฏِ ุงَِّููู ุจِْู ุนَุจْุฏِ ุงَِّููู ุจِْู ุนُุชْุจَุฉَ، ََُููู ู َุฐَْูุจُ ู َุงٍِูู، َูุงูุดَّุงِูุนِِّู َูุฑَُِูู ุนَْู ุฃَุญْู َุฏَ ุฃَََّููุง َูุง ุชَْูุนَِูุฏُ ุฅَّูุง ุจِุฎَู ْุณَِูู؛
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุบูู : (ุฌ ูข ุต ูขูคูฃ) / ู ุณุฃูุฉ ุฏุฎู ูุงูุฅู ุงู ูุฎุทุจ / ู ุณุฃูุฉ ุฅุฐุง ูู ููู ูู ุงููุฑูุฉ ุฃุฑุจุนูู ุฑุฌูุง ุนููุงุก ูู ุชุฌุจ ุนูููู ุงูุฌู ุนุฉ /
ุงูู ุคูู: ุฃุจู ู ุญู ุฏ ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุฃุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ูุฏุงู ุฉ ุงูู ูุฏุณู ุงูุญูุจูู (ูฅูคูก - ูฆูขู ู) / ุงููุงุดุฑ: ู ูุชุจุฉ ุงููุงูุฑุฉ
ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، (ูกูฃูจูจ ูู = ูกูฉูฆูจ ู ู) - (ูกูฃูจูฉ ูู = ูกูฉูฆูฉ ู ู)].
Tidak wajib bagi mereka untuk menunaikan shalat Jum'at, kecuali jika berkumpul di sana sebanyak 40 orang, yang mana hal itu wajib bagi mereka, dan sisanya mengikuti... (sampai beliau berkata)...
Bab: Adapun 40 orang, dalam Al Madzhab (Hanabilah) yang masyhur bahwa itu adalah syarat wajib dan sahnya shalat Jumat. Hal ini diriwayatkan dari Umar bin Abdul Aziz, dan 'Ubaidillah bin Abdullah bin 'Utbah, dan ini adalah Madzhab Imam Malik, dan Asy-Syafi'iy, dan diriwayatkan dari Imam Ahmad bahwasanya shalat Jum'at tidak jadi (sah) kecuali dilaksanakan oleh 50 orang. Selesai.
✯͜͡❂⊱•Imam Taqiyyuddin Ibnu Taimiyyah Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Al Ikhtiyarat Al Fiqhiyyah (Hal. 439):
ุชูุนูุฏ ุงูุฌُู ุนุฉُ ุจุซูุงุซุฉ: ูุงุญุฏٌ ูุฎุทُุจ، ูุงุซูุงู ูุณุชู ุนุงู، ููู ุฅุญุฏู ุงูุฑِّูุงูุงุช ุนู ุฃุญู ุฏَ، ูููู ุทุงุฆูุฉٍ ู ู ุงูุนูู ุงุก، ููุฏ ُููุงู ุจูุฌูุจูุง ุนูู ุงูุฃุฑุจุนูู؛ ูุฃَّูู ูู ูุซุจُุช ูุฌูุจูุง ุนูู ู َู ุฏูููู ، ูุชุตุญُّ ู ู َّู ุฏูููู ؛ ูุฃَّูู ุงูุชูุงٌู ุฅูู ุฃุนูู ุงููุฑุถَِูู: ูุงูู ุฑูุถِ ุจุฎูุงِู ุงูู ุณุงูุฑِ، ูุฅَّู ูุฑุถَู ุฑูุนุชุงู. ุฅูุชูู
Sholat Jum'at sah dilaksanakan oleh 3 orang, yang 1 menyampaikan khotbah, dan yang 2 orang lagi mendengarkan. Ini adalah salah satu riwayat dari Ahmad, dan pendapat sekelompok ulama, dan boleh dikatakan wajib atas 40 orang. Karena belum tetap hukum wajib shalat Jum'at atas orang yang kurang dari 40 orang, dan shalat Jumat sah dari orang yang kurang dari jumlah mereka. Karena hal tersebut merupakan peralihan ke shalat wajib yang lebih tinggi: seperti orang sakit, berbeda dengan musafir yang wajib shalatnya dua rakaat. Selesai.
*꧁࿐B]•PINDAH MADZHAB MENGIKUTI IMAM ABU HANIFAH DAN IMAM MALIK | ุญَََِّูููุฉ ูู َุงٌَِّูููุฉ
ฮน)- Hฮฑษณฮฑฯฮนแงแงฮฑิ
Imam Abu Ja'far Ahmad Ath Thahawiy Al Hanafiy dalam kitabnya Mukhtashar Ikhtilafi Al 'Ulama (Juz. 1 Hal. 330):
ِูู ุนุฏุฏ ู ู ุชุตุญ ู ُِْูู ุงْูุฌُู ُุนَุฉ. َูุงَู ุฃَุตْุญَุงุจَูุง َูุงَّْูููุซ ุซََูุงุซَุฉ ุณูู ุงูุฅِู َุงู . َูุฑَُِูู ุนَู ุฃุจู ُููุณُู ุงุซَْูุงู ุณูู ุงูุฅِู َุงู َูุจِู َูุงَู ุงูุซَّْูุฑّู َูุงْูุญุณู ุจู ุญَّู ุฅِุฐุง ูู ูุญุถุฑ ุงูุฅِู َุงู ุฅَِّูุง ุฑุฌู َูุงุญِุฏ ุฎุทุจ ุนََِْููู َูุตูู ุจِِู ุงْูุฌُู ُุนَุฉ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ุฎุชุตุฑ ุงุฎุชูุงู ุงูุนูู ุงุก : (ุฌ ูก ุต ูฃูฃู ) / ุงูุฌุฒุก ูก / ูู ุนุฏุฏ ู ู ุชุตุญ ู ูู ุงูุฌู ุนุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฌุนูุฑ ุฃุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุณูุงู ุฉ ุจู ุนุจุฏ ุงูู ูู ุจู ุณูู ุฉ ุงูุฃุฒุฏู ุงูุญุฌุฑู ุงูู ุตุฑู ุงูู ุนุฑูู ุจุงูุทุญุงูู ุงูุญููู (ุช ูฃูขูก ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูุจุดุงุฆุฑ ุงูุฅุณูุงู ูุฉ - ุจูุฑูุช، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงููุฉ، ูกูคูกูง ูู].
Dalam jumlah orang yang shalat Jumat sah darinya. Para sahabat kami (Hanafiyyah), dan Al-Laits mengatakan 3 orang kecuali Al-Imam. Dan diriwayatkan dari Abu Yusuf, 2 orang kecuali Imam, dan Al-Tsauriy dan Al-Hasan bin Hayy berkata : “Jika Imam tidak hadir kecuali hadir satu orang, maka dia yang menyampaikan khotbahnya dan memimpin shalat Jum'at bersamanya.” Selesai.
✯͜͡❂⊱•Imam Abdurrahman Al Jaziriy dalam Kitabnya Al Fiqhu 'Ala Madzahibi Al Arba'ah (Juz. 1 Hal. 352):
ุงูุญูููุฉ ูุงููุง: ูุดุชุฑุท ูู ุงูุฌู ุงุนุฉ ุงูุชู ุชุตุญ ุจูุง ุงูุฌู ุนุฉ ุฃู ุชููู ุจุซูุงุซุฉ ุบูุฑ ุงูุฅู ุงู ، ูุฅู ูู ูุญุถุฑูุง ุงูุฎุทุจุฉ، ููู ุฎุทุจ ุจุญุถูุฑ ูุงุญุฏ، ุซู ุงูุตุฑู ูุจู ุงูุตูุงุฉ ูุญุถุฑ ุซูุงุซุฉ ุฑุฌุงู ุจุนุฏ ุฐูู ูุตูู ุจูู ุตุญุช ู ู ุบูุฑ ุฃู ูุนูุฏ ุนูููู ุงูุฎุทุจุฉ،
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูููู ุนูู ุงูู ุฐุงูุจ ุงูุฃุฑุจุนุฉ : (ุฌ ูก ุต ูฃูฅูข) / ู ุจุงุญุซ ุงูุฌู ุนุฉ / ุงูุฌู ุงุนุฉ ุงูุชู ูุง ุชุตุญ ุงูุฌู ุนุฉ ุฅูุง ุจูุง / ุงูู ุคูู: ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุจู ู ุญู ุฏ ุนูุถ ุงูุฌุฒูุฑู (ุช ูกูฃูฆู ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุจูุฑูุช - ูุจูุงู، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงููุฉ، ูกูคูขูค ูู - ูขู ู ูฃ ู ู].
Hanafiyyah berkata: Ditetapkan bahwa jamaah yang sah shalat Jumatnya harus terdiri dari 3 orang selain imam, meskipun mereka tidak menghadiri khotbah. Jika ia menyampaikan khotbah di hadapan 1 orang, lalu ia pergi terlebih dahulu sebelum shalat Jum'at, dan 3 orang laki-laki hadir setelah itu dan dia shalat bersama mereka, maka shalat jum'ahnya sah tanpa mengulangi khutbah kepada mereka. Selesai.
รฏรฏ)- Mฮฑส ฮนฦฮนแงแงฮฑิ
Shalat Jumat sah dilaksanakan minimal oleh 12 orang selain imam yang berdomisili tetap bukan musafir, anak anak, wanita, dan hamba sahaya.
✯͜͡❂⊱•Imam Al Hathab Ar Ru'ainiy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Mawahibu Al Jalil Fi Syarhi Mukhtashar Khalil (Juz. 2 Hal. 166):
ุงْูุฃَُِูู َูุงَّููุงู ُ ِูู ุงْูุฌَู َุงุนَุฉِ ِْููุนَْูุฏِ، ََููุฃََُّูู ُูุดِูุฑُ ุฅَูู ุงْูุฌَู َุงุนَุฉِ ุงَّูุฐَِูู َูุง ุชُุฌْุฒِุฆُ ุงْูุฌُู ُุนَุฉُ ุฅَّูุง ุจِِูู ْ، ََُููู ุงِูุงุซَْูุง ุนَุดَุฑَ. َُููุคَِّูุฏُُู َُْููู ุตَุงุญِุจِ ุงูุทِّุฑَุงุฒِ: َูุฅِْู َูุฑَุบَ ุงْูู ُุคَุฐُِّู ََููู ْ َูุฃْุชِ ุฃَุญَุฏٌ ُูุธِุฑَ: َูุฅِْู َูุงَู ِูู ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ุฌَู َุงุนَุฉٌ ุชَْูุนَِูุฏُ ุจِِูู ْ ุงْูุฌُู ُุนَุฉُ، ุฎَุทَุจَ، َูุฅَِّูุง ุงْูุชَุธَุฑَ ุงْูุฌَู َุงุนَุฉَ. ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ูุงูุจ ุงูุฌููู ูู ุดุฑุญ ู ุฎุชุตุฑ ุฎููู : (ุฌ ูข ุต ูกูฆูฆ) / ูุตู ุดุฑุท ุงูุฌู ุนุฉ / ูุฑุน ุฐูุฑ ุฎุทูุจ ุงูุตูุงุฉ ูู ุฎุทุจุชู ุงูุตุญุงุจุฉ ูุงูุณูุทุงู / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูุทุฑุงุจูุณู ุงูู ุบุฑุจู، ุงูู ุนุฑูู ุจุงูุญุทุงุจ ุงูุฑُّุนููู ุงูู ุงููู (ุช ูฉูฅูคูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงูุซุฉ، ูกูคูกูขูู - ูกูฉูฉูขู ู].
Alif dan lam pada kelompok itu adalah untuk akad, seolah-olah menunjuk pada sekelompok jamaah yang tanpanya shalat Jum'at tidak cukup (sah), yaitu 12 orang (selain imam). Hal ini didukung dengan ungkapan penulis kitab Ath Tharaz : Jika muadzin selesai adzan dan tidak ada satupun orang yang datang, maka dilihat jika ada jamaah didalam masjid, maka shalat Jum'at sah bersama mereka, dan dia menyampaikan khutbah, dan jika tidak demikian, maka dia harus menunggu jamaah datang. Selesai.
✯͜͡❂⊱•Imam Abdurrahman Al Jaziriy dalam Kitabnya Al Fiqhu 'Ala Madzahibi Al Arba'ah (Juz. 1 Hal. 352):
ุงูู ุงูููุฉ ูุงููุง: ุฃูู ุงูุฌู ุงุนุฉ ุงูุชู ุชูุนูุฏ ุจูุง ุงูุฌู ุนุฉ ุงุซูุง ุนุดุฑ ุฑุฌูุงً ุบูุฑ ุงูุฅู ุงู ، ููุดุชุฑุท ูููู ุดุฑูุท:
ุฃุญุฏูุง: ุฃู ูููููุง ู ู ู ุชุฌุจ ุนูููู ุงูุฌู ุนุฉ، ููุง ูุตุญ ุฃู ูููู ู ููู ุนุจุฏ ุฃู ุตุจู ุฃู ุงู ุฑุฃุฉ،
ุงูุซุงูู: ุฃู ูููููุง ู ุชูุทููู، ููุง ูุตุญ ุฃู ูููู ู ููู ู ููู ุจุจูุฏ ุงูุฌู ุนุฉ ูุชุฌุงุฑุฉ ู ุซูุงً ุฃู ู ุณุงูุฑ ููู ุงูุฅูุงู ุฉ ุฃุฑุจุนุฉ ุฃูุงู ،
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูููู ุนูู ุงูู ุฐุงูุจ ุงูุฃุฑุจุนุฉ : (ุฌ ูก ุต ูฃูฅูข) / ู ุจุงุญุซ ุงูุฌู ุนุฉ / ุงูุฌู ุงุนุฉ ุงูุชู ูุง ุชุตุญ ุงูุฌู ุนุฉ ุฅูุง ุจูุง / ุงูู ุคูู: ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุจู ู ุญู ุฏ ุนูุถ ุงูุฌุฒูุฑู (ุช ูกูฃูฆู ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุจูุฑูุช - ูุจูุงู، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุซุงููุฉ، ูกูคูขูค ูู - ูขู ู ูฃ ู ู].
*꧁࿐Imam Ibnu Hazm Adz Dzohiriy berkata dalam Kitabnya Al Muhalla Bi Al Atsar (Juz. 3 Hal. 249):
ุฅุฐَุง َูุงَู َูุงุญِุฏٌ ู َุนَ ุงْูุฅِู َุงู ِ ุตَََّููุง ุงْูุฌُู ُุนَุฉَ ุจِุฎُุทْุจَุฉِ ุฑَْูุนَุชَِْูู.ََُููู َُْููู ุงْูุญَุณَِู ุจِْู ุญَِّู، َูุฃَุจِู ุณَُْููู َุงَู، َูุฌَู ِูุนِ ุฃَุตْุญَุงุจَِูุง، َูุจِِู َُُูููู؟
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ُุญَّูู ุจุงูุขุซุงุฑ : (ุฌ ูฃ ุต ูขูคูฉ) / ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ู ุณุฃูุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ุฅุฐุง ุตูุงูุง ุงุซูุงู ูุตุงุนุฏุง ุฑูุนุชุงู ูุฌูุฑ ูููู ุง / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ู ุญู ุฏ، ุนูู ุจู ุฃุญู ุฏ ุจู ุณุนูุฏ ุจู ุญุฒู ุงูุฃูุฏูุณู [ุงูุธุงูุฑู، ุช ูคูฅูฆ ูู] / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช، ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Dari hadist Ibrahim Al-Nakha'iy : “Jika 1 orang bersama imam, maka dia shalat Jumat dengan khutbah dua rakaat,” dan ini adalah perkataan Al-Hasan bin Hayy, Abu Sulaiman, dan semua teman kami (Dzohiriyyah), dan kami mengatakan ini. Selesai.
*꧁࿐Imam Asy Syaukaniy berkata dalam Kitabnya Nailu Al Author (Juz. 3 Hal. 276):
َูุฃَู َّุง ู َْู َูุงَู ุฅََّููุง ุชَุตِุญّ ุจِุงุซَِْْููู َูุงุณْุชَุฏََّู ุจِุฃََّู ุงْูุนَุฏَุฏ َูุงุฌِุจٌ ุจِุงْูุญَุฏِูุซِ َูุงْูุฅِุฌْู َุงุน، َูุฑَุฃَู ุฃََُّูู َูู ْ َูุซْุจُุช ุฏَِููู ุนََูู ุงุดْุชِุฑَุงุท ุนَุฏَุฏ ู َุฎْุตُูุต، ََููุฏْ ุตَุญَّุชْ ุงْูุฌَู َุงุนَุฉ ِูู ุณَุงุฆِุฑ ุงูุตَََّููุงุช ุจِุงุซَِْْููู، ََููุง َูุฑْู ุจَََْูููุง َูุจَْูู ุงْูุฌَู َุงุนَุฉِ، ََููู ْ َูุฃْุชِ َูุตٌّ ู ِْู ุฑَุณُูู ุงَّููู -๏ทบ- ุจِุฃََّู ุงْูุฌُู ُุนَุฉ َูุง ุชَْูุนَِูุฏ ุฅَّูุง ุจَِูุฐَุง، ََููุฐَุง ุงَْْูููู َُูู ุงูุฑَّุงุฌِุญُ ุนِْูุฏِู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููู ุงูุฃูุทุงุฑ : (ุฌ ูฃ ุต ูขูงูฆ) / ุฃุจูุงุจ ุงูุฌู ุนุฉ / ุจุงุจ ุงูุนูุงุฏ ุงูุฌู ุนุฉ ุจุฃุฑุจุนูู ูุฅูุงู ุชูุง ูู ุงููุฑู / ุงูู ุคูู: ู ุญู ุฏ ุจู ุนูู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงููู ุงูุดููุงูู ุงููู ูู (ุช ูกูขูฅู ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูุญุฏูุซ، ู ุตุฑ
ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูฃูู - ูกูฉูฉูฃู ู].
“Dan adapun siapapun yang berkata: bahwa Shalat Jum'at sah dengan jumlah sebanyak 2 orang karena berdalilkan bahwa jumlah tersebut adalah wajib berdasarkan hadits dan Ijma' dan mengatakan bahwa tidak tetap satu dalil yang mensyaratkan jumlah tertentu. Maka sesungguhnya sah sholat jama'ah dan semua sholat lainnya dengan jumlah 2 orang. Maka tidak ada perbedaan antara sholat Jum'at dengan sholat jama'ah, tidak ada juga walau satu nash (ketentuan) dari Rasulullah -๏ทบ- yang menunjukkan sholat Jum'at tidak terlaksana melainkan dengan jumlah sekian dan sekian. Inilah pandangan yang rajih (paling benar) menurutku.” Selesai.
✯͜͡❂⊱•ุฃَูุญَู ْุฏُ ِِّูููู ุงَّูุฐِْู ุจِِูุนْู َุชِِู ุชَุชُู ُّ ุงูุตّุงِูุญَุงุชُ✯͜͡❂⊱•
•._.••´¯``•.¸¸.•` ๐ ๐๐ถ๐๐๐๐ถ๐๐: ๐ `•.¸¸.•``¯´••._.•
ูง ุดّูุงูููู ูกูคูคูฅ ูู
16 เธpril 2024 เน
Tidak ada komentar:
Posting Komentar