Bismillahirrohmaanirrohiim

Rabu, 01 Januari 2014

وضع اليدين بعد تكبيرة الإحرام أو تكبيرة الانتقال في الصلاة عند السنة | MELETAKKAN TANGAN SETELAH TAKBIRATUL IHRAM ATAU TAKBIRATUL INTIQOOL DALAM SHALAT MENURUT SUNNAH

1. MENARUH TANGAN:

a). Menaruh tangan kanan di atas tangan kiri sambil memegang.
(HR. Bukhari)

Dalam riwayat ini menyebutkan : MENARUH. Sebagaimana hadits dari Sahl bin Sa’ad radliyyallaahu 'anhu :

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ :كَانَ النَّاسُ يُؤْمَرُوْنَ أَنْ يَضَعَ الرَّجُلُ الْيَدَ الْيُمْنَى عَلَى ذِرَاعِهِ الْيُسْرَى فِى الصَّلاَةِ.
(رواه البخاري : 188/1)

Dari Sahl bin Sa’ad berkata:”Manusia diperintahkan bahwa seseorang meletakkan tangan kanannya atas lengan kirinya di dalam sholat.
(HR. Al-Bukhari : I/ 188, Daar Wa Mathobi' Ays-Syab, Maktabah 'Ilmi, Makkah)

b). Batas menaruh, yaitu dg meletakkan tangan kanan diatas pergelangan dn lengan tangan kiri.
(HR. Nasa'I)

Dalam riwayat ini menyebutkan : MEMEGANG. Sebagaimana hadits dari ‘Alqomah bin Wail dari ayahnya :

عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم إِذَا كَانَ قَائِمًافِى الصَّلاَةِ قَبَضَ بِيَمِيْنِهِ عَلَى شِمَالِهِ.
(رواه النسائى : 126/2)

Dari ‘Alqomah bin Wail dari ayahnya berkata:”Saya melihat Rasulullah shalallaahu 'alaihi wasallama ketika berdiri di dalam sholat menggenggam tangan kiri dengan tangan kanan.”
(HR An-Nasaiy : II/ 126, Daar Fikr, Beirut, Th. 1398 H/ 1979 M)


2. BERBAGAI RIWAYAT TENTANG POSISI MENARUH TANGAN:

a). Pada dada.
(HR. Bazzar)

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى يَدِهِ الْيُسْرَى عَلَى صَدْرِهِ ( وفي رواية البزار بلفظ :عِنْدَ صَدْرِهِ).
( أخرجه أبن خزيمة. والبزار. وانظر  فى تحفة الاحواذى شرح سنن الترمذي  : 93/2، مكتبة المدتي)

Dari Wail bin Hajar berkata:”Saya sholat bersama Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama,  kemudian beliau meletakkan tangan kanannya atas tangan kirinya di atas dadanya (Dalam riwayat Al Bazzar dengan lafadz : pada dadanya).”
(HR. Ibnu Khuzaimah dan Al-Bazzar. Lihat Syarah Tirmidzi di Tuhfatul Ahwadzi : 2/93, Maktabah Al-Madaniy, cet. Kedua, Th. 1343 H/ 1963 M)

وَقَالَ الْحَافِظُ فِي فَتْحِ الْبَارِي وَلَمْ يَذْكُرْ أَيْ سَهْلُ بْنُ سَعْدٍ مَحَلَّهُمَا مِنَ الْجَسَدِ وَقَدْ رَوَى بن خُزَيْمَةَ مِنْ حَدِيثِ وَائِلٍ أَنَّهُ وَضَعَهُمَا عَلَى صَدْرِهِ وَالْبَزَّارُ عِنْدَ صَدْرِهِ.
{انظر فتح الباري شرح صحيح البخاري}

Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalaniy dalam Fathu Al Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy mengatakan : Dan Sahal bin Sa'id tidak menyebutkan tempat dimana kedua tangannya diletakkan. Dan sungguh Ibnu Huzaimah telah meriwayatkan dari hadits Wail bahwasannya Rasulullah meletakkan kedua tangannya diatas dada beliau (dan dalam riwayat Al Bazzar : Rasulullah meletakkan kedua tangan beliau didada beliau).
{Lihat Kitab Fathu Al Baari Syarhu Shahih Al Bukhariy Karya Ibnu Hajar Al Asqalaniy)     


b). Di atas dada.
(HR. Ibnu Huzaimah)

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Huzaimah dari Wail bin Hujrin radliyyallaahu 'anhu :

وَلإِ بْنِ خُزَيْمَةَ عَنْ وَائِلٍ أَنَّهُ صلى الله عليه وسلم وَضَعَهُمَا عَلَى صَدْرِهِ.
(رواه ابن خزيمة . شرح الموطأ : 321/1، للإمام الزرقاني، مكتبة التجارية دار الفكر} 

Dan dari Ibnu Khuzaimah dari Wail sesungguhnya Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama meletakkan kedua tangannya di atas dadanya.
(HR Ibnu Khuzaimah, Lihat Syarhul Muwatho' LiI Imam Zarqoniy: 1/321, Al-Maktabah Al-Tijariyyah Al-Kubra, Daar Fikr Th. 1355 H/ 1939 M)

وَقِيْلَ الُمُرَادُ بِقَوْلِهِ (وَانْحَرْ) وَضْعُ الْيَدِ الْيُمْنَى عَلَى الْيَدِ الْيُسْرَى تَحْتَ النَّحْرِ يُرْوَيْ هَذَا عَنْ عَلِيِّ وَلاَ يَصِحُّ, وَعَنِ الشَّعْبِى مِثْلَهُ وَعَنْ أَبِى جَعْفَرَ الْبَاقِرِى.
( تفسير ابن كثير : 556/4)

Dikatakan bahwa maksud lafadz ‘wanhar’ adalah meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri , dibawah tenggorokan.Hal ini diriwayatkan dari Ali radliyyallaahu 'anhu namun riwayat ini tidak benar. Asy-Sya’bi dan Abi Ja’far al-Baqiriy juga meriwayatkan pendapat ini.
( Lihat Tafsir Ibnu Katsir : IV/ 556)


c). Di atas pusar.
(HR. Abu Dawud)

Sebagaimana hadits dari Ibnu Jarir dari ayahnya :

عَنْ ابْنِ جَرِيْرٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ: رَأَيْتُ عَلِيًّا رَضِيَ الله عَنْهُ يَمْسِكُ شِمَالَهُ بِيَمِيْنِهِ عَلَى الرُّسْخِ فَوْقَ السُّرَّةِ . قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ :وَرُوِىَ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ فَوْقَ السُّرَّةِ.
(رواه أبو داود : 201/1)

Dari Ibnu Jarir dari ayahnya berkata: ”Saya melihat Sayyidina Ali radliyyallaahu 'anhu memegang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanannya di atas pusar.” (Berkata Abu Dawud: ”Diriwayatkan dari Sa’id bin Jubair di atas pusar.
(HR Abu Dawud I:201)
Hadits ini mauquf atas Sayyidina Ali dan diriwayatkan dari Sa’id bin Jubair , seorang Tabi’in).


d). Di bawah pusar.
(HR. Abu Dawud)

عَنْ أَبِى جُحَيْفَةَ أَنَّ عَلِيًّا رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: السُّنَّةُ وَضْعُ الْكَفِّ عَلَى الْكَفِّ فِى الصَّلاَةِ تَحْتَ السُّرَّةِ.
(رواه أبو داود : 201/1)

Dari Abi Juhaifah bahwa Ali ra berkata:”Sunnat hukumnya meletakkan telapak tangan di atas telapak tangan yang lain di dalam sholat di bawah pusar.”
(HR Abu Dawud. : I / 201
Dalam Kitab Al Majmu' Syarhul Muhadzab LiI Imam Nawawiy: 3/313, Idaroh Ath-Thiba'ah Al-Muniriyyah. Hadits ini Statusnya Dlo'if).

وَأَمَّا مَا احْتَجُّوْابِهِ مِنْ حَدِيْثِ عَلِيِّ فَرَوَاهُ الدَّارُقُطْنِى وَالْبَيْهَقِى وَغَيْرَهُمَا وَاتَّفَقُوْا عَلَى تَضْعِيْفِهِ لأَنَّهُ مِنْ رِوَايَةِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ الْوَاسِطِى وَهُوَ ضَعِيْفٌ بِاتِّفَاقِ أَئِمَّةِ الْجَرَحِ وَالتَّعْدِيْلِ.(المجموع شرح المهذب  : 313/3)

Dan adapun ulama yang mengambil hujjah dari hadits Ali radliyyallahu 'anhu ini sebagaimana
diriwayatkan dari Ad-Daruquthni dan Baihaqiy dan yang lainnya,mereka bersepakat mendhaifkannnya, karena hadits itu diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Ishaq al-Wustha, dia adalah dhaif menurut kesepakatan para ulama yang meneliti sisi kecelaan dan keadilan sanad.
(Al-Majmu’ III:313).


e). Melepaskan tangan lurus kebawah.
(HR. Abu Dawud)

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍ بْنِ عَطَاءٍ قَالَ:سَمِعْتُ أَبَا حُمَيْدِ السَّاعِدِىِّ فِى عَشْرَةٍ مِنْ أَصْحَابِ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلم مِنْهُمْ أَبُوْ قَتَادَةَ قَالَ أَبُوْ حُمَيْدِ : أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلاَةِ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلم , قَالُوْا :فَلِمَ ؟ فَوَ اللهِ مَا كُنْتَ بِأَكْثَرِنَا لَهُ تَبَعًا وَلاَ أَقْدَمَنَا لَهُ صُحْبَةً قَالَ بَلَى , قَالُوْا فَأَعْرِضْ ,قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِى بِهِمَا مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبِّرُ حَتَّى يُقِرَّ كُلَّّ عَظْمٍ فِى مَوْضِعِهِ مُعْتَدِلاً.
(رواه أبو داود : 194/1)

Dari Muhammad bin Amr bin Atha’ berkata:Aku dengar Humaid as-Sa’idiy bersama dengan sepuluh sahabat Rasulullah, di antara mereka adalah Abu Qotadah. Abu Humaid berkata:”Aku paling mengetahui dari pada kalian tentang sholatnya Rasulullah shalallaahu 'alaihi wasallama.”Mereka berkata:”Mengapa demikian?Demi Allah,kamu bukanlah orang yang paling sering ikut Rasulullah shalallaahu 'alaihi wasallama dan bukan yang pertama bersama beliau shalallaahu 'alaihi wasallama.” Abu Humaid menjawab:”Ya.” Mereka berkata:”Maka jelaskanlah!” Berkata Abu Humaid:”Adalah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wasallama ketika berdiri hendak sholat, beliau mengangkat kedua tangannya sehingga kedua tangannya sejajar dengan pundaknya, kemudian beliau shalallaahu 'alaihi wasallama bertakbir sehingga beliau menempatkan setiap tulang pada tempatnya secara seimbang.
( HR Abu Dawud : I / 94. Lihat Syarhul Muwatho': 1/321)

وَرَوَى ابْنُ قَاسِمٍ عَنْ مَالِكٍ اِلإِ رْسَالَ وَصَارَ إِلَيْهِ أَكْثَرُ أَصْحَابِهِ وَرَوَى أَيْضًا عَنْهُ إِبَاحَتَهُ فِى النَّافِلَةِ لِطُوْلِ الْقِيَامِ وَكَرِهَهُ فِى الْفَرِيْضَةِ. 
(انظر كتاب شرح الموطأ : 321/1)

Dan diriwayatkan oleh Ibnu Qasim dari Malik tentang melepaskan tangan (Irsaal) sehingga Irssal ini menjadi pilihan banyak sahabatnya. Ibnu Qosim juga meriwayatkan darinya tentang diperbolehkannya Irsaal di dalam sholat sunnat karena lamanya berdiri dan Beliau (Imam Malik) tidak menyukainya ( Irsaal ) dalam melaksanakan sholat fardlu.”
(Lihat Syarah Al-Muwatha’ I:321).

مشروعيّة وضع اليد اليمنى على اليسرى على الصدر حال القيام في الصلاة وبه قال الجمهور وعند مالك مشروعيّة الإرسال وهو مشهور مذهبه عن ابن القاسم.
{أنظر إبانة الأحكام شرح بلوغ المرام للإمام الشريف السيد علوي المالكي الحسني و الشيخ حسن سليمان النوري : 1 / 298. دار الفكر }

Disyari'atkannya (disunnahkannya) menaruh tangan kanan diatas tangan kiri ditaruh didada ketika berdiri dalam shalat, dan pendapat ini ulama' jumhur (kebanyakan ulama) telah mengatakannya. Dan menurut Imam Malik disyari'atkannya (disunnahkannya) irsal (melepas tangan atau tidak bersedekap), dan ini merupakan pendapat yang masyhur (terkenal) Madzhab Malikiy dari Imam Ibnu Al Qasim Al Malikiy.
{Lihat Kitab Ibanatu Al Ahkam Syarhu Bulughu Al Maram Karya Imam Syarif Alwi bin Abbas Al Malikiy Al Hasaniy dan Syaikh Hasan Sulaiman Al Nuriy : 1/ 298. Cet. Pertama. Daar Al Fikr} 


3. HAL YANG DILARANG:

Dilarang berkacak pinggang (metenteng, malang kerik, metenteng :   jawa).
(HR. Tirmidzi no. 349. Dan Nasa'i: 2/127)

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يُصَلِّيَ الرَّجُلُ مُخْتَصِرًا.
{رواه الترمذي رقم الحديث : 349. قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ}

Telah menceritakan kepadaku Abu Kuraibin. Telah menceritakan kepadaku Abu Usamah, dari Hisyaam bin Hassana, dari Muhammad bin Siiriina,  dari Abu Hurairah radliyyallaahu 'anhu bahwa sesungguhnya Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama melarang seseorang sholat dengan meletakkan tangannya pada pinggang (bertolak pinggang).
{HR. Tirmidzi no. 349, beliau mengatakan : Hadits Abi Hurairah Hadits Hasan Shahih}

وَقَدْ كَرِهَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ الِاخْتِصَارَ فِي الصَّلَاةِ وَكَرِهَ بَعْضُهُمْ أَنْ يَمْشِيَ الرَّجُلُ مُخْتَصِرًا وَالِاخْتِصَارُ أَنْ يَضَعَ الرَّجُلُ يَدَهُ عَلَى خَاصِرَتِهِ فِي الصَّلَاةِ أَوْ يَضَعَ يَدَيْهِ جَمِيعًا عَلَى خَاصِرَتَيْهِ وَيُرْوَى أَنَّ إِبْلِيسَ إِذَا مَشَى مَشَى مُخْتَصِرًا

Imam Tirmidzi mengatakan : Sungguh sebagian ahli ilmu telah melarang bertolak pinggang didalam shalat. Dan sebagian yang lain melarang apabila seseorang berjalan dengan berkacak pinggang. Dan yang dimasud dengan (الِاخْتِصَارُ | bertolak pinggang) yaitu apabila seseorang meletakkan salah satu tangannya disebelah pinggangnya dalam shalat, atau meletakkan semua  tangannya dikedua belah pinggangnya. Dan diriwayatkan : Sesungguhnya ketika Iblis berjalan-jalan dia bertolak pinggang.  
{Lihat Kitab Sunan Tirmidzi mengomentari hadits no. 349}

وروي أيضا عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم نَهَى أَنْ يُصَلِّىَ الرَّجُلُ مُخْتَصِرًا.
(رواه النسائى : 127/1)

Diriwayatkan lagi dari Abu Hurairah radliyyallaahu 'anhu bahwa Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama melarang seseorang sholat dengan meletakkan tangannya pada pinggang (bertolak pinggang).”
(HR. An-Nasaiy I:127)


Bersedekap boleh menurut Jumhuru Ulama', tidak bersedekap juga boleh menurut sebagian besar Pengikut Madzhab Malikiy...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top