Bismillahirrohmaanirrohiim

Selasa, 04 Juni 2024

๐˜ฝ๐˜ผ๐™ƒ๐˜ผ๐™Ž๐˜ผ ๐™ˆ๐˜ผ๐™‰๐™๐™Ž๐™„๐˜ผ ๐™Ž๐™€๐™๐™€๐™‡๐˜ผ๐™ƒ ๐˜ฟ๐™„๐˜ผ๐™‡๐˜ผ๐™ˆ ๐˜ฝ๐˜ผ๐™๐™•๐˜ผ๐™†๐™ƒ ๐™Ž๐™๐™๐™‚๐˜ผ ๐˜ฟ๐˜ผ๐™‰ ๐™‰๐™€๐™๐˜ผ๐™†๐˜ผ

 ═เคนเฆ‡• ⃟  ⃟ •❂͜͡✯ ูขูฅ ุฐูˆ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ ูกูคูคูฅ ู‡‍ู€ ✯͜͡⊱• ⃟  ⃟ •เฆ‡เคน═

 ❁˚เงก✿⊱•••*•⊰❂͜͡✯━━━━━━━━━━━━━┓

•⊰❂͜͡✯﷽✯͜͡❂⊱• | ๐˜ฝ๐˜ผ๐™ƒ๐˜ผ๐™Ž๐˜ผ ๐™ˆ๐˜ผ๐™‰๐™๐™Ž๐™„๐˜ผ ๐™Ž๐™€๐™๐™€๐™‡๐˜ผ๐™ƒ ๐˜ฟ๐™„๐˜ผ๐™‡๐˜ผ๐™ˆ ๐˜ฝ๐˜ผ๐™๐™•๐˜ผ๐™†๐™ƒ ๐™Ž๐™๐™๐™‚๐˜ผ ๐˜ฟ๐˜ผ๐™‰ ๐™‰๐™€๐™๐˜ผ๐™†๐˜ผ

┗━━━━━━━━━━━━━✯͜͡❂⊱•*•••⊰✿เงกৢ˚❁




❁˚เงก✿⊱•๐•ฌ๐–‘ ๐•ณ๐–†๐–‰๐–Ž๐–™๐–˜


ุญَุฏَّุซَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏُ ุจْู†ُ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْุญَุถْุฑَู…ِูŠُّ ู‚َุงู„َ: ุซَู†َุง ุงู„ْุนَู„َุงุกُ ุจْู†ُ ุนَู…ْุฑٍูˆ ุงู„ْุญَู†َูِูŠُّ ู‚َุงู„َ: ู†َุง ูŠَุญْูŠَู‰ ุจْู†ُ ุจُุฑَูŠْุฏٍ ุงู„ْุฃَุดْุนَุฑِูŠُّ، ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุฌُุฑَูŠْุฌٍ، ุนَู†ْ ุนَุทَุงุกٍ، ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ -๏ทบ-:


«ุฃَุญِุจُّูˆุง ุงู„ْุนَุฑَุจَ ู„ِุซَู„َุงุซٍ: ู„ِุฃَู†ِّูŠ ุนَุฑَุจِูŠٌّ، ูˆَุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ُ ุนَุฑَุจِูŠٌّ، ูˆَู„ِุณَุงู†ُ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ุนَุฑَุจِูŠٌّ»

[ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ุฃูˆุณุท ูˆุงู„ู„ูุธ ู„ู‡ /  ุจุงุจ ุงู„ู…ูŠู… / ู…ู† ุงุณู…ู‡: ู…ุญู…ุฏ / ุฑู‚ู… ุงู„ุญุฏูŠุซ: ูฅูฅูจูฃ. ูˆุงู„ุญุงูƒู…. ูˆุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ููŠ ุงู„ุดุนุจ. ูˆุบูŠุฑู‡ู…. ูˆู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุญูƒู… ุนู„ูŠู‡ ุงุจู† ุงู„ุฌูˆุฒูŠ ุจุงู„ูˆุถุน ، ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุฐู‡ุจูŠ : ุฃุธู† ุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ูˆุถูˆุนุง].


Dari Ibnu Abbas radliyaAllahu 'anhuma, beliau berkata : Rasulullah -๏ทบ- bersabda:


Cintailah bangsa Arab karena tiga hal: saya itu orang Arab, Alquran itu berbahasa Arab, dan bahasa penduduk surga itu bahasa Arab.

[HR. Thabaraniy Dalam Mu'jam Al Ausath Teks Miliknya No. 5583. Dan Hakim. Dan Baihaqiy Dalam Syu'abu Al Iman. Dan Selain Mereka. Ibnu Al Jauzi Menghukumi HADITS INI PALSU. Imam Adz Dzahabiy Berkata: Aku Kira HADITS INI MAUDLU'/PALSU. Imam Ibnu Hibban Berkata : BATAL BERHUJJAH DENGANNYA].



✿เงกৢ˚❁Imam Taqiyyuddin Ibnu Taimiyyah Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Iqtidlou Ash Shirothil Al Mustaqim Limukholafati Ashabi Al Jahiim (Juz. 1 Hal. 441 - 443):


" ูˆูƒุฐู„ูƒ ุฑูˆู‰ ุฃุจูˆ ุฌุนูุฑ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ูƒูˆููŠ ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุจู…ุทูŠู† ุญุฏุซู†ุง ุงู„ุนู„ุงุก ุจู† ุนู…ุฑูˆ ุงู„ุญู†ููŠ ุญุฏุซู†ุง ูŠุญูŠู‰ ุจู† ุฒูŠุฏ ุงู„ุฃุดุนุฑูŠ ุญุฏุซู†ุง ุงุจู† ุฌุฑูŠุฌ ุนู† ุนุทุงุก ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ุงู„ : ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ -๏ทบ- : 


( ุฃุญุจ ุงู„ุนุฑุจ ู„ุซู„ุงุซ : ู„ุฃู†ู‡ ุนุฑุจูŠ ، ูˆุงู„ู‚ุฑุขู† ุนุฑุจูŠ ، ูˆู„ุณุงู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุฌู†ุฉ ุนุฑุจูŠ ) 


ู‚ุงู„ ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ุณู„ููŠ : ู‡ุฐุง ุญุฏูŠุซ ุญุณู† . ูู…ุง ุฃุฏุฑูŠ ุฃุฑุงุฏ ุญุณู† ุฅุณู†ุงุฏู‡ ุนู„ู‰ ุทุฑูŠู‚ุฉ ุงู„ู…ุญุฏุซูŠู† ، ุฃูˆ ุญุณู† ู…ุชู†ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุงุตุทู„ุงุญ ุงู„ุนุงู… ، ูˆุฃุจูˆ ุงู„ูุฑุฌ ุจู† ุงู„ุฌูˆุฒูŠ ุฐูƒุฑ ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ููŠ ุงู„ู…ูˆุถูˆุนุงุช ، ูˆู‚ุงู„ : ู‚ุงู„ ุงู„ุซุนู„ุจูŠ : ู„ุง ุฃุตู„ ู„ู‡ ، ูˆู‚ุงู„ ุงุจู† ุญุจุงู† : ูŠุญูŠู‰ ุจู† ุฒูŠุฏ ูŠุฑูˆูŠ ุงู„ู…ู‚ู„ูˆุจุงุช ุนู† ุงู„ุฃุซุจุงุช ، ูุจุทู„ ุงู„ุงุญุชุฌุงุฌ ุจู‡ ، ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู….   ุงู†ุชู‡ู‰ 

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู‚ุชุถุงุก ุงู„ุตุฑุงุท ุงู„ู…ุณุชู‚ูŠู… ู„ู…ุฎุงู„ูุฉ ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุฌุญูŠู… : (ุฌ ูก ุต ูคูคูก - ูคูคูฃ) / ูุตู„ ููŠ ุงู„ูุฑู‚ ุจูŠู† ุงู„ุชุดุจู‡ ุจุงู„ูƒูุงุฑ ูˆุงู„ุดูŠุงุทูŠู† ูˆุจูŠู† ุงู„ุชุดุจู‡ ุจุงู„ุฃุนุฑุงุจ ูˆุงู„ุฃุนุงุฌู… / ุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู† ุจุบุถ ุงู„ุนุฑุจ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุชู‚ูŠ ุงู„ุฏูŠู† ุฃุจูˆ ุงู„ุนุจุงุณ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุญู„ูŠู… ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุณู„ุงู… ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุฃุจูŠ ุงู„ู‚ุงุณู… ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ ุงู„ุญุฑุงู†ูŠ ุงู„ุญู†ุจู„ูŠ ุงู„ุฏู…ุดู‚ูŠ (ุช ูงูขูจู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุนุงู„ู… ุงู„ูƒุชุจ، ุจูŠุฑูˆุช، ู„ุจู†ุงู†، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุณุงุจุนุฉ، ูกูคูกูฉู‡ู€ - ูกูฉูฉูฉู…ู€].


*⊰✿เงกৢ˚❁Syaikh Al 'Ajluniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Kasyfu Al Khofa' Wa Muzilu Al Ilbas (Juz. 1 Hal. 54):


ูˆุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ุฃูŠุถุง ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ู…ุฑููˆุนุง ุจู„ูุธ ุฃู†ุง ุนุฑุจูŠ ูˆุงู„ู‚ุฑุขู† ุนุฑุจูŠ ูˆูƒู„ุงู… ุฃู‡ู„ ุงู„ุฌู†ุฉ ุนุฑุจูŠ ูˆู‡ูˆ ู…ุน ุถุนูู‡ ุฃู‚ูˆู‰ ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุงุจู† ุนุจุงุณ، 

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ูƒุดู ุงู„ุฎูุงุก ูˆู…ุฒูŠู„ ุงู„ุฅู„ุจุงุณ ุนู…ุง ุงุดุชู‡ุฑ ู…ู† ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุนู„ู‰ ุฃู„ุณู†ุฉ ุงู„ู†ุงุณ : (ุฌ ูก ุต ูฅูค) / ุญุฑู ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ / ุงู„ู‡ู…ุฒุฉ ู…ุน ุงู„ุญุงุก ุงู„ู…ู‡ู…ู„ุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฅุณู…ุงุนูŠู„ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ุนุฌู„ูˆู†ูŠ ุงู„ุฌุฑุงุญูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูกูกูฆูขู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ู…ูƒุชุจุฉ ุงู„ู‚ุฏุณูŠ، ู„ุตุงุญุจู‡ุง ุญุณุงู… ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ู‚ุฏุณูŠ - ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ

ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูฃูฅูก ู‡ู€].


*⊰✿เงกৢ˚❁Al-Imam Abul Fadhl Jamaluddin Ibn Al-Manzhur Al-Mishri (w. 711 H.) berkata dalam kitabnya yang fenomenal “Lisan al-Arab” bagian mukadimah (Juz. 1 Hal. 7) :


ูَุฅِู† ุงู„ู„ู‡ ุณُุจْุญَุงู†َู‡ُ ู‚ุฏ ูƒุฑَّู… ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู† ูˆูุถู„ู‡ ุจุงู„ู†ุทู‚ ุนู„ู‰ ุณَุงุฆِุฑ ุงู„ْุญَูŠَูˆَุงู†، ูˆุดุฑَّู ู‡َุฐَุง ุงู„ู„ِّุณَุงู† ุงู„ุนุฑุจูŠَّ ุจِุงู„ْุจَูŠَุงู†ِ ุนู„ู‰ ูƒู„ ู„ِุณَุงู†، ูˆَูƒَูุงู‡ُ ุดุฑูุง ุฃَู†ู‡ ุจِู‡ِ ู†ุฒู„ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†، ูˆَุฃَู†ู‡ ู„ُุบَุฉ ุฃู‡ู„ ุงู„ْุฌู†ุงู†. ุฑُูˆِูŠَ ุนَู† ุงุจْู† ุนَุจَّุงุณ ุฑَุถِูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนَู†ู‡ُู…َุง ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ ุงู„ู„ู‡ -๏ทบ- "ุฃَุญุจُّูˆุง ุงู„ْุนَุฑَุจ ู„ุซู„ุงุซ: ู„ِุฃَู†ِّูŠ ุนุฑุจูŠّ، ูˆَุงู„ْู‚ُุฑْุขู† ุนุฑุจูŠّ، ูˆَูƒَู„َุงู… ุฃู‡ู„ ุงู„ْุฌู†َّุฉ ุนุฑุจูŠّ" .

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู„ุณุงู† ุงู„ุนุฑุจ : (ุฌ ูก ุต ูง) / ุงู„ู…ู‚ุฏู…ุฉ ุงู„ู…ุคู„ู / ุงู„ู…ุคู„ู: ู…ุญู…ุฏ ุจู† ู…ูƒุฑู… ุจู† ุนู„ู‰، ุฃุจูˆ ุงู„ูุถู„، ุฌู…ุงู„ ุงู„ุฏูŠู† ุงุจู† ู…ู†ุธูˆุฑ ุงู„ุฃู†ุตุงุฑูŠ ุงู„ุฑูˆูŠูุนู‰ ุงู„ุฅูุฑูŠู‚ู‰ (ุช ูงูกูกู‡ู€) ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุตุงุฏุฑ - ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุซุงู„ุซุฉ - ูกูคูกูค ู‡ู€. ูˆุฐูƒุฑู‡ ุงุจู† ุนุณุงูƒุฑ ููŠ ุชุฑุฌู…ุฉ ุฒู‡ูŠุฑ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ูŠุนู‚ูˆุจ].


“Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala memuliakan dan melebihkan manusia atas seluruh hewan (makhluk hidup) dengan berbicara, dan memuliakan bahasa Arab sebagai bahasa paling indah dari bahasa yang lain. Dan cukuplah keutamaan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qu’ran (yang turun dengannya), DAN SEBAGAI BAHASA PENDUDUK SURGA. Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah -๏ทบ- bersabda : “ Cintailah bahasa Arab karena 3 hal :


1).    Karena aku (Nabi) dari bangsa Arab


2).    Al-Quran berbahasa Arab


3).    Perkataan penduduk Surga berbahasa Arab.”


[Lihat Kitab Lisan Al 'Arab : Juz. 1 Hal. 7. Karya Imam Ibnu Mandzur. Dan Disebutkan Oleh Ibnu Asakir Dalam Biografi Zuhair Bin Muhammad Bin Ya’qub].



❁˚เงก✿⊱•๐•ฌ๐––๐–œ๐–†๐–‘๐–š๐–‘ ๐–€๐–‘๐–†๐–’๐–†'


✿เงกৢ1)• Dengan bahasa Syiria (karena bahasa yang pertama kali digunakan oleh Nabi Adam) seperti disebutkan Imam Bulqiniy namun Tidak ditemukan hujjahnya


❁˚เงก✿⊱•Imam Jalaluddin Abdurrahman As Suyuthiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Syarhu Ash Shudur Bisyarhi Hal Al Mauta Wa Al Qubur (Hal. 147):


ูˆَู‚ุน ูِูŠ ูَุชَุงูˆَู‰ ุดَูŠุฎู†َุง ุดูŠุฎ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู… ุนู„ู… ุงู„ุฏّูŠู† ุงู„ุจُู„ْู‚ِูŠู†ِูŠّ ุฃَู† ุงู„ْู…َูŠِّุช ูŠُุฌูŠุจ ุงู„ุณُّุคَุงู„ ูِูŠ ุงู„ْู‚َุจْุฑ ุจุงู„ุณُّุฑْูŠَุงู†ูŠَّุฉ ูˆَู„ู… ุฃَู‚ู ู„ุฐَู„ِูƒ ุนู„ู‰ ู…ُุณْุชَู†ุฏ 


ูˆَุณُุฆِู„َ ุงู„ْุญَุงูِุธ ุฅِุจْู†ِ ุญุฌุฑ ุนَู† ุฐَู„ِูƒ ูَู‚َุงู„َ : ุธَุงู‡ุฑ ุงู„ุญَุฏِูŠุซ ุฃَู†ู‡ ุจุงู„ุนุฑุจูŠ ู‚َุงู„َ ูˆَูŠุญْุชَู…ู„ ู…َุนَ ุฐَู„ِูƒ ุฃَู† ูŠูƒูˆู† ุฎุทุงุจ ูƒู„ ุฃุญุฏ ุจِู„ِุณَุงู†ِู‡ِ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุดุฑุญ ุงู„ุตุฏูˆุฑ ุจุดุฑุญ ุญุงู„ ุงู„ู…ูˆุชู‰ ูˆุงู„ู‚ุจูˆุฑ : (ุต ูกูคูง) /ูุตู„ ููŠู‡ ููˆุงุฆุฏ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑ، ุฌู„ุงู„ ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ุณูŠูˆุทูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูฉูกูกู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ู…ุนุฑูุฉ - ู„ุจู†ุงู†، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูงู‡ู€ - ูกูฉูฉูฆู…ู€]


Terjadi dalam fatwa Guru  kami, Syekh Islam, Alamuddin  Al-Bulqiniy, bahwa orang yang meninggal menjawab pertanyaan di dalam kubur DALAM BAHASA SYRIA, dan untuk itu saya tidak menemukan bukti apapun. 


Dan Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolaniy ditanya mengenai hal tersebut, beliau berkata : (Mengenai pertanyaan kedua malaikat tersebut),  maka makna hadits shahih yang tampak adalah DALAM BAHASA ARAB, karena dikatakan bahwa mereka akan berkata kepadanya: “Apa yang kamu ketahui tentang orang ini?” dll. Namun dapat juga dipahami maknanya bahwa setiap orang AKAN DISAPA DALAM BAHASANYA SENDIRI. Selesai.


✿เงกৢ2)• Didalam Kubur Mayyit Ditanya Dengan Bahasa Arab Atau Dengan Bahasa Yang Dia Fahami


❁˚เงก✿⊱•Imam Al Hafidz Ahmad Ibnu Hajar Al Asqolaniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Imta' Bilarba'iin Al Mutabayanati As Samaa'i (Hal. 122):


ูˆุฃู…ุง ุณุคุงู„ ุงู„ู…ู„ูƒูŠู† ูุธุงู‡ุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญ ุฃู†ู‡ ุจุงู„ุนุฑุจูŠ ؛ ู„ุฃู† ููŠู‡ ุฃู†ู‡ู…ุง ูŠู‚ูˆู„ุงู† ู„ู‡ : ( ู…ุง ุนู„ู…ูƒ ุจู‡ุฐุง ุงู„ุฑุฌู„ ) ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซ ، ูˆูŠุญุชู…ู„ ู…ุน ุฐู„ูƒ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุฎุทุงุจ ูƒู„ ุฃุญุฏ ุจู„ุณุงู†ู‡ " ุงู†ุชู‡ู‰

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ุฅู…ุชุงุน ุจุงู„ุฃุฑุจุนูŠู† ุงู„ู…ุชุจุงูŠู†ุฉ ุงู„ุณู…ุงุน / ูˆูŠู„ูŠู‡ ุฃุณุฆู„ุฉ ู…ู† ุฎุท ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ุนุณู‚ู„ุงู†ูŠ : (ุต ูกูขูข) / ูˆู…ู† ุฎุทู‡ ู†ู‚ู„ุช / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุงู„ูุถู„ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญุฌุฑ ุงู„ุนุณู‚ู„ุงู†ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูจูฅูขู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ - ุจูŠุฑูˆุช - ู„ุจู†ุงู†، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูจู‡ู€ - ูกูฉูฉูงู…ู€].


Mengenai pertanyaan kedua malaikat tersebut, maka makna hadis shahih yang tampak adalah DALAM BAHASA ARAB, karena dikatakan bahwa mereka akan berkata kepadanya: “Apa yang kamu ketahui tentang orang ini?” dll. Namun dapat juga dipahami maknanya bahwa setiap orang AKAN DISAPA DALAM BAHASANYA SENDIRI. Selesai.


❁˚เงก✿⊱•Tersebut dalam kitab Majmu' Al-Fatawa Al-Kubra karya Imam Ibnu Taimiyyah Al Hanbaliy (Juz. 4 Hal. 300 - 301):


ู‚َุงู„َ ุดَูŠْุฎُ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ - ู‚َุฏَّุณَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฑُูˆุญَู‡ُ -:


ุณَุฃَู„َ ุณَุงุฆِู„ٌ: ุจِู…َุงุฐَุง ูŠُุฎَุงุทَุจُ ุงู„ู†َّุงุณُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْุจَุนْุซِ؟ ูˆَู‡َู„ْ ูŠُุฎَุงุทِุจُู‡ُู…ْ ุงู„ู„َّู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ุจِู„ِุณَุงู†ِ ุงู„ْุนَุฑَุจِ؟ ูˆَู‡َู„ْ ูŠَุตِุญُّ ุฃَู†َّ ู„ِุณَุงู†َ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ู†َّุงุฑِ ุงู„ْูَุงุฑِุณِูŠَّุฉُ ูˆَุฃَู†َّ ู„ِุณَุงู†َ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ุงู„ْุนَุฑَุจِูŠَّุฉُ


ูَุฃَุฌَุจْุชู‡ ุจَุนْุฏَ: ุงู„ْุญَู…ْุฏِ ู„ِู„َّู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ، ู„َุง ูŠُุนْู„َู…ُ ุจِุฃَูŠِّ ู„ُุบَุฉٍ ูŠَุชَูƒَู„َّู…ُ ุงู„ู†َّุงุณُ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ูˆَู„َุง ุจِุฃَูŠِّ ู„ُุบَุฉٍ ูŠَุณْู…َุนُูˆู†َ ุฎِุทَุงุจَ ุงู„ุฑَّุจِّ ุฌَู„َّ ูˆَุนَู„َุง؛ ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ุชَุนَุงู„َู‰ ู„َู…ْ ูŠُุฎْุจِุฑْู†َุง ุจِุดَูŠْุกِ ู…ِู†ْ ุฐَู„ِูƒَ ูˆَู„َุง ุฑَุณُูˆู„ُู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ ูˆَุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ูˆَู„َู…ْ ูŠَุตِุญَّ ุฃَู†َّ ุงู„ْูَุงุฑِุณِูŠَّุฉَ ู„ُุบَุฉُ ุงู„ุฌู‡ู†ู…ูŠูŠู† ูˆَู„َุง ุฃَู†َّ ุงู„ْุนَุฑَุจِูŠَّุฉَ ู„ُุบَุฉُ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ู†َّุนِูŠู…ِ ุงู„ْุฃَุจَุฏِูŠِّ ูˆَู„َุง ู†َุนْู„َู…ُ ู†ِุฒَุงุนًุง ูِูŠ ุฐَู„ِูƒَ ุจَูŠْู†َ ุงู„ุตَّุญَุงุจَุฉِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…ْ ุจَู„ْ ูƒُู„ُّู‡ُู…ْ ูŠَูƒُูُّูˆู†َ ุนَู†ْ ุฐَู„ِูƒَ ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ْูƒَู„َุงู…َ ูِูŠ ู…ِุซْู„ِ ู‡َุฐَุง ู…ِู†ْ ูُุถُูˆู„ِ ุงู„ْู‚َูˆْู„ِ ูˆَู„َุง ู‚َุงู„َ ุงู„ู„َّู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ู„ِุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ุซَّุฑَู‰ ูˆَู„َูƒِู†ْ ุญَุฏَุซَ ูِูŠ ุฐَู„ِูƒَ ุฎِู„َุงูٌ ุจَูŠْู†َ ุงู„ْู…ُุชَุฃَุฎِّุฑِูŠู†َ. ูَู‚َุงู„َ ู†َุงุณٌ: ูŠَุชَุฎَุงุทَุจُูˆู†َ ุจِุงู„ْุนَุฑَุจِูŠَّุฉِ. ูˆَู‚َุงู„َ ุขุฎَุฑُูˆู†َ ุฅู„َّุง ุฃَู‡ْู„َ ุงู„ู†َّุงุฑِ ูَุฅِู†َّู‡ُู…ْ ูŠُุฌِูŠุจُูˆู†َ ุจِุงู„ْูَุงุฑِุณِูŠَّุฉِ ูˆَู‡ِูŠَ ู„ُุบَุชُู‡ُู…ْ ูِูŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ. ูˆَู‚َุงู„َ ุขุฎَุฑُูˆู†َ: ูŠَุชَุฎَุงุทَุจُูˆู†َ ุจِุงู„ุณُّุฑْูŠุงู†ِูŠَّุฉِ ู„ِุฃَู†َّู‡َุง ู„ُุบَุฉُ ุขุฏَู…َ ูˆَุนَู†ْู‡َุง ุชَูَุฑَّุนَุชْ ุงู„ู„ُّุบَุงุชُ. ูˆَู‚َุงู„َ ุขุฎَุฑُูˆู†َ: ุฅู„َّุง ุฃَู‡ْู„ُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ูَุฅِู†َّู‡ُู…ْ ูŠَุชَูƒَู„َّู…ُูˆู†َ ุจِุงู„ْุนَุฑَุจِูŠَّุฉِ. ูˆَูƒُู„ُّ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃَู‚ْูˆَุงู„ِ ู„َุง ุญُุฌَّุฉَ ู„ِุฃَุฑْุจَุงุจِู‡َุง ู„َุง ู…ِู†ْ ุทَุฑِูŠู‚ِ ุนَู‚ْู„ٍ ูˆَู„َุง ู†َู‚ْู„ٍ ุจَู„ْ ู‡ِูŠَ ุฏَุนَุงูˆَู‰ ุนَุงุฑِูŠَุฉٌ ุนَู†ْ ุงู„ْุฃَุฏِู„َّุฉِ ูˆَุงَู„ู„َّู‡ُ ุณُุจْุญَุงู†َู‡ُ ูˆَุชَุนَุงู„َู‰ ุฃَุนْู„َู…ُ ูˆَุฃَุญْูƒَู…ُ.ุงู†ุชู‡ู‰.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู…ุฌู…ูˆุน ุงู„ูุชุงูˆู‰ : (ุฌ ูค ุต ูฃู ู  - ูฃู ูก) / ุงู„ุฌุฒุก ูค: ู…ูุตู„ ุงุนุชู‚ุงุฏ ุงู„ุณู„ู / ู‚ุงู„: ุณุฃู„ ุณุงุฆู„: ุจู…ุงุฐุง ูŠุฎุงุทุจ ุงู„ู†ุงุณ ูŠูˆู… ุงู„ุจุนุซ؟ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดูŠุฎ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ ุงู„ุญู†ุจู„ูŠ / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ู…ุฌู…ุน ุงู„ู…ู„ูƒ ูู‡ุฏ ู„ุทุจุงุนุฉ ุงู„ู…ุตุญู ุงู„ุดุฑูŠู - ุงู„ู…ุฏูŠู†ุฉ ุงู„ู…ู†ูˆุฑุฉ - ุงู„ุณุนูˆุฏูŠุฉ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ: ูกูคูขูฅ ู‡ู€ - ูขู ู ูค ู…ู€].


Syaikh Al-Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah ditanya: (dalam bahasa) apa Allah menyapa manusia pada hari kiamat? Akankah Allah menyapa mereka dengan bahasa Arab? Benarkah bahasa penghuni neraka adalah bahasa Farsi dan bahasa penghuni surga adalah bahasa Arab? 


Beliau menjawab: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Tidak diketahui bahasa apa yang akan diucapkan orang-orang pada hari itu, atau bahasa apa yang akan mereka dengar dari firman Allah Ta'ala, karena Allah tidak memberi tahu kita apa pun tentang hal itu, begitu pula Rasul-Nya -๏ทบ-. TIDAKLAH BENAR BAHWA BAHASA FARSI AKAN MENJADI BAHASA PENGHUNI NERAKA, ATAU BAHASA ARAB AKAN MENJADI BAHASA PENGHUNI SURGA. Kami tidak mengetahui adanya pembahasan mengenai hal tersebut di kalangan para Sahabat radliyaAllahu 'anhum, malah mereka semua menahan diri untuk tidak membicarakan hal tersebut karena membicarakan hal tersebut merupakan pembahasan yang tidak perlu… namun terjadi perselisihan mengenai hal tersebut di antara para sahabat, para sarjana kemudian (generasi selanjutnya). Beberapa orang mengatakan :  bahwa mereka AKAN DISAPA DALAM BAHASA ARAB, dan yang lain mengatakan :  bahwa penghuni Neraka akan menjawab dalam bahasa Farsi, yang akan menjadi bahasa mereka di Neraka. Yang lain mengatakan bahwa mereka akan disapa dalam bahasa Syria karena itu adalah bahasa Adam dan dari situlah asal mula bahasa-bahasa lainnya. Yang lain mengatakan bahwa penghuni surga akan berbicara bahasa Arab. Tidak ada dasar apapun dari gagasan-gagasan ini, baik berdasarkan akal sehat atau dalam laporan atau teks apa pun, melainkan hanya klaim belaka tanpa bukti apa pun. Dan Allah Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. Selesai.


❁˚เงก✿⊱•MENURUT HARAKAH  WAHHABI YANG MEMBID'AHKAN  TALQIN DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA


Al Utsaimin Al Wahhabiy berkata :

 

ูˆุงู„ุฐูŠ ูŠุธู‡ุฑ ุฃู†ู‡ ูŠُุณุฃู„ ุจู…ุง ูŠูู‡ู… : ุฅู† ูƒุงู† ู…ู† ุงู„ุนุฑุจ ูุจุงู„ู„ุบุฉ ุงู„ุนุฑุจูŠุฉ ، ุฅู† ูƒุงู† ู…ู† ุบูŠุฑ ุงู„ุนุฑุจ ูุจู„ุบุชู‡ " ุงู†ุชู‡ู‰ .

["ุดุฑุญ ุงู„ุนู‚ูŠุฏุฉ ุงู„ุณูุงุฑูŠู†ูŠุฉ" (ุต/435) ุฏุงุฑ ุงู„ูˆุทู†].


Muhammad Shalih Munjid Al Wahhabiy berkata : 


ู†ุต ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุญุงูุธ ุงุจู† ุญุฌุฑ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ : 


ูˆูŠู…ูƒู† ุงู„ุงุณุชุฏู„ุงู„ ู„ู‡ ุจุธูˆุงู‡ุฑ ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ูˆุงุฑุฏุฉ ، ูู‚ุฏ ุฌุงุกุช ุชุตู ู…ุง ูŠูƒูˆู† ููŠ ุงู„ุจุฑุฒุฎ ุจุงู„ู„ุบุฉ ุงู„ุนุฑุจูŠุฉ ، ูˆู„ุง ู…ุงู†ุน ู…ู† ูƒูˆู†ู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚ูŠู‚ุฉ ، ูˆูŠู„ู‡ู… ุงู„ู„ู‡ ุฌู…ูŠุน ู…َู† ูŠُูุชู† ููŠ ู‚ุจุฑู‡ ูู‡ู…َ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ุบุฉ ูˆุงู„ุฌูˆุงุจ ุจู‡ุง .


Hal ini dikemukakan oleh al-Haafiz Ibnu Hajarrahimahullah  Dalilnya dapat dilihat dari makna hadist yang tampak, karena hadits tersebut menggambarkan apa yang akan terjadi di al-Barzakh dalam bahasa Arab, dan tidak ada alasan mengapa hal ini tidak benar, dan Allah akan memberi ilham kepada setiap orang yang diuji di alam kubur. sehingga dia akan memahami bahasa ini dan menjawab. Selesai.


❁˚เงก✿⊱KESJMPULAN : 


1. MENURUT IMAM IBNU HAJAR AL ASQOLANIY ASY SYAFI'IY DIALAM BARZAKH (QUBUR) menurut sebagian ulama' mayyit ditanya olah malaikat Munkar dan Nakir dengan bahasa Arab, dan sebagian berpendapat dialam barzakh mayyit ditanya dengan bahasa mereka sendiri.

2. MENURUT IMAM BULQINIY YANG DINUKIL OLEH IMAM SUYUTHI ASY SYAFI'IY MURIDNYA mereka akan disapa dalam bahasa Syria (Suryani)  karena itu adalah bahasa Adam dan dari situlah asal mula bahasa-bahasa lainnya.

3. DISURGA mayoritas ulama sepakat berdasarkan lahiriyyah hadits Shahih bahasa resmi  penghuninya menggunakan bahasa arab.

4. DIKATAKAN OLEH IMAM IBNU TAIMIYYAH Al HANBALIY  penghuni neraka bahasa resminya dengan menggunakan  bahasa farisiyyah (persi).


✯͜͡❂⊱•ุฃَู„ุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّู€ู‡ِ ุงู„َّุฐِูŠْ ุจِู†ِุนْู…َุชِู‡ِ ุชَุชُู…ُّ ุงู„ุตّุงู„ِุญَุงุชُ✯͜͡❂⊱• 


•._.••´¯``•.¸¸.•`   ๐ŸŽ€  ะบัฮฑ∂ั”ฮทฮฑฮท ั•ั”โ„“ฮฑั‚ฮฑฮท 

ั•ัฯ…ะผะฒฯ…ฮทg

ะผฮฑgั”โ„“ฮฑฮทg

 ๐ŸŽ€   `•.¸¸.•``¯´••._.•


 ูขูฅ ุฐูˆ ุงู„ู‚ุนุฏุฉ ูกูคูคูฅ ู‡‍ู€

03 ะผั”ฮน 2024 ะผ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (8) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BAHASA ALAM AKHIRAT (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DSB) (1) DURHAKA (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAHARU (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) ISLAM (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TABKHIR EMBAKAR DUPA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KETIKA ORANG ALIM SAMA DENGAN ANJING (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KUFUR AKIBAT MENCELA NASAB KETURUNAN (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ๏ทบ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) QISHOH ISLAMI (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAHALLUL CUKUR GUNDUL ATAU POTONG RAMBUT SELESAI HAJI DAN UMROH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TIDAK PERLU TEST DNA SEBAGAI BUKTI DZURRIYYAH NABI -๏ทบ- (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top